Strategi Komunikasi Pemasaran Pusat Perbelanjaan di Jakarta (Studi Kasus Emporium Pluit Mall)
Main Article Content
Abstract
This study aims to analyze how marketing communication strategies are implemented in one of the shopping centers in the Jakarta area, namely Emporium Pluit Mall. The marketing communication strategy studied included how the marketing communication activities were carried out by Emporium Pluit Mall in the Java-Bali PPKM situation level 1. The theory that became the basis of this research was the theory of marketing communication strategy. This study uses marketing communication theory because this theory has relevance to the objectives of the research being carried out, this includes how the objectives of marketing communications are carried out, determining the target audience, determining the positioning used, and determining communication channels to achieve its goals. The method used in this research is a qualitative approach with an exploratory case study method. Data collection was carried out by means of direct observation, interviews, and documentation. Interviews were conducted with seven informants related to research, namely Advertising Promotion & PR Assistant Supervisor, Advertising Promotion & PR Senior Supervisor, and visitors from Emporium Pluit Mall. After the data is obtained, the researcher analyzes and matches the data with the theory that has been applied.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi komunikasi pemasaran diterapkan di salah satu pusat perbelanjaan di wilayah Jakarta, yaitu Emporium Pluit Mall. Strategi komunikasi pemasaran yang diteliti meliputi bagaimana kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Emporium Pluit Mall dalam situasi PPKM Jawa-Bali level 1. Teori yang menjadi dasar penelitian ini adalah teori strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi pemasaran karena teori tersebut memiliki relevansi dengan tujuan penelitian yang dilakukan, hal tersebut meliputi bagaimana tujuan komunikasi pemasaran yang dilakukan, menentukan target audiens, menentukan positioning yang digunakan, serta menentukan saluran komunikasi untuk mencapai tujuannya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus eksploratoris. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara, serta dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan tujuh informan yang berkaitan dengan penelitian, yaitu Advertising Promotion & PR Assistant Supervisor, Advertising Promotion & PR Senior Supervisor, dan pengunjung dari Emporium Pluit Mall. Setelah data diperoleh, peneliti menganalisis dan mencocokkan data dengan teori yang telah diterapkan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Al-Hakim, N. (2021). Menata Ulang Bisnis F&B Pasca Pandemi (Studi Kasus: Strategi Komunikasi Pemasaran Sate Taichan “Goreng”). Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 3(2), 85–106. https://doi.org/10.24076/PIKMA.V3I2.462
APPBI. (n.d.). APPBI DPD DKI Jakarta. Retrieved September 10, 2022, from http://www.jakartashoppingcenter.com/index.php
Febricha, A., & Pribadi, M. A. (2020). Proses Interaksi Simbolik Perencanaan Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Pada Instagram @appetonindonesia). Prologia, 4(2), 272–279. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6503
Percy, L., & Elliot, R. (2012). Strategic Advertising Management Fourth Edition (4th ed., Vol. 4). Oxford University Press.
Pribadi, M. A., Suganda, V., & Susanto, E. H. (2018). Dinamika Perusahaan Periklanan Indonesia: Studi Kasus Komunikasi dan Budaya Organisasi Dwi Sapta IMC dan Fortune Indonesia. Disertasi Universitas Padjajaran. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=0jPk0GEAAAAJ&citation_for_view=0jPk0GEAAAAJ:RHpTSmoSYBkC
Sujarweni, W. v. (2014). Metodologi Penelitian. PUSTAKABARUPRESS.
Wibowo, P. S. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Sharp Indonesia di Era Pandemi Covid-19 dan Kenormalan Baru. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1), 41–47. https://doi.org/10.25139/JKP.V5I1.3003
Yin, R. K. (2013). Studi Kasus Desain & Metode (Vol. 1).