Pengaruh Penggunaan Iklan Televisi dan Daya Tarik Iklan terhadap Brand Equity Shampo Head & Shoulders

Main Article Content

Vegent Lorenza
Rezi Erdiansyah

Abstract

As part of the P&G family, Head & Shoulders shampoo has been trusted as shampoo no. 1 world#. One of the efforts to maintain this existence Head & Shoulders issued a television commercial that is interesting, and different. The appeal of an advertisement and advertising media can be a means to introduce a product and one that must be considered to create brand equity. This study aims to find and determine the effect of the use of television advertising and advertising attractiveness on the brand equity of Head & Shoulders shampoo. The researcher uses brand equity, television advertising, and advertising appeal as research concepts. Using a quantitative approach and survey methods. The population used is respondents who have watched television advertisements for Head & Shoulders shampoo and have used Head & Shoulders shampoo products. The data obtained were analyzed using t test, normality, multiple regression..linear.test, looking for the coefficient of determination, validity test, and reliability test. The t-test showed a significant effect, meaning that television advertising and advertising appeal had a significant effect on the brand equity of Head & Shoulders shampoo.


Sebagai bagian dari keluarga P&G, shampo Head & Shoulders telah dipercaya sebagai shampo no. 1 dunia#. Salah satu upaya untuk mempertahankan eksistensi ini Head & Shoulders mengeluarkan iklan televisi yang menarik, dan berbeda. Daya tarik sebuah iklan dan media iklan dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan suatu produk dan salah satu yang harus diperhatikan untuk menciptakan ekuitas merek. Penelitian bertujuan untuk mencari dan mengetahui pengaruh penggunaan iklan televisi dan daya tarik iklan terhadap ekuitas merek shampo Head & Shoulders. Peneliti menggunakan ekuitas merek, iklan televisi, dan daya tarik iklan sebagai konsep penelitian. Menggunakan pendekatan kuantitatif serta metode survei. Populasi yang dipakai adalah responden yang pernah menonton iklan televisi shampo Head & Shoulders dan pernah menggunakan produk shampo Head & Shoulders. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t, normalitas, pengujian..regresi..linier.berganda, mencari koefisien determinasi, uji validitas, dan uji reliabilitas. Uji t menunjukkan pengaruh yang signifikan, artinya iklan televisi dan daya tarik iklan berpengaruh signifikan terhadap ekuitas merek shampo Head & Shoulders.

Article Details

How to Cite
Lorenza, V., & Erdiansyah, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Iklan Televisi dan Daya Tarik Iklan terhadap Brand Equity Shampo Head & Shoulders. Prologia, 7(1), 141–148. https://doi.org/10.24912/pr.v7i1.16029
Section
Articles
Author Biographies

Vegent Lorenza, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Rezi Erdiansyah, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ardiansyah, L., Arifin, Z., & Fanani, D. (2013). Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Efektivitas Iklan (Survei Terhadap Iklan Honda Versi Band Nidji “One Heart”). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 75–83.

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan reliabilitas penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Elyardi, A. H., & Magnadi, R. H. (2014). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Promosi Penjualan Terhadap Kesadaran Merek Dan Dampaknya Terhadap Ekuitas Merek Mie Sedaap Di Kota Semarang. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Limartha, M., & Erdiansyah, R. (2018). Pengaruh Brand Equity dan Product Knowledge Terhadap Minat Beli Konsumen Komunitas Hello Beauty Jakarta pada Produk Wardah. Prologia, 2(2), 426-433.

Marta, R. F., & Monica William, D. M. W. (2016). Studi Terpaan Media Pemasaran Melalui Posting Instagram Terhadap Ekuitas Merek Pelanggan Sumoboo! Jurnal Komunikasi Untar, 8(1), 68–82. https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/50/53

Stefani, S. (2013). Analisis Pengaruh Iklan Televisi, Celebrity Endorser, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kosmetik Berlabel" Wardah"(Studi Kasus pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Tamarindang, B., Mananeke, L., & Pandowo, M. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Bank BNI Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2).