Perencanaan Komunikasi Pemasaran Talent Management dalam Beradaptasi di Masa Pandemi (Studi Kasus JDAgency)

Main Article Content

Trisha Wundira
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

In this pandemic situation, it has a bad impact on the business industry. One of the ways that a company can survive is by planning a well-structured marketing communication. The purpose of marketing is to introduce a product and increase its sales. JD Agency is a talent management that provides more than 4,000 talents and has held more than 100 project events. The research method used is qualitative case study research with data collection techniques in the form of interviews and observations. The results showed that the JD Agency using marketing communication planning has 6 stages, namely determining the target audience, determining communication objectives, designing communication (messages), selecting communication channels, and measuring results. The role of symbolic interactions also plays an important role in marketing communications. The occurrence of interactions that symbolize symbols such as characters and boundaries between work teams and clients at JD Agency.


Situasi pandemi berdampak buruk bagi industri bisnis. Salah satu cara agar perusahaan dapat bertahan adalah dengan melakukan perencanaan komunikasi pemasaran yang tersusun secara baik. Tujuan pemasaran adalah untuk memperkenalkan suatu produk serta meningkatkan penjualannya. JD Agency merupakan talent management yang menyediakan lebih dari 4.000 talent dan sudah memegang lebih dari 100 project event. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa JD Agency menggunakan perencanaan komunikasi pemasaran memiliki 6 tahapan, yaitu menentukan target audience, menentukan tujuan komunikasi, merancang komunikasi (pesan), memilih saluran komunikasi, dan mengukur hasil. Peran interaksi simbolik juga berperan penting di dalam komunikasi pemasaran. Terjadinya interaksi yang melambangkan simbol-simbol seperti karakter dan batasan antar tim kerja dan klien di JD Agency.

Article Details

How to Cite
Wundira, T., & Pribadi, M. A. (2022). Perencanaan Komunikasi Pemasaran Talent Management dalam Beradaptasi di Masa Pandemi (Studi Kasus JDAgency). Prologia, 6(2), 264–269. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.10675
Section
Articles

References

Kotler, & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Pribadi, Muhammad Adi, Suganda, Dadang, Venus, Anter & Susanto, Eko Harry (2018). Dinamika Perusahaan Periklanan Indonesia: Studi Kasus Komunikasi dan Budaya Organisasi Dwi Sapta IMC dan Fortune Indonesia. Disertasi Universitas Padjajaran. Bandung: Universitas Padjajaran.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

West, R., & Turner, L. H. (2012). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

World Health Organization. (2020). Diakses dari https://go.kompas.com/tag/the+world+health+organization.

Yin, Robert K. (2019). Studi Kasus. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.