Studi Komparatif: Workplace Well-Being Karyawan Generasi Milenial dan Generasi Z
Main Article Content
Abstract
Dunia kerja modern saat ini mengalami transformasi besar akibat dominasi generasi baru yang mulai menguasai lingkungan profesional, yaitu Generasi Y (Milenial) dan Generasi Z. Kehadiran kedua generasi ini membawa perubahan signifikan dalam budaya dan dinamika kerja di berbagai sektor. Generasi Y dan Z dikenal memiliki nilai, ekspektasi, serta tujuan yang berbeda dibandingkan generasi sebelumnya. Mereka lebih menekankan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan, makna dalam pekerjaan, serta lingkungan kerja yang mendukung kesejahteraan psikologis. Namun, ketika harapan dan kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, hal ini dapat menyebabkan penurunan motivasi, keterikatan, dan keinginan karyawan untuk bertahan dalam organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan tingkat workplace well-being antara Generasi Milenial dan Generasi Z. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik convenience sampling. Sebanyak 371 partisipan berpartisipasi dalam penelitian ini dengan rentang usia antara 20 hingga 40 tahun. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan demografis pada variabel jabatan, usia, jenis kelamin, dan status karyawan antara kedua generasi. Namun, tidak ditemukan perbedaan pada faktor latar belakang pendidikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun terdapat variasi karakteristik demografis, tingkat workplace well-being relatif serupa antara generasi. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya bagi organisasi untuk terus menciptakan lingkungan kerja yang sehat, inklusif, dan mendukung kesejahteraan karyawan guna meningkatkan retensi, terutama bagi karyawan berprestasi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan jurnal ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan pekerjaan secara bersamaan berlisensi di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis mampu untuk masuk ke dalam terpisah, pengaturan kontrak tambahan untuk distribusi non-eksklusif versi diterbitkan jurnal pekerjaan (misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online.
References
Baresford Research. (2023). Age range by generation. https://www.beresfordresearch.com/age-range-by-generation/
Chen, H. M., Liu, C. C., Yang, S. Y., Wang, Y. R., & Hsieh, P. L. (2021). Factors related to care competence, workplace stress, and intention to stay among novice nurses during the coronavirus disease (Covid-19) pandemic. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(4), 1–10. https://doi.org/10.3390/ijerph18042122
Deloitte. (2022). The Deloitte Global 2022 Generasi Z & Millenial Survey. https://www.deloitte.com/global/en/issues/work/genzmillennialsurvey-2022.html
Kusumawati, E., Sofia, D., & Prasetyo, Y. (2021). Keterikatan kerja dan tingkat turnover intention pada karyawan generasi milenial dan generasi Z. Sukma: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(2).
Kyndt, E., Dochy, F., Michielsen, M., & Moeyaert, B. (2009). Employee retention: Organisational and personal perspectives. Vocations and Learning, 2(3), 195–215. https://doi.org/10.1007/s12186-009-9024-7
Mobley, W. H., Horner, S. O., & Hollingsworth, A. T. (1978). An evaluation of precursors of hospital employee turnover. Journal of Applied Psychology, 63(4).
Mowday, R. T., Koberg, C. S., & Mcarthur, A. W. (1984). The psychology of the withdrawal process: A cross-validational test of mobley’s intermediate linkages model of turnover in two samples. The Academy of Management Journal, 27(1),1-20.
Parker, G. B., & Hyett, M. P. (2011). Measurement of well-being in the workplace: The development of the work well-being questionnaire. Journal of Nervous and Mental Disease, 199(6), 394–397. https://doi.org/10.1097/NMD.0b013e31821cd3b9
Purba, S.D., & Ananta, A.N.D. (2018). The effects of work passion, work engagement and job satisfaction on turnover intention of the milennial generation. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 11 (2). Https://Doi.Org/10.25105/Jmpj.V11i2.2954
Rani,N., & Samuel, A. (2016). A study on generational differences in work values and person-organization fit and its effect on turnover intention of Generation Y in India. Management Research Review, 19(12), 1695–1719
Rhamadanningrum, I.R. (2020). Pengaruh role conflict terhadap turnover intention pada karyawan kategori generasi milenial. Undergadyate thesis Universitas Muhammadiyah Malang. Http://Eprints.Umm.Ac.Id/61776/
Saerang, Y.B., Zamralita, & Saraswati, K.D.H. (2019). The role of psychological capital, quality of work life, and perceived job opportunity on turnover intention in millennials (study on PT. X business unit). TICASH 2019.
Shin, Y., Hur, W. M., Park, K., & Hwang, H. (2020). How managers’ job crafting reduces turnover intention: The mediating roles of role ambiguity and emotional exhaustion. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(11), 1–18. https://doi.org/10.3390/ijerph17113972
Strauss, K., & Parker, S. K. (2014). Effective and sustained proactivity in the workplace: A self-determination theory perspective. The Oxford handbook of work engagement, motivation, and self-determination theory, 50-71.
Watson, D., Tregaskis, O., Gedikli, C., Vaughn, O., & Semkina, A. (2018). Well-being through learning: a systematic review of learning interventions in the workplace and their impact on well-being. European Journal of Work and Organizational Psychology, 27(2), 247–268. https://doi.org/10.1080/1359432X.2018.1435529
Wei, W., Yu, Y., & Gao, G. (2022). Investigating Learners’ Changing Expectations on Learning Experience in a MOOC of Professional Translation and Interpreter Training. SAGE Open, 12(4). https://doi.org/10.1177/21582440221134577
Wijoyo, H., Indrawan, I., Cahyono, Y., Handoko, A.L., & Santamoko, R. (2020). Generasi z & revolusi industri 4.0. CV Pena Persada
Wilis, A.P.L., Zamralita, & Budiarto, Y. (2023). Peran workplace well-being terhadap turnover intention dengan work engagement sebagai mediator pada generasi milenial. Gema Economy (Jurnal Fakultas Ekonomi), 12 (2). 2023 https://journal.unigres.ac.id/index.php/GemaEkonomi/indexGema
Yousaf, A., Shaukat, R., & Umrani, W. A. (2021). Linkages between group level task conflict and individual level outcomes in non-routine technical jobs. International Journal of Conflict Management, 32(1), 158–176. https://doi.org/10.1108/IJCMA-08-2019-0128
Yu, H., Huang, C., Chin, Y., Shen, Y., Chiang, Y., Chang, C., & Lou, J. (2021). The mediating effects of nursing professional commitment on the relationship between social support, resilience, and intention to stay among newly graduated male nurses: A cross-sectional questionnaire survey. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(14). https://doi.org/10.3390/ijerph18147546
Zhang, Y., Li, X., Yan, D., Wen, F., & Zhang, Y. (2020). Nurses’ intention to stay: The impact of perceived organizational support, job control and job satisfaction. Journal of Advanced Nursing, 76(5), 1141–1150. https://doi.org/10.1111/jan.14305

