Strategi Humas dalam Menyebarkan Informasi Tentang Pelayanan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Main Article Content

Nadila Tasya Oktaviani
Yugih Setyanto

Abstract

Indonesia is still battling the Covid-19 virus until 2021, and even the government has implemented Community Activity Restrictions (PPKM) for this purpose. During the implementation of the Community Activity Restrictions (PPKM), many community activities were restricted and various regulations were set by the government. When the Community Activity Restrictions (PPKM) are enforced, there are additional requirements for those who are active outside the home. In terms of disseminating information about the development of Covid-19, vaccines and so on, social media is one of the effective platforms. Likewise with the Public Relations of the Regional Health Laboratory (Labkesda) which currently focuses on using social media to disseminate service information. The theory used in this research is the theory of public relations strategy by using the concept of P.E.N.C.I.L.S, social media. The results obtained from this study are first, the need for the right strategy in disseminating information to achieve the goal. Second, supporting aspects are needed in implementing a strategy. Third, social media is an effective medium for disseminating information about the services of the Regional Health Laboratory (Labkesda) of the Bangka Belitung Islands Province.


 


Indonesia masih terus berjuang melawan virus Covid-19 hingga tahun 2021. Dalam menyosialisasikan informasi tentang perkembangan Covid-19, vaksin dan sebagainya, media sosial adalah salah satu platform yang efektif. Begitu juga dengan Humas Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang saat ini fokus dalam menggunakan media sosial untuk menyebarkan informasi pelayanan. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, yakni metode yang berpijak pada fenomena yang dialami oleh subjek penelitian seperti perilaku, persepsi, motivasi, dan tindakan dengan cara mendeskripsikannya dalam bentuk kata dan bahasa dengan konteks khusus. Sedangkan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi public relation P.E.N.C.I.L.S pada media sosial. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pertama, perlunya strategi yang tepat dalam menyebarkan informasi untuk mencapai tujuan. Kedua, dibutuhkan aspek-aspek pendukung dalam melaksanakan sebuah strategi. Ketiga, media sosial merupakan media yang efektif untuk menyebarkan informasi tentang pelayanan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Article Details

How to Cite
Oktaviani, N. T., & Setyanto, Y. (2022). Strategi Humas dalam Menyebarkan Informasi Tentang Pelayanan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Prologia, 6(2), 320–327. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.15505
Section
Articles

References

Arikunto, Suharisimi. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Claudia, E.C. (2021). Strategi Public Relation AET Travel Dalam Membangun Citra dan Kepercayaan Jama’ah Haji dan Umroh di Kota Pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Fitrah, Muh., Luthfiyah (2018). Metodologi Penelitian : Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi : CV Jejak (Jejak Publisher).

Hariani, Danarti. 2015. “Formulasi Strategi Public Relation dan Kehumasan dalam Meningkatkan Citra TVRI Sebagai Televisi Pendidikan Indonesia”. Journal of Applied Business and Economics 2(1).

Julianto., E & Rusdi., F. 2018. “Strategi Penyampaian Informasi Melalui Instagram Dengan Tampilan Infografis (di Kementrian Perdagangan RI). Jurnal Prologia 2(2).

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ratnamulyani, I.A, Maksudi, B.I. 2018. “Peran Media Sosial dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula di Kalangan Pelajar di Kabupaten Bogor”. Jurnal Ilmu- Ilmu Sosial dan Humaniora 20(2).