Pengaruh Daya Tarik Pesan Iklan Dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Tingkat Kepercayaan Donatur (Instagram @Shelterpakjohan)

Felicia Kusuma, Rezi Erdiansyah
| Abstract views: 310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen daya tarik pesan iklan (X1) dan pemanfaatan media sosial (X2) terhadap variabel dependen tingkat kepercayaan donatur (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh followers instagram @shelterpakjohan yang berjumlah 4541 orang, dengan menggunakan bantuan rumus Slovin (nilai toleransi 10%), jumlah sampel didapatkan sebanyak 98 orang. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dimana responden harus memenuhi beberapa kriteria antara lain aktif menggunakan instagram (minimal 3 kali seminggu) dan pernah memberikan donasi. Data dikumpulkan dengan menyebar kuesioner dan dihitung dengan skala likert. Uji persyaratan analisis menggunakan uji validitas, dan uji reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji hipotesis, uji regresi linear, dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) dari hasil uji validitas ini menunjukkan bahwa setiap indikator dinyatakan valid karena nilai Corrected Item-Total Correlation lebih dari r-tabel 0.265 melalui perhitungan SPSS. (2) ketiga variabel dalam penelitian ini terbukti reliabel karena memperlihatkan bahwa nilai Chronbach’s Alpha dari ketiga variabel adalah >0.70. (3) hasil R yang dihasilkan pada penelitian variabel Y1 ini adalah sebesar 0,731. Hasil dari koefisien determinasi (R Square) adalah sebesar 0,534. Artinya, variasi variabel kepercayaan donatur dapat dijelaskan oleh variabel daya tarik pesan iklan dan pemanfaatan media sosial sebesar 53,4%. (4) Berdasarkan uji-t dan uji-f maka ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Keywords

Daya Tarik Pesan Iklan, Pemanfaatan Media Sosial, Kepercayaan, Donatur.

References

Funk, Tom. (2011). Social Media Playbook for Business. California: Praeger.

Kinanti, Putri Syafira & Putri, Berlian Primadani Satria. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Brand Equity Zap Clinic. Jurnal Komunikasi Untar.

Kotler, Philip, Armstrong, Gary. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Alih Bahasa: Benyamin Molan. Indeks. Jakarta.

Morissan. (2012). Metode Penelitian Survey. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Solis, Brian. (2011). Engage : The Complete Guide for Brands and Businesses to Build, Cultivate, and Measure Succes in the New Web. New Jersey: John Wiley & Sons.

Tika. (2006). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Winduwati, Septia. (2016). Communication Strategies of Pro-Animal Welfare Through Social Media (A Case Study on Doni Herdaru’s Instagram Account, Activist of @animaldefendersindo). Jurnal Komunikasi Untar.

Yee, Beh Yin & Faziharudean, T.M. (2010). Factors Affecting Customer Loyalty of Using Internet Banking in Malaysia. IBIMA Publishing: Journal of Electronic Banking Systems.

Copyright (c) 2018 Prologia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.