Gambaran Motivasi Belajar pada Mahasiswa Dewasa Awal di Wilayah Jabodetabek

Main Article Content

Viona Febrianty Wijaya
Jesica Febiani Simanjuntak
Graciela Jesusia
Debora Basaria

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat motivasi belajar, meliputi motivasi intrinsik, ekstrinsik, dan amotivasi pada mahasiswa dewasa awal dengan rentang usia 18–25 tahun di wilayah Jabodetabek. Mahasiswa pada tahap dewasa awal cenderung menghadapi banyak tantangan khususnya dalam perkuliahan berupa tantangan akademis seperti kesulitan belajar, manajemen waktu, beban akademik, kemudian tantangan sosial seperti membangun jaringan sosial dengan teman maupun dosen, dan tantangan untuk menyeimbangkan kehidupan antara tuntutan akademik, kehidupan sosial, dan kehidupan pribadi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen AMS (Academic Motivation Scale) sebagai kuesioner yang disebarkan pada partisipan. Penyebaran kuesioner dimulai pada tanggal 29 April 2025 hingga 15 Mei 2025. Jumlah partisipan yang terkumpul melalui pengisian kuesioner yaitu sebanyak 106 partisipan dari berbagai perguruan tinggi di Jabodetabek. Hasil menunjukkan bahwa motivasi ekstrinsik memiliki rata-rata tertinggi dengan nilai (Mean = 5.8931, SD = 0.61879), motivasi intrinsik dengan nilai (Mean = 5.7610, SD = 0.69921), dan amotivasi yang memiliki rata-rata terendah dengan nilai (Mean = 3.0495, SD = 1.77664) dengan variabilitas yang cukup besar. Rentang skor menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki dorongan belajar yang tinggi terutama motivasi ekstrinsik, kemudian diikuti dengan motivasi intrinsik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara ketiga dimensi, mahasiswa lebih terdorong pada dimensi motivasi ekstrinsik, kemudian diikuti dengan motivasi intrinsik, dan yang terakhir yaitu amotivasi.

Article Details

How to Cite
Wijaya, V. F. ., Simanjuntak, J. F., Jesusia, G., & Basaria, D. (2025). Gambaran Motivasi Belajar pada Mahasiswa Dewasa Awal di Wilayah Jabodetabek. Phronesis: Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 14(3). Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/phronesis/article/view/34613
Section
Articles

References

Afdhal, Y., Suryadi, & Soefijanto, T. A. (2020). Pengaruh motivasi berprestasi dan stres terhadap prestasi akademik mahasiswa tahap akademik kelas internasional program studi pendidikan dan profesi dokter fakultas kedokteran universitas indonesia. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 7(2), 101-110. https://doi.org/10.21009/improvement.v7i2.18366

Anjani, R. P., Marsofiyati, & Utari, E. D. (2024). Pengaruh penyesuaian diri dan dukungan sosial terhadap motivasi belajar mahasiswa fakultas ekonomi yang merantau. Journal of Social Humanities and Education, 3(4), 55-76. https://doi.org/10.55606/concept.v3i4.1551

Arnett, J. J. (2015). Emerging adulthood: The winding road from the late teens through the twenties (2nd ed.). Oxford University Press.

Manurung, T. M. S. (2017). Pengaruh motivasi dan perilaku belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa. JURNAL ANALISIS SISTEM PENDIDIKAN TINGGI, 1(1), 17-26.

Marvianto, R. D., & Widhiarso, W. (2018). Adaptasi academic motivation scale (AMS) versi bahasa indonesia. Gadjah Mada Journal of Psychology, 4(1), 87-95.

Nafeesa, & Siregar, E. S. (2022). Pengaruh motivasi belajar mahasiswa psikologi terhadap prestasi belajar mata kuliah metodologi riset eksperimen. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 3(2), 150-153. https://jurnalp3k.com/index.php/J-P3K/article/view/168/pdf

Novianti, A., & Widjaja, Y. (2022). Eksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar mahasiswa fakultas kedokteran universitas tarumanagara tahap akademik. Tarumanagara Medical Journal, 4(2), 216-226. https://pdfs.semanticscholar.org/16c3/61587a000bc5ffc7c2251c371933f533f580.pdf

Oktaviani, A., et al. (2020). BAB II Tinjauan Pustaka. Universitas Muhammadiyah Surabaya. Diakses dari https://repository.um-surabaya.ac.id/7670/3/BAB%20II.pdf

Santrock, J. W. (2016). Life-span development (16th ed.). McGraw-Hill Education.

Schunk, D. H., DiBenedetto, M.K., & Schunk, D. D. (2021). Motivation and learning: Theory, research, and applications (2nd ed).

Schunk, D. H., Meece, J. L., & Pintrich, P. R. (2015). Motivation in education: Theory, research, and applications (5th ed.). Pearson.

Vallerand, R. J., Pelletier, L. G., Blais, M. R., Brière, N. M., Senécal, C., & Vallières, É. F. (2015). The Academic Motivation Scale: A measure of intrinsic, extrinsic, and amotivation in education. Educational and Psychological Measurement, 55(4), 710-727.

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.