Cara Ibu Tunggal Dalam Mengelola Waktu

Authors

  • Chyntia Dewi Ayuanjani Universitas Tarumanagara
  • P. Tommy Y. S. Suyasa Tarumanagara University

Keywords:

Manajemen waktu, Ibu tunggal, Multi peran

Abstract

Sebagai ibu-tunggal, membesarkan anak menjadi tantangan yang sangat berat. Selain membesarkan anak dan mengurus rumah tangga, ibu-tunggal juga perlu bekerja. Lebih dari itu, terkadang ibu-tunggal bahkan ada yang berkegiatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ibu-tunggal ingin sukses dalam berbagai aspek kehidupan, seperti sukses dalam pengasuhan, sukses dalam bekerja, dan sukses dalam pendidikan. Dalam hal menyeimbangkan berbagai aspek kehidupan, tampaknya bukan hal yang mudah bagi ibu-tunggal. Ibu tunggal perlu melakukan pengelolaan waktu (time management) dengan baik dalam menjalankan berbagai peran/aspek kehidupan. Time management adalah cara individu mengatur atau menjadwalkan setiap kegiatannya, sehingga semua kegiatan dapat diselesaikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, memahami, dan melihat praktik manajemen waktu yang dilakukan oleh ibu-tunggal. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah empat (4) orang ibu tunggal yang berusia 38 - 51 tahun. Dalam melakukan validasi terhadap informasi keempat partisipan, peneliti melakukan triangulasi pada significant other. Hasil penelitian ini menjelaskan bagaimana keempat partisipan berhasil dalam menerapkan planning, organizing, leading, prioritizing, controlling, goal setting, communication, delegation, collaborating, dan managing stress yang merupakan faktor-faktor keberhasilan time management. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman oleh berbagai pihak (seperti: pemahaman anak kepada ibunya yang ber-status single mother, pemahaman atasan di tempat kerja kepada bawahan yang merupakan seorang ibu-tunggal, ataupun pemahaman dosen kepada mahasiswanya yang berstatus ibu-tunggal), yang memiliki hubungan/keterkaitan/tuntutan terhadap seorang ibu-tunggal. Berbagai pihak tersebut diharapkan dapat lebih memahami bahwa seorang ibu-tunggal demikian sulitnya dalam berusaha menjalani berbagai peran/kegiatan.

References

Adisa, T. A., Mordi, T. & Sani, K. F. (August 31th - September 2nd, 2022). Single student-mothers work-life balance and the challenges of multiple roles. [Paper presentation]. British Academy of Management Conference, Alliance Manchester Business School, University of Manchester.

Angin, E. R. (2019). Peran ganda ibu single parent dalam keluarga perempuan penyapu jalan di Kota Bontang, Kalimantan Timur. [Skripsi, Universitas Mulawarman]. Retrieved May 1, 2023, from https://portal.fisip-unmul.ac.id/site/?p=8942

Aprilia, W. (2013). Resiliensi dan dukungan sosial pada orang tua tunggal (studi kasus pada ibu tunggal di Samarinda). Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(3), 2477–2674. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i3.3326

Atkinson, P. E. (1994). Manajemen waktu yang efektif. Jakarta: Binarupa Aksara

Atmaja, S. N. C. W., Oktavianna, R., Saputri, S. W., Purwatiningsih, & Benarda. (2021). Time management untuk hidup lebih efisien dan efektif. KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 3(1), 60–63. https://doi.org/10.31092/kuat.v3i1.1165

Bani, S., Bali, E. N., & Koten, A. N. (2021). Peran ibu single parent dalam pengasuhan anak. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 68–77. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.889

Baxter, J. A. (2015). Child care and early childhood education in Australia Melbourne: Australian Institute of Family Studies. https://aifs.gov.au/publications/child-care-and-early- childhoodeducation-australia

Brooks, R. (2012). Student-parents and higher education: A cross-national comparison. Journal of Education Policy, 27(3), 423-439. https://doi.org/10.1080/02680939.2011.613598

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed- method approaches. (5th ed.). Sage.

Dimitrova, V., & Mancheva-Ali, O. (2018). Planning and time management. International Conference Knowledge-Based Organization, 24(1), 283–288. https://doi.org/10.1515/kbo-

-0045

Fadillah, N. (2015). Peran Ibu ‘Single Parent” Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Di Desa Bojong Timur Magelang. Universitas Negeri Semarang.

Forsyth, P. (2009). Janganlah sia-siakan waktumu. Yogyakarta: PT Garailmu.

Gultom, J. D., Putrie, L. A., & Tarina, D. D. Y. (2022). Manajemen waktu belajar di masa pandemi covid-19. Retrieved March 31, 2023, from https://www.researchgate.net/publication/360133031_MANAJEMEN_WAKTU_BELAJAR_ DI_MASA_PANDEMI_COVID-19/related

Hadi, W. (2019). Peran Ibu single parent dalam membentuk kepribadian anak: kasus dan solusi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 301–320. https://doi.org/https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.301-320

Hall, B. L., & Hursch, D. E. (1982). An evaluation of the effects of a time management training program on work effificiency. Journal of Organizational Behavior Management, 3(4), 73–96. doi:https://doi.org/10.1300/ j075v03n04_08

Hasanah, H., & Daharnis, D. 2019. Learning Time Management of Full Day School Students in Junior High School and Its Implication to Guidance and Counseling Services. Jurnal Neo Konseling, 1(3), 1–7. http://neo.ppj.unp.ac.id/index.php/neo/articl e/view/135

Helaluddin. (2019). Mengenal lebih dekat dengan pendekatan fenomenologi: sebuah penelitian kualitatif. OSF Preprints, 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/stgfb

