Gambaran Perilaku Mengelola Waktu Pada Mahasiswa Peserta MBKM Studi Independen

Authors

  • Pradnya Maretta Syaputri Universitas Tarumanagara
  • P. Tommy Y. S. Suyasa Tarumanagara University

Keywords:

Pengelolaan Waktu, MBKM, MBKM Studi Independen

Abstract

Pelaksanaan MBKM Studi Independen merupakan terobosan kebijakan “Merdeka Belajar” yang diterbitkan oleh Bapak Nadiem Anwar Makarim (Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia tahun 2019- 2024). Dalam program MBKM ini, setiap mahasiswa diwajibkan untuk memilih, salah satunya adalah program Studi Independen. Dalam MBKM Studi Independen, di satu sisi mahasiswa memiliki waktu yang cukup banyak, dan di sisi lain mahasiswa dituntut untuk menghasilkan karya yang inovatif. Untuk itu, mahasiswa perlu dapat memanfaatkan waktu dengan baik. Penulis melakukan penelitian yang menggambarkan pengelolaan waktu yang telah dilakukan oleh para peserta Studi Independen periode Semester Genap 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan tematik analisis. Dalam pendekatan tematik analisis, peneliti mengidentifikasi, menganalisis,dan menginterpretasi pola makna (tema) dari suatu informasi. Dalam penelitian mengenai time management yang dilakukan, berbagai informasi yang ada diberikan kode berdasarkan kesamaan tema aktivitas. dan juga berdasarkan teknik purposive sampling, dengan merekrut empat mahasiswa yang memenangkan lomba karya ilmiah tingkat nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan waktu peserta MBKM Studi Independen, meliputi enam tema dan tiga belas sub-tema. Tema pertama yaitu waktu untuk penetapan tujuan, meliputi sub-tema: (a) waktu pencarian informasi awal (persiapan dan pembentukan kelompok); (b) waktu penetapan tujuan projek. Tema ke dua, yaitu waktu pembekalan, meliputi sub-tema: (c) waktu membaca artikel/jurnal/literatur; (d) waktu diskusi kelompok. Tema ke tiga, yaitu waktu pelaksanaan, meliputi sub-tema: (e) waktu bimbingan dengan dosen pembimbing; (f) waktu untuk asesmen/pengambilan data; (g) waktu penyusunan karya/produk inovatif. Tema ke empat, yaitu waktu untuk monitoring-evaluasi, meliputi sub-tema: (h) waktu untuk melakukan evaluasi: (i) waktu untuk pembuatan/revisi laporan. Tema ke lima, waktu untuk menghasilkan luaran, meliputi sub-tema: (j) waktu untuk persiapan dan pelaksanaan lomba karya/produk inovatif; (k) waktu untuk pengurusan HKI; (l) waktu untuk pembuatan manuskrip/luaran publikasi. Terkahir tema ke enam, yaitu waktu untuk melakukan melakukan minat pribadi, meliput sub-tema: (m) mengerjakan minat / hobby / menonton hiburan, dll. Diharapkan melalui hasil penelitian ini, calon mahasiswa yang akan mengambil MBKM Studi Independen, dapat memiliki gambaran dan mengantisipasi pengelolaan waktu dengan baik.

References

Abi, A. C. J., & Saadah, K. (2018). Peran time management terhadap perilaku dan persepsi mahasiswa dalam organisasi. Journal Trunojoyo, 12(2), 107-123. doi: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4953.

Adebisi, J. (2013). Time management practices and its effect on business performance. Canada: Canadian Research & Development Center of Sciences and Cultures. 9(1), 165-168. tttp://cscanada.net/index.php/css/article/view/j.css.1923669720130901.2419/4888

Aditya, R. (09 Desember 2022). Mengenal apa itu kampus merdeka: Pengertian, makna, tujuan dan programnya. Diakses pada tanggal 07 April 2023, darih https://www.suara.com/news/2022/12/09/163606/mengenal-apa-itu-kampus-merdeka-pengertian- makna-tujuan-dan-programnya

Aeon, B., & Aguinis, H. (2017). It’s about time: New perspectives and insights on time management. Academy of Management Perspectives, 31(4), 309–330. https://doi.org/10.5465/amp.2016.0166

Akanskha Bedi, Akanskha dan Sass, Mary Denise (2022). ‘But I have no time to read this article! A Meta-analytic review of consequences of employee time management behaviours’ The Journal of Social Psychology.

Atkinson, P. E. (1994). Achieving results through time management / Manajemen waktu yang efektif . (A. Maulana, Trans.). Jakarta: Binarupa Aksara. (Karya asli diterbitkan tahun 1990)

Atmaja, S. N. C. W., Oktavianna, R., Saputri, S. W., Purwatiningsih, P., & Benarda, B. (2021). Time Management untuk Hidup Lebih Efisien dan Efektif. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 3(1), 60–63. https://doi.org/10.31092/kuat.v3i1.1165

Baron, R. A., Branscombe, N. R., & Byrne, D. (2009). Social psychology (12thed.). Boston, MA: Pearson/Allyn and Bacon

Baron, R. A., Branscombe, N. R., & Byrne, D. (2009). Social psychology (12thed.). Boston, MA: Pearson/Allyn and Bacon

Corbin, J. M., & Strauss, A. (1990). Grounded Theory Research: Procedures, Canons, and Evaluative Criteria. Qualitative Sociology, 13(1), 3–21.

Clarke, V. & Braun, V. (2013) Teaching thematic analysis: Overcoming challenges and developing strategies for effective learning. The Psychologist, 26(2), 120-123

Covey, S. R. (2004). The 7 Habits of Highly Effective People. New York: Free Press.

