Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Sepeda

Main Article Content

Ignatius Irvan
Rezi Erdiansyah

Abstract

The purpose of this research is to know the influence of brand awareness, brand image, and social media marketing on bicycle purchase decision. Researcher took a sample from bicycle buyer using Google Form with a total 200 respondents. Data analysis conducted by researcher using the Smart-PLS version 2.0 program using PLS (partial least square) which is an alternative form of SEM (Structural Equation Model), PLS in this study is used to determine the extent of influence of brand awareness, brand image, and social media marketing on purchase decision. The results of this research indicate that brand awareness, brand image, and social media marketing have a significant effect on purchasing decisions. With all these results, brands who operating in the bicycle industry need to increase brand awareness, brand image and social media marketing to improve consumer purchasing decisions.


Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh brand awareness, brand image, dan social media marketing terhadap keputusan pembelian sepeda. Peneliti mengambil sampel pembeli sepeda dengan menggunakan Google Form dengan total 200 responden. Analisis data yang dilakukan peneliti menggunakan program Smart-PLS versi 2.0 dengan menggunakan PLS (partial least square) yang adalah bentuk alternatif dari SEM (Structural Equation Model), PLS dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh brand awareness, brand image, dan social media merketing terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand awareness, brand image, dan social media marketing berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan hasil tersebut, para brand yang bergerak di perindustrian sepeda perlu meningkatkan brand awareness, brand image, dan social media marketing untuk meningkatkan pula keputusan pembelian dari klien.

Article Details

How to Cite
Irvan, I., & Erdiansyah, R. (2022). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Sepeda. Prologia, 6(2), 222–228. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.10415
Section
Articles

References

Garson, G. D. (2016). Partial Least Squares: Regression & Structural Equation Models. (2016 Ed.). USA: G. David Garson and Statistical Associates Publishing.

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hair, J.F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis. (7th Ed.). United Kingdom: Pearson.

Indiryani. R., Suri. A. (2020). Pengaruh social media Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Kosumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran. 14(1). 25-34.

Kotler, & Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Tuten, Tracy L. (2008). Advertising 2.0: Social Media Marketing in a Web 2.0 World. USA: Greenwood Publishing Group

Priatni. B. S., Hutriana. T., Hindarwati. E. N. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya Terhadap Purchase Intention Pada Martha Tilaar Salon Day Spa. Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Perbankan. 5(3). 145-155.

Rangkuti, Freedy. (2009). Strategi promosi yang kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.