Gambaran Motivasi Belajar pada Mahasiswa Dewasa Awal di Wilayah Jabodetabek
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat motivasi belajar, meliputi motivasi intrinsik, ekstrinsik, dan amotivasi pada mahasiswa dewasa awal dengan rentang usia 18–25 tahun di wilayah Jabodetabek. Mahasiswa pada tahap dewasa awal cenderung menghadapi banyak tantangan khususnya dalam perkuliahan berupa tantangan akademis seperti kesulitan belajar, manajemen waktu, beban akademik, kemudian tantangan sosial seperti membangun jaringan sosial dengan teman maupun dosen, dan tantangan untuk menyeimbangkan kehidupan antara tuntutan akademik, kehidupan sosial, dan kehidupan pribadi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen AMS (Academic Motivation Scale) sebagai kuesioner yang disebarkan pada partisipan. Penyebaran kuesioner dimulai pada tanggal 29 April 2025 hingga 15 Mei 2025. Jumlah partisipan yang terkumpul melalui pengisian kuesioner yaitu sebanyak 106 partisipan dari berbagai perguruan tinggi di Jabodetabek. Hasil menunjukkan bahwa motivasi ekstrinsik memiliki rata-rata tertinggi dengan nilai (Mean = 5.8931, SD = 0.61879), motivasi intrinsik dengan nilai (Mean = 5.7610, SD = 0.69921), dan amotivasi yang memiliki rata-rata terendah dengan nilai (Mean = 3.0495, SD = 1.77664) dengan variabilitas yang cukup besar. Rentang skor menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki dorongan belajar yang tinggi terutama motivasi ekstrinsik, kemudian diikuti dengan motivasi intrinsik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara ketiga dimensi, mahasiswa lebih terdorong pada dimensi motivasi ekstrinsik, kemudian diikuti dengan motivasi intrinsik, dan yang terakhir yaitu amotivasi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan jurnal ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan pekerjaan secara bersamaan berlisensi di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis mampu untuk masuk ke dalam terpisah, pengaturan kontrak tambahan untuk distribusi non-eksklusif versi diterbitkan jurnal pekerjaan (misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online.
References
Afdhal, Y., Suryadi, & Soefijanto, T. A. (2020). Pengaruh motivasi berprestasi dan stres terhadap prestasi akademik mahasiswa tahap akademik kelas internasional program studi pendidikan dan profesi dokter fakultas kedokteran universitas indonesia. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 7(2), 101-110. https://doi.org/10.21009/improvement.v7i2.18366
Anjani, R. P., Marsofiyati, & Utari, E. D. (2024). Pengaruh penyesuaian diri dan dukungan sosial terhadap motivasi belajar mahasiswa fakultas ekonomi yang merantau. Journal of Social Humanities and Education, 3(4), 55-76. https://doi.org/10.55606/concept.v3i4.1551
Arnett, J. J. (2015). Emerging adulthood: The winding road from the late teens through the twenties (2nd ed.). Oxford University Press.
Manurung, T. M. S. (2017). Pengaruh motivasi dan perilaku belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa. JURNAL ANALISIS SISTEM PENDIDIKAN TINGGI, 1(1), 17-26.
Marvianto, R. D., & Widhiarso, W. (2018). Adaptasi academic motivation scale (AMS) versi bahasa indonesia. Gadjah Mada Journal of Psychology, 4(1), 87-95.
Nafeesa, & Siregar, E. S. (2022). Pengaruh motivasi belajar mahasiswa psikologi terhadap prestasi belajar mata kuliah metodologi riset eksperimen. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 3(2), 150-153. https://jurnalp3k.com/index.php/J-P3K/article/view/168/pdf
Novianti, A., & Widjaja, Y. (2022). Eksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar mahasiswa fakultas kedokteran universitas tarumanagara tahap akademik. Tarumanagara Medical Journal, 4(2), 216-226. https://pdfs.semanticscholar.org/16c3/61587a000bc5ffc7c2251c371933f533f580.pdf
Oktaviani, A., et al. (2020). BAB II Tinjauan Pustaka. Universitas Muhammadiyah Surabaya. Diakses dari https://repository.um-surabaya.ac.id/7670/3/BAB%20II.pdf
Santrock, J. W. (2016). Life-span development (16th ed.). McGraw-Hill Education.
Schunk, D. H., DiBenedetto, M.K., & Schunk, D. D. (2021). Motivation and learning: Theory, research, and applications (2nd ed).
Schunk, D. H., Meece, J. L., & Pintrich, P. R. (2015). Motivation in education: Theory, research, and applications (5th ed.). Pearson.
Vallerand, R. J., Pelletier, L. G., Blais, M. R., Brière, N. M., Senécal, C., & Vallières, É. F. (2015). The Academic Motivation Scale: A measure of intrinsic, extrinsic, and amotivation in education. Educational and Psychological Measurement, 55(4), 710-727.

