Komunikasi Pemasaran Vidio Original Series melalui Distribusi Digital

Main Article Content

Fiqi Shofiyatul Aqielah
Sinta Paramita

Abstract

The emergence of digital media makes it easier for audiences to access information and entertainment, such as Over the Top or Video on Demand (VOD) services.Vidio.Com is an Indonesian streaming or Video on Demand (VOD) service that provides a variety of content and information that can be enjoyed via live streaming or VOD. One of the entertainment content provided by Vidio is the Vidio Original Series, which is exclusive content in the form of an Indonesian series totaling eight episodes in one title. The theory used in this research is marketing communications and 360 communications. Vidio Original Series marketing communication activities are carried out through four elements, namely advertising, activation, public relations, and digital. Apart from these four elements, Vidio has other elements as the implementation of marketing communications, namely Quality Content, a content strategy on social media to expand the market. The purpose of this research is to find out the marketing communications of the Vidio Original Series through digital distribution to build brand awareness and promote the Vidio Original Series. This research approach uses a qualitative approach and the research method used is a case study. The conclusion of the study explains that Vidio's marketing communications are through 360 communications and each has its own strategy and audience.


Munculnya media digital memudahkan khalayak dalam mengakses informasi dan hiburan, seperti layananan Over the Top atau Video on Demand (VOD). Vidio.Com merupakan layanan streaming atau Video on Demand (VOD) Indonesia yang menyediakan beragam konten dan informasi yang dapat dinikmati secara live streaming atau VOD. Salah satu konten hiburan yang disediakan oleh Vidio merupakan Vidio Original Series, yaitu konten eksklusif berupa series Indonesia berjumlah delapan episode dalam satu judul. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi pemasaran dan 360 communications. Kegiatan komunikasi pemasaran Vidio Original Series dilakukan melalui empat elemen yaitu advertising, activation, humas, dan digital. Selain dari keempat elemen tersebut, Vidio memiliki elemen lain sebagai implementasi komunikasi pemasaran yaitu Quality Content, stategi konten di media sosial untuk memperluas pasar. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah Studi Kasus. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui komunikasi pemasaran Vidio Original Series melalui distribusi digital untuk membangun brand awareness dan mempromosikan Vidio Original Series. Kesimpulan penelitian menjelaskan bahwa komunikasi pemasaran Vidio melalui 360 communications dan memiliki strategi dan audiens masing-masing.

Article Details

How to Cite
Aqielah, F. S., & Paramita, S. (2023). Komunikasi Pemasaran Vidio Original Series melalui Distribusi Digital. Prologia, 7(2), 237–245. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21309
Section
Articles
Author Biographies

Fiqi Shofiyatul Aqielah, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan Strategi (Ed. 1,-14.-). PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Erlita, N. (2016). Potret Periklanan Di Media Massa Indonesia.

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran (Tim Qiara Media (ed)). CV Penerbit Qiara Media.

Follansbee, J. (2016). Hands-On Guide to Streaming Media: An introduction to Delivering on Demand Media. . New York: Focal Pres.

Sari, Indah M., & Ayu Candraningrum, D. (n.d.). Strategi Kreatif Web Series Hanna Approved di Instagram dalam Membangun Brand Image C Channel Indonesia. https://www.datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Irawan, R. E., & Fridha, M. (2017). Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness NET TV. Jurnal Untag Surabaya, 01(01), 720–740. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/iqra/article/view/5083

Kangean, S., & Rusdi, F. (2020). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee dalam Persaingan E-Commerce di Indonesia. Prologia, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6504

Karim, M. A., & Erwhintiana, I. (2020). Pola Tutur Perlokusi Dalam Web Series Di Balik Hati: Sebuah Tinjauan Pragmatik Perspektif Leech. Jurnal Pujangga, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47313/pujangga.v6i2.995

KLY. (2022). KapanLagi Youniverse. KapanLagi Youniverse. https://www.kly.id/

Liembawati, Y., Dharmayanti, D., Dan Ritzky, M. S., & Brahmana, K. M. R. (2014). Analisa Pengaruh Brand Activation Terhadap Pembentukan Brand Community Pada PT ISM Bogasari Flour Mills. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–15. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/1397

Liputan 6. (2022). Vidio Kalahkan Netflix dan Disney+ di Indonesia. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/tekno/read/5087254/vidio-kalahkan-netflix-dan-disney-di-indonesia-jadi-raja-di-negeri-sendiri

Permata Sari, W. (2022). Analisis Fungsi Media Instagram bagi Promosi Felize Beauty Bar. Kiwari, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24912/ki.v1i2.15606

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1). https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Putra, R. R., & Hidayat, Z. (2022a). Komunikasi Pemasaran Layanan Video Streaming Dan On Demand Mnc Group (Studi Kasus: Aplikasi Rcti+). Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(1), 2598–9944. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2813/http

Putra, R. R., & Hidayat, Z. (2022b). Komunikasi Pemasaran Layanan Video Streaming Dan On Demand Mnc Group (Studi Kasus: Aplikasi Rcti+). Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(1), 2598–9944. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2813

Ruslan, R. (2013). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Rajawali Pers.

Yulianita, N. Prof. P., & Leksono, N. (2011). Corporate and Marketing Communication (Dr. E. Irwansyah & H. Budianto, Eds.; Edisi pertama). Buku Litera.