Peran Perceived Supervisor Support terhadap Work Engagement (Studi Pada Karyawan PT XYZ)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran perceived supervisor support (PSS) terhadap work engagement (WE) para karyawan di PT XYZ. WE merupakan perilaku karyawan dalam bekerja yang ditandai dengan vigor, dedication, serta absorption (Schaufeli & Bakker, 2004). Vigor dapat dilihat melalui tingkat keseriusan individu dalam menghadapi kesulitan dalam bekerja. Dedication mengarah kepada seorang individu yang merasa terlibat kuat dalam pekerjaannya. Absorption dapat didefinisikan sebagai konsentrasi penuh dan perasaan senang terhadap pekerjaan yang dikerjakan. WE karyawan dapat ditimbulkan melalui beberapa aspek salah satunya PSS. PSS merupakan pandangan umum dari perspektif karyawan mengenai sejauh mana atasan menghargai dan menilai setiap kontribusi mereka dan pekerjaan yang mereka lakukan. Dengan merasakan support yang diberikan dari atasan secara emosional dengan memberikan empati, perasaan diterima, dan perhatian dari atasan, informasional dengan memberikan ilmu pengetahuan serta saran kepada karyawan, dan material diberikan dengan menyiapkan keburuhan materi seperti pemberian anggaran, sumber daya, dan bantuan nyata lainnya yang berhubungan dengan karyawan, karyawan akan merasa lebih terikat dengan pekerjaannya. PSS diukur dengan menggunakan Survey Perceived Supervisor Support (Eisenberger et al., 2002). WE diukur dengan menggunakan Utrecht Work Engagement Scale (Schaufeli & Bakker, 2003). Partisipan penelitian ini meliputi 152 karyawan PT XYZ. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji regresi sederhana menunjukkan bahwa PSS berperan positif terhadap WE, F (1,150) = 33.426, p < 0.05. Maka semakin tinggi PSS, semakin tinggi WE para karyawan PT XYZ.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan jurnal ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan pekerjaan secara bersamaan berlisensi di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis mampu untuk masuk ke dalam terpisah, pengaturan kontrak tambahan untuk distribusi non-eksklusif versi diterbitkan jurnal pekerjaan (misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online.
References
Bakker, A. B., & Demerouti, E. (2007). The Job Demands-Resources model: State of the art. Journal of Managerial Psychology, 22(3), 309–328. https://doi.org/10.1108/02683940710733115
Bakker, A. B., & Demerouti, E. (2016). Job demands-resources theory: Taking stock and looking forward. Journal of Occupational Health Psychology, 22(3), 273–285. https://doi.org/10.1037/ocp0000056
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Sellf-Determination in Human Behavior (1st Editio). Springer Science+Business Media. https://doi.org/10.1007/978-1-4899-2271-7
Eagle, D. E., Hybels, C. F., & Proeschold-Bell, R. J. (2019). Perceived social support, received social support, and depression among clergy. Journal of Social and Personal Relationships, 36(7), 2055–2073. https://doi.org/10.1177/0265407518776134
Eisenberger, R., Stinglhamber, F., Vandenberghe, C., Sucharski, I. L., & Rhoades, L. (2002). Perceived supervisor support: Contributions to perceived organizational support and employee retention. Journal of Applied Psychology, 87(3), 565–573. https://doi.org/10.1037/0021-9010.87.3.565
Heyns, M. M., McCallaghan, S., & de Wet, E. H. (2021). The role of supervisor support and basic psychological needs in predicting work engagement, burnout and turnover intentions in a medical contract research service setting. Research in Social and Administrative Pharmacy, 18(6), 2981–2988. https://doi.org/10.1016/j.sapharm.2021.07.009
Li, H., So, C., Chen, H., Wang, Y., & Sun, S. (2022). Examining the mechanisms linking responsible leadership and work engagement : the mediating roles of general distributive justice climate and perceived supervisor support. Current Psychology, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s12144-022-02855-z
Rhoades, L., & Eisenberger, R. (2002). Perceived organizational support: A review of the literature. Journal of Applied Psychology, 87(4), 698–714. https://doi.org/10.1037/0021-9010.87.4.698
Schaufeli, W. B., & Bakker, A. B. (2003). Utrecht work engagement scale Preliminary Manual Version 1.1. Occupational Health Psychology Unit Utrecht University, December, 1–60. https://doi.org/10.1037/t01350-000
Schaufeli, W. B., & Bakker, A. B. (2004). Job demands, job resources, and their relationship with burnout and engagement: a multi-sample study. Journal of Organizational Behavior, 25, 293–315. https://doi.org/10.1002/job.248
Schaufeli, W. B., Bakker, A. B., & Salanova, M. (2006). The measurement of work engagement with a short questionnaire: A cross-national study. Educational and Psychological Measurement, 66(4), 701–716. https://doi.org/10.1177/0013164405282471
Sonnentag, S., Eck, K., Fritz, C., & Kühnel, J. (2019). Morning Reattachment to Work and Work Engagement During the Day: A Look at Day-Level Mediators. Journal of Management, 46(8), 1408–1435. https://doi.org/10.1177/0149206319829823
Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2019). Psikologi Sosial (12th ed.). Kencana.
Wu, S., Zhou, S., Yu, X., Chen, W., Zheng, W., Huang, M., Zhang, H., Li, X., Fang, G., Zhao, X., & Zhang, K. (2020). Association Between Social Support and Job Satisfaction Among Mainland Chinese Ethnic Minority Kindergarten Teachers: The Mediation of Self-Efficacy and Work Engagement. Frontiers in Psychology, 11(November). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.581397
Zeijen, M. E. L., Petrou, P., & Bakker, A. B. (2020). The daily exchange of social support between coworkers: Implications for momentary work engagement. Journal of Occupational Health Psychology, 25(6), 439–449. https://doi