Davidson, Jeff (2013). Time Management for Turbulent Time. Audible Book-Amazon

Dimitrova, A. & Mancheva-Ali, O. (2018). Planning and time management. International Conference Knowledge Based Organization, 24(1), 283-288. doi:10.1515/kbo-2018-0045.

Forsyth, P. 2009. Janganlah sia-siakan waktumu. Yogyakarta: Graha Ilmu

Gramedia.com, ‘Penelitian Kualitatif: Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, Jenis, dan Prosedurnya’ diakses pada 15 Februari 2023 pukul 21.44 WIB

Hall, B. L. & Hursch, D., E. (1982). An evaluation of the effects of a time management training program on work efficiency. Journal of Organizational Behavior Management, 3(4), 73-9. doi:10.1300/J075v03n04_08

Hasanah, H., & Daharnis, D. 2019. Learning Time Management of Full Day School Students in Junior High School and Its Implication to Guidance and Counseling Services. Jurnal Neo Konseling, 1(3), 1–7. http://neo.ppj.unp.ac.id/index.php/neo/articl e/view/135

Haynes, E. Marion (1991). Manajemen Waktu Untuk Diri Sendiri. Binarupa Aksara. Jakarta https://kampusmerdeka.um.ac.id/index.php/magang-praktik-kerja/ diakses pada 26 Oktober 2022 pukul 17.02

Kampus Merdeka (13 Februari 2023). Diakses pada 13 Februari 2023, dari kampusmerdeka.kemdikbud.go.id

Katadata.co.id, ‘Proscatination adalah Sikap Menunda Pekerjaan Ini Cara Mengatasinya’ diakses pada 14 Februari 2022

Kapur, R. (2020). Time Management Skills: Fundamental in taking out Time for all Job Duties. Retrieved January 10, 2023, from https://www.researchgate.net/publication/343712891_Time_Management_Skills_Fundamental_in_taking_out_Time_for_all_Job_Duties

Kinanti Puput Septiana, Tata Adela Juniawaty, dkk [2022]. “Pemahaman Kemampuan Mengatur Waktu [Time Management] Bagi Seorang Pemimpin dalam Efektivitas Kegiatan”. Artikel Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

Lakein, A. (1973). How to get control of your time and your life. New York: New American Library.

Leman, Kevin & Pentak, Bill (2004). The Way of The Shepherd: Seven Secrets to Managing Productive People. Zondervan Publishing

Levrini, A. (2023). Overcoming procrastination and improving time management. In A. Levrini, Succeeding with adult ADHD: Daily strategies to help you achieve your goals and manage your life (pp. 79–110). American Psychological Association.

Macan, T. H. (1994). Time management: Test of a process model. Journal of Applied Psychology, 79(3), 381–391. https://doi.org/10.1037/0021-9010.79.3.381

Macan, T. M., Shahani, C., Dipboye, R. L., & Phillips, A. P. (1990). College students' time management: Correlations with academic performance and stress. Journal of Educational Psychology, 82, 760- 768. https://doi.org/10.1037/0022-0663.82.4.760

Maryati, M. 2019. Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Time Management Skill pada Siswa. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(1), 18–24. https://doi.org/10.29210/02352jpgi0005

Nadhirin, A. U., & Surur, A. M. (2020). Manajemen waktu pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi. Aṣ-Ṣibyān Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 81–94. https://doi.org/https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.2939

Negulescu, Helena & Doval, Elena. Ergonomics and Time Management in Remote Working From Home. Acta Technica Napocensis Journal

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Sajeevanie, T. L. (2018). Time management practices and academic success of the university lecturers in Sri Lanka. International Journal of Business and Administrative Studies, 4(2), 77–85. https://doi.org/10.20469/ijbas.4.10005-2

Sinaga, O. S., Hasibuan, A., Efendi, Priyojadmiko, E., Butarbutar, M., Purba, S., Karwanto, Silalahi, M., Hidayatulloh, A. N., & Muliana. (2020). Manajemen Kinerja dalam Organisasi. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Solberg, V.S. & Viliarreal, P. (1997). Students of psychological and physical distress among hispanic college examination of self-efficacy, social support, and stress as predictors. Hispanic Journal of Behavioral Sciences,19, 182, 1-21

Turnip, S.S. & Hauff, E. (2007). Household roles, poverty and psychological distress in internally displaced persons affected by violent conflicts in Indonesia. Soc Psychiatry Epidemiol. 42, 997-1004

Van Eerde, W., Beeftink, F., & Rutte, C. G. (2022). Planning new ideas: Does time management tendency benefit daily creativity? Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts. Advance online publication. https://doi.org/10.1037/aca0000517

Verger, P, et al. (2009). Psychological distress in first year university students: socioeconomic and academic stressors, mastery and social support in young men and women. Soc Psychiatry Epidemiol. Vol. 44:643–650'

Wardhono, V. J. W. (2011). Penelitian Grounded Theory, Apakah Itu..? Bina EkonomiMajalah Llmiah Fakultas Ekonomi Unpar, 15(1), 23–35.

Yoni, A. (2019). Memahami Metode Penelitian Kuantitatif. Kementrian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-Metode-Penelitian-Kualitatif.html

Zega, Y.X.G.H., & Kurniawati, G.E. (2022). Pentingnya manajemen waktu bagi mahasiswa dalam meningkatkan prestasi belajar di sekolah tinggi teologi duta panisial jember. Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisial, 4 (1)., 1-70. https://doi.org/10.55962/metanoia.v4i1.62

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Syaputri, P. M., & P. Tommy Y. S. Suyasa. (2023). Gambaran Perilaku Mengelola Waktu Pada Mahasiswa Peserta MBKM Studi Independen. Phronesis: Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 12(2), 162–171. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/phronesis/article/view/25307