Pengaruh EPIC Model terhadap Pembentukan Perilaku Konsumtif Generasi Z (Studi Iklan Racun Shopee Pada Aplikasi TikTok)

Main Article Content

Marvelyn Christabella
Wulan Purnama Sari

Abstract

Social media is often used as a promotional medium. One of them is TikTok. In this media, advertisements with creative videos often appear. One of them is the Shopee Poison ad. Ads containing TikTok video content creators make haul videos of goods purchased through Shopee and then disseminated through TikTok. Content that is made very creatively can attract people's attention to watch the video and create a sense of belonging to the same item and can encourage the formation of consumptive behavior. The purpose of this study is to study and analyze the effect of the EPIC model on the formation of generation Z consumptive behavior, namely a study on Shopee Racun advertisements on the TikTok application. This research also wants to reveal how big the influence is. The research method used is quantitative. The sample of this research is 130 respondents with purposive sampling technique. Analysis of test requirements using validation and reliability tests. The correlation coefficient test, the coefficient of determination test, and simple linear regression analysis were used as analytical methods. From the results of this study, based on the EPIC model, Shopee Racun advertisements on the TikTok application have a 56% impact on the formation of Gen Z consumptive behavior.


Media sosial sering kali dijadikan media promosi. Salah satunya adalah TikTok. Di media ini sering tampil iklan-iklan dengan video yang kreatif. Salah satunya adalah iklan Racun Shopee. Iklan yang berisikan para pembuat konten video TikTok membuat video haul barang yang dibeli melalui Shopee kemudian disebarluaskan melalui TikTok. Konten yang dibuat dengan sangat kreatif, dapat menarik perhatian masyarakat untuk menonton video tersebut dan menimbulkan rasa untuk memiliki barang yang sama dan dapat mendorong terbentuknya perilaku konsumtif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mempelajari dan menganalisis pengaruh EPIC model terhadap pembentukan perilaku konsumtif generasi Z yakni sebuah studi pada iklan Racun Shopee pada aplikasi TikTok. Penelitiang ini juga ingin mengungkap seberapa besar pengaruh tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 130 responden dengan teknik purposive sampling. Analisis persyaratan pengujian menggunakan uji validasi dan  reliabilitas. Uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, dan analisis regresi linier sederhana digunakan sebagai metode analisis. Dari hasil penelitian ini adalah berdasarkan model EPIC, iklan Shopee Racun di aplikasi TikTok berdampak 56% terhadap pembentukan perilaku konsumtif Gen Z.

Article Details

How to Cite
Christabella, M., & Sari, W. P. (2022). Pengaruh EPIC Model terhadap Pembentukan Perilaku Konsumtif Generasi Z (Studi Iklan Racun Shopee Pada Aplikasi TikTok). Prologia, 6(2), 280–287. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.15455
Section
Articles

References

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, 9(1), 140–157.

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: Tiktok Sebagai Media Edukasi Dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. Https://Doi.Org/10.24198/Share.V10i2.31443

Mulyadi, Dedi. (2021). Metamorfosis Desa Di Kabupaten Karawang (Potensi Desa Yang Tersembunyi) (R. R. Rerung (Ed.)). (Bandung: Cv Media Sains Indonesia).

Nurbani, Putri Aulia. (2016). Pengaruh Terpaan Iklan E-Commerce Bukalapak Di Televisi Terhadap Perilaku Konsumtif Di Kalangan Mahasiswa (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uin Syarif Hidayatullah Jakarta). 1–106.

Rakha Fahreza Widyananda. (2020). Pengertian Gen Z Serta Karakteristiknya, Ketahui Agar Tak Keliru. Merdeka.Com. Https://Www.Merdeka.Com/Jatim/Pengertian-Gen-Z-Serta-Karakteristiknya-Ketahui-Agar-Tak-Keliru-Kln.Html

Rusdi, F., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Industri Kreatif Dalam Memanfaatkan Identitas Kota Melalui Media Baru. Jurnal Komunikasi, 10(1), 95. Https://Doi.Org/10.24912/Jk.V10i1.1221

Saputro, E. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pengembangan Usaha Bagi Umkm ( Studi Kasus Bandeng Presto Di Kecamatan Juwana Kabupaten Pati ). Jurnal Ekonomi, 1–112.

Wardi, L., & Kartikasari, D. (2017). Analisis Efektivitas Periklanan Kek Pisang Villa Melalui Iklan Billboard Dan Videotron Dengan Menggunakan Epic Model. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 5(1), 67. Https://Doi.Org/10.35314/Inovbiz.V5i1.173

Wijaya, N., & Setyo Utami, L. S. (2021). Pengaruh Penyampaian Informasi Pada Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z. Prologia, 5(2), 267. Https://Doi.Org/10.24912/Pr.V5i2.10171