Hubungan Antara Keadilan Organisasi dan Kepuasan Kerja (Meta-Analisis dan Tinjau Literatur Secara Sistematis)
Main Article Content
Abstract
Kepuasan kerja merupakan salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan oleh orang yang bekerja dan oleh semua perusahaan atau organisasi. Dalam dunia kerja akan selalu ada individu yang merasakan ketidakpuasan terhadap pekerjaan maupun organisasi tempat kerja mereka dan akan ada juga individu yang puas terhadap pekerjaan dan organisasi mereka. Salah satu faktor dari kepuasan kerja adalah keadilan organisasi yang terbagi menjadi keadilan distributif, prosedural dan interaksional. Setiap dimensi keadilan organisasi memiliki peran-nya tersendiri dalam memprediksi kepuasan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi keadilan organisasi manakah yang paling memprediksi kepuasan kerja pada orang bekerja. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis dan tinjauan literatur secara sistematis. Sebanyak 7 studi dengan karakteristik yang beragam telah terkumpul dan terseleksi sebagai data utama dari penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua dimensi keadilan organisasi berhubungan positif dan signifikan dalam memprediksi kepuasan kerja. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa semakin tinggi persepsi keadilan organisasi, maka semakin puas seseorang atas pekerjaan dan organisasinya. Lalu, pada penelitian ini juga ditemukan bahwa dimensi keadilan interaksional menjadi dimensi paling memprediksi kepuasan kerja dibandingkan dengan dimensi keadilan organisasi lainnya. Hal ini menyatakan bahwa individu lebih puas ketika mereka menerima perlakukan adil seperti dihormati, dihargai dan adanya komunikasi yang jujur antara individu dengan rekan kerja maupun supervisor atau organisasi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan jurnal ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan pekerjaan secara bersamaan berlisensi di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis mampu untuk masuk ke dalam terpisah, pengaturan kontrak tambahan untuk distribusi non-eksklusif versi diterbitkan jurnal pekerjaan (misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online.
References
Adams, J. S. (1965). Inequity in social exchange. Advanced in Experimental Social Psychology, 2, 267-299. https://doi.org/10.1016/S0065-2601(08)60108-2
Boateng, F. D., & Hsieh, M.-L. (2019). Explaining job satisfaction and commitment among prison officers: The role of organizational justice. The Prison Journal, 99(2), 172–193. https://doi.org/10.1177/0032885519825491
Brayfield, A. H., & Rothe, H. F. (1951). An index of job satisfaction. Journal of Applied Psychology, 35(5), 307–311. https://doi.org/10.1037/h0055617
Card, N. A. (2012). Applied meta-analysis for social science research. The Guilford Press.
Cahya, K. D. (2018, Januari 2). Kurang apresiasi, 30 persen pekerja Indonesia ingin pindah kerja. Kompas.com. https://lifestyle.kompas.com/read/2018/01/02/214530820/kurang-apresiasi-30-persen-pekerja-indonesia-ingin-pindah-kerja
Colquitt, J. A. (2001). On dimensionality of organizational justice: A construct validation of a measure. Journal of Applied Psychology, 86(3), 386-400. https://doi.org/10.1037//0021-9010.86.3.386
Fu, W. (2013). The impact of emotion intelligence, organizational commitment, and job satisfaction on ethical behavior of chinese employee. Journal of Business Ethics, 122(1), 137-144. https://doi.org/10.1007/s10551-013-1763-6
Hao, Y., Hao, J., & Wang, X. (2016). The relationship between organizational justice and job satisfaction: Evidence from China. Journal of Chinese Human Resource Management, 7(2), 115–128. https://doi.org/10.1108/JCHRM-07-2016-0012
Hamidah, Mukhtar, M. & Karniati, N. (2017). The effect of person-organizational fit, job satisfaction, and trust toward high schools teachers affective commitment. Indonesian Journal of Educational Review, 4(1), 26-38. https://doi.org/10.21009/IJER.04.02.04
Jobstreet. (2022, Jun 30). 73% karyawan tidak puas dengan pekerjaan mereka. JobStreet by Seek. https://www.jobstreet.co.id/career-resources/plan-your-career/73-karyawan-tidak-puas-dengan-pekerjaan-mereka/
Judge, T. A., Thoresen, C. J., Bono, J. E. & Patton, G. K. (2001). The job satisfaction-job performance relationship: A qualitative and quantitative review. Psychological Bulletin, 127(3), 376-407. https://doi.org/10.1037/0033-2909.127.3.376
Kim, S. J., & Chung, E. K. (2019). The effect of organizational justice as perceived by occupational drivers on traffic accidents: Mediating effects of job satisfaction. Journal of Safety Research, 68, 27–32. https://doi.org/10.1016/j.jsr.2018.11.001
Kunin, T. (1955). The construction of a new type of attitude measure. Personnel Psychology, 8, 65–77. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.1955.tb01189.x
Lambert, E. G., Tewksbury, R., Otu, S. E., & Elechi, O. O. (2021). The association of organizational justice with job satisfaction and organizational commitment among Nigerian correctional staff. International Journal of Offender Therapy and Comparative Criminology, 65(2-3), 180-204. https://doi.org/10.1177/0306624X20946926
Leventhal, G. S. (1980). What should be done with equity theory?. Social Exchange, 27-55. https://doi.org/10.1007/978-1-4613-3087-5_2.
