Pandangan Penggemar pada Kolaborasi Produk Somethinc X NCT Dream

Main Article Content

Destra Thesalonika Christiansen
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstract

Marketing communication is a method used by companies and brands in conveying messages to potential customers by persuading, directing, and reminding a product, either directly or indirectly. Collaboration is a concrete example of promotional activities in marketing communications. The development of technology makes the promotion of activities change towards digitalization and facilitates the exchange of information and culture and creates popular culture. The emergence of K-Pop idol groups is a product of the music industry, where the Indonesian people themselves have great enthusiasm for the presence of K-Pop idol groups. The purpose of this study was to find out and describe fan comments on the Somethinc x NCT DREAM collaboration promotional activities. Theoretical foundation in research is marketing communications, collaboration, Korean wave¸ and fans. This research was conducted using a qualitative approach and researchers conducted interviews with four informants. The results of this study are that NCT DREAM fans see collaborative activities with Somethinc as promotional activities that benefit both parties. As fans they are aware of marketing activities that can introduce Brand Something to a wider audience. On the other hand, other K-Pop fans can get to know NCT DREAM through this collaboration.


Komunikasi pemasaran merupakan cara yang diterapkan oleh perusahaan maupun brand dalam menyampaikan pesan kepada calon konsumen dengan cara membujuk, menginformasikan dan mengingatkan terhadap suatu produk baik secara langsung maupun tidak langsung. Kolaborasi merupakan salah satu contoh konkret dari kegiatan promosi dalam komunikasi pemasaran. Berkembangnya teknologi membuat kegiatan promosi mengalami perubahan ke arah digitalisasi dan memudahkan terjadi pertukaran informasi dan budaya dan melahirkan budaya populer. Munculnya grup idola K-Pop merupakan hasil produk industri musik, dimana masyarakat Indonesia sendiri memiliki antusias yang besar terhadap kehadirannya grup idola K-Pop. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pandangan penggemar pada kegiatan promosi kolaborasi Somethinc x NCT DREAM. Landasan teoritis dalam penelitian adalah komunikasi pemasaran, kolaborasi, Korean wave¸dan penggemar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan peneliti melakukan wawancara kepada empat informan. Hasil dari penelitian ini bahwa penggemar NCT DREAM melihat kegiatan kolaborasi bersama Somethinc sebagai kegiatan promosi yang menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai penggemar mereka sadar bahwa kegiatan pemasaran yang dapat memperkenalkan brand Somethinc kepada khalayak yang lebih luas. Sebaliknya penggemar K-Pop lainnya bisa mengenal NCT DREAM melalui kolaborasi ini.

Article Details

How to Cite
Christiansen, D. T., & Savitri Setyo Utami, L. (2023). Pandangan Penggemar pada Kolaborasi Produk Somethinc X NCT Dream. Prologia, 7(1), 156–163. https://doi.org/10.24912/pr.v7i1.21280
Section
Articles
Author Biographies

Destra Thesalonika Christiansen, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Lusia Savitri Setyo Utami, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Andata, C. P., Iflah, Kurnia, & Putri, S. A. (2022). “Somethinc” Pada Pengguna Instagram. Jurnal Komunikasi, 13(2). https://doi.org/10.31294/jkom

Candraningrum, D. A., & Widayatmoko. (2020). Marketing Communication Strategy in Land Function Changing From Dolly Prostitution Area to Small Industry and Tourism Village in Surabaya, East Java Province. Atlantis Press. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.200515.065

Cindy, & Utami, L. S. S. (2022). Aktivitas Komunikasi Pemasaran @Sallang.Sallang dalam Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan. PROLOGIA, 6(2), 229–233. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24912/pr.v6i2.10444

Darmawan, D., & Grenier, E. (2021). Competitive Advantage and Service Marketing Mix. Journal of Social Science Studies, 1(2), 75–80. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.56348/jos3.v1i2.9

Efendi, Z. (2021). Budaya POP dan Persaingan Identitas (Studi Deskriptif Pada Komunitas Anime Attack On Titan). http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15168

Jeanette, & Paramita, S. (2019). Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS) Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS). KONEKSI, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3915

Mulder, D. (2022). The evolution of marketing communication: from selling to integration. Sabinet Journal African, 23(1), 220–237. https://doi.org/doi/10.10520/EJC27634

Ningrum, D. P. (2020). Bauran Pemasaran pada Bisnis Chockles Es Cokelat Di Kota Yogyakarta. Jurnal PIKMA: Publikasi Media Dan Cinema, 3(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.24076/PIKMA.2020v3i1.346

Purnomo, A. S. (2020). Emotional Branding Dalam Strategi Pemasaran Kolaborasi : Studi Kasus Desain Kemasan Mizzu “Khong Guan Face Palette.” Mudra Jurnal Seni Budaya, 35(3), 317–322. https://doi.org/10.31091/mudra.v35i3.1126

SM Entertaiment. (2016). NCT DREAM. SM Entertaiment. https://www.smtown.com/artist/musician/10037

Sovira, M. della, & Abidin, M. R. (2021). Analisis Visul Konten Instagram @kopijanjijiwa Edisi Kolaborasi JOOX Sebagai Media Promosi (KajianSemiotika). Jurnal Barik, 2(3), 163–176. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Susanti, A. (2021). Drakor Rasa Kopiko (Analisis Komunikasi Pemasaran Kopiko Pada Drama Korea Vincenzo. Jurnal Ilmu Komunikasi Mediakom, 05(1), 2656–5706. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/mdk.v5i1.7218

Utami, L. S. S., Azeharie, S., Rusdi, F., Yoedradi, M. G., & Salman, D. (2021). Menelisik Gairah Ruang Virtual (L. S. S. Utami, S. Azeharie, F. Rusdi, M. G. Yoedradi, & D. Salman, Eds.; Vol. 1). PT. Rajawali Pers. https://www.researchgate.net/publication/356665496

Wibowo, P. S. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Sharp Indonesia di Era Pandemi Covid 19 dan Kenormalan Baru. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1), 38–56. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jkp.v6i5