Hellsten, L. A. M. (2012). What do we know about time management? A review of the literature and a psychometric critique of instruments assessing time management. In T. Stoilov (Ed.), Time management. Rijeka, Croatia: InTech. DOI: https://doi.org/10.5772/37248

Hilton, J. M., Desrochers, S., & Devall, E. L. (2008). Comparison of role demands, relationships, and child functioning in single-mother, single-father, and intact families. Journal of Divorce & Remarriage, 35(1-2), 29-56. DOI: 10.1300/J087v35n01_02

Home, A. M. (1998). Predicting role conflict, overload and contagion in adult women university students with families and jobs. Adult Education Quarterly, 48(2), 85–97. DOI: https://doi.org/10.1177/074171369804800204

Horton, Paul B & Hunt,Chester L.1992. Sociology (Sosiologi).Penerjemah:Aminudin Ram. Jakarta: Penerbit Erlangga Soekanto

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2. Penerbit Erlangga : Jakarta.

Iganingrat, A., & Eva, N. (03 April 2021. ). Kesejahteraan psikologis pada ibu tunggal: Sebuah literature review. Seminar Nasional Psikologi dan Ilmu Humaniora (pp. 444–451). Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1168

Indraswari, D. L. (2020, August 3). Potret tangguh kepala keluarga. Kompas. www.kompas.id/baca/riset/2020/08/03/potret-tangguh-perempuan-kepala-keluarga

Johnson, D. (2022). The Lived Experiences of Students Who are Single Parents and Attending Community College: A Phenomenological Study. Electronic Theses and Dissertations. Paper 4137. https://doi.org/https://dc.etsu.edu/etd/4137

Kapur, R. (2020). Time Management Skills: Fundamental in taking out Time for all Job Duties. Retrieved January 10, 2023, from https://www.researchgate.net/publication/343712891_Time_Management_Skills_Fundamenta l_in_taking_out_Time_for_all_Job_Duties

Kelly, W. E. (2003). No time to worry: The relationship between worry, time structure, and time management. Personality and Individual Differences, 35(5), 1119–1126. DOI: https://doi.org/10.1016/s0191-8869(02)00322-7

Lakein, A. (1973). How to get control of your time and your life. New York: New American Library.

Layliyah, Z. (2013). Perjuangan hidup single parent. The Sociology of Islam, 3(1).

Lindsay, T. N., & Gillum, N. L. (2018). Exploring single-mother college students’ perceptions of their college-related experiences and of campus services. The Journal of Continuing Higher Education, 66(3), 188–199. https://doi.org/10.1080/07377363.2018.1537657

Liliana, A. (2021, June 30). Mengapa melanjutkan pendidikan begitu penting? Simak alesannya.

Kompasiana. https://www.kompasiana.com/andrealiliana/5cd28f766db84339d41789f4/mengapa- melanjutkan-pendidikan-begitu-penting-simak-alasannya

Lovell, E. D. (2014). College students who are parents need equitable services for retention. Journal of College Student Retention: Research, Theory & Practice, 16(2), 187–202. DOI: 10.2190/CS.16.2b

Macan, T. H. (1994). Time management: Test of a process model. Journal of Applied Psychology, 79(3), 381–391. https://doi.org/10.1037/0021-9010.79.3.381

Macan, T. M., Shahani, C., Dipboye, R. L., & Phillips, A. P. (1990). College students' time management: Correlations with academic performance and stress. Journal of Educational Psychology, 82, 760- 768. https://doi.org/10.1037/0022-0663.82.4.760

Maryati, M. 2019. Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Time Management Skill pada Siswa. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(1), 18–24. https://doi.org/10.29210/02352jpgi0005

Mashabi, S. (2020, 3 Agustus). Melihat kondisi perempuan yang berperan jadi kepala rumah tangga. Kompas. https://nasional.kompas.com/read/2020/08/03/11003821/melihat-kondisi- perempuan-yang-berperan-jadi-kepala-rumah-tangga

Nadhirin, A. U., & Surur, A. M. (2020). Manajemen waktu pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi. Aṣ-Ṣibyān Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 81–94. https://doi.org/https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.2939

Nurfitri, D., & Waringah, S. (2018). Ketangguhan pribadi orang tua tunggal: Studi kasus pada perempuan pasca kematian suami. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 4(1), 11– 24. https://doi.org/10.22146/gamajop.45400

Nuryana, A., Pawito, & Utari, P. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. ENSAINS, 2(1), 19–24.

Pranandari, K. (2011). Kecerdasan adversitas ditinjau dari pengatasan masalah berbasis permasalahan dan emosi pada orang tua tunggal wanita. Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2), 121– 128.

Sajeevanie, T. L. (2018). Time management practices and academic success of the university lecturers in Sri Lanka. International Journal of Business and Administrative Studies, 4(2), 77– 85. https://doi.org/10.20469/ijbas.4.10005-2

Sinaga, O. S., Hasibuan, A., Efendi, Priyojadmiko, E., Butarbutar, M., Purba, S., Karwanto, Silalahi, M., Hidayatulloh, A. N., & Muliana. (2020). Manajemen Kinerja dalam Organisasi. Yayasan Kita Menulis.

Soekanto.2002. Teori Peranan. Jakarta. Bumi Aksara.

Syelviani, M. (2020). Pentingnya manajemen waktu dalam mencapai efektivitas bagi mahasiswa (studi kasus mahasiswa program studi manajemen UNISI). Jurnal Analisis Manajemen (JAM), 6(1), 23–32. https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/jam/article/view/1028

Zebua, E. K., & Santosa, M. (2023). Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2060–2071.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Dewi Ayuanjani, C., & P. Tommy Y. S. Suyasa. (2023). Cara Ibu Tunggal Dalam Mengelola Waktu . Phronesis: Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 12(2), 88–105. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/phronesis/article/view/25302