Locke, E. A. (1969). What is job satisfaction. Organizational Behavior and Human Performance, 4, 309-336.
Lo lacono, J., Weaven, S. K. & Griffin, D. (2016). Examination into the wffey of job satisfaction on salesperson deviance: The moderating role of customer orientation. Journal of Business Economics and Management, 17(2), 173-186. https://doi.org/10.3846/16111699.2015.1046399
Mclntyre, K. P., Mattingly, B. A., Lewandowski Jr., G. W., & Simpson, A. (2014). Workplace self-expansion: Implications for job satisfaction, commitment, self-concept clarity, and self- esteem among the employed and unemployed. Basic and Applied Social Psychology, 36, 59-69. https://doi.org/10.1080/01973533.2013.856788
Meneghel, I., Borgohni, L., Miraglia, M., Salanova, M. & Martinez, I. M. (2016). From social context and resilience to performance through job satisfaction: A multilevel study over time. Human Relations, 69(11), 2047-2067.https://doi.org/10.1177/0018726716631808
Cammann, C., Fichman, M., Jenkins, D., & Klesh, J. (1979). The michigan organisational assessment questionnaire. Unpublished manuscript,University of Michigan, Ann Arbor, Michigan
Moliner, C., Ranos, J., Martı´nez-Tur, V., Peiro´, J. M. & Cropanzano, R. (2008). Organizational justice and extrarole customer service: The mediating role of well-being at work. European Journal Of Work and Organizational Psychology, 17(3), 327-348
Montañez-Juan, M. I., García-Buades, M. E., Sora-Miana, B., Ortiz-Bonnín, S., & Caballer-Hernández, A. (2019). Work design and job satisfaction: The moderating role of organizational justice. Revista Psicologia Organizações e Trabalho, 19(4), 853–858. https://doi.org/10.17652/rpot/2019.4.17510
Moher, D., Shamseer, L., Clarke, M., Ghersi, D., Liberti, A., Petticrew, M., Shekelle, P., Stewart, L. A. & Prisma-P Group. Preferred reporting items for systematic review and meta-analysis protocos (PRISMA-P) 2015 statement. Systematic Reviews, 4(1). https://doi.org/10.1186/2046-4053-4-1
Niehoff, B. P, & Moorman, R. H. (1993). Justice as a mediator of the relationship between methods of monitoring and organizational citizenship behavior. The Academy of Management Journal, 36(3), 527-556
Price, J.L. and Mueller, C.W. (1986) Absenteeism and turnover among hospital employees. JAI Press
R Core Team. (2021). The comprehensive R achieve network. CRAN. https://cran.r-project.org
Rachmatunnisa. (2021, Februari 9). E-Commerce indonesia punya tingkat kepuasan kerja tertinggi. Detikinet. https://inet.detik.com/cyberlife/d-5367654/e-commerce-indonesia-punya-tingkat-kepuasan-kerja-tertinggi
Rahmah, L. (2019). Organizational justice and work satisfaction: Meta Analysis. Proceedings of The 1st International Conderence on Psychology, 254-261. https://doi.org/0.5220/0009447402540261
Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior (15th ed.). Pearson Education.
Sterne, J. A., Hernan, M. A. Reeves, B. C., Savovic, J., Berkman, N. D., Viswanathan M., Henry D., Altman D. G., Ansari, M. T., Boutron, I., Carpenter, J. R., Chan A. W., Churchill, R., Deeks, J. J., Hróbjartsson, A., Kirkha,, J., Juni, P., Loke, Y. K., Pigott, T. D., Ramsay, C. R., Regidor, D., Rothstein, H. R., Sandhu, L., Santaquida, P. L., Schunemann, H. J., Shea, B., Shrier, I., Tugwell, P., Turner, L., Valentine, J. C., Waddington, H., Waters, E., Wells, G. A., Whiting, P. F., Higgins, J. P. (2016). ROBINS-I: A tool for assessing risk of bias in non- randomised studied of interventions. Research Methods and Reporting, 355. https://doi.org/10.1136/bmj.i4919
Tziner, A., Oren, L., Bar, Y., & Kadosh, G. (2011). Corporate social responsibility, organizational justice and job satisfaction: How do they interrelate, if at all? Revista de Psicología del Trabajo y de las Organizaciones, 27(1), 67–72. https://doi.org/10.5093/tr2011v27n1a7
Weiss, D. J., Dawis, R.V., England, G.W. and Lofquist, L.H. (1967) Manual for the minnesota satisfaction questionnaire. Minneapolis.
Zahednezhad, H., Hoseini, M. A., Ebadi, A., Farokhnezhad Afshar, P., & Ghanei Gheshlagh, R. (2021). Investigating the relationship between organizational justice, job satisfaction, and intention to leave the nursing profession: A cross‐sectional study. Journal of Advanced Nursing, 77(4), 1741