Studi Hubungan Antara Autonomy-Supportive Teaching Dan Motivasi Belajar Pelajar SMA Jakarta

Main Article Content

Natalie Ocberta
Monika

Abstract




Guru memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran siswa di sekolah. Selain menjadi pemberi pembelajaran, guru pun diharapkan dapat memberi motivasi kepada siswa dalam semangat mengikuti pembelajaran. Salah satu cara guru memotivasi siswa adalah dengan menerapkan metode autonomy supportive teaching yang dapat meningkatkan keterlibatan belajar siswa di kelas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan autonomy supportive teaching dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan 393 siswa SMA di Jakarta sebagai partisipan penelitian. Pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner secara luring di sekolah. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu alat ukur Learning Climate Questionnaire yang telah diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia oleh Salsabila (2018) untuk mengukur autonomy supportive teaching yang dirasakan melalui persepsi siswa dan Academic Motivation Scale yang telah diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia oleh Marvianto dan Widhiarso (2018) untuk mengukur motivasi belajar. Pengolahan data menggunakan metode korelasional untuk melihat hubungan antara variabel autonomy-supportive teaching dengan motivasi belajar siswa. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara autonomy supportive teaching dengan motivasi belajar siswa SMA (r = 0.397; p = 0.000 < .05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi autonomy-supportive teaching yang diterapkan oleh guru maka dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMA di Jakarta.




Article Details

How to Cite
Ocberta, N., & Monika. (2025). Studi Hubungan Antara Autonomy-Supportive Teaching Dan Motivasi Belajar Pelajar SMA Jakarta . Phronesis: Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 14(2). Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/phronesis/article/view/34496
Section
Articles

References

Aliviani, C., & Astuti, N. W. (2022). Hubungan autonomy-supportive teaching dengan prokrastinasi akademik pelajar SMA Jakarta yang menjalani pembelajaran jarak jauh. Jurnal Provitae, 15(2), 93– 115. https://doi.org/10.24912/provitae.v15i2.20897

Andriani, R., & Rasto, R. (2019, January 14). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar pelajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/14958/8522

Arianti, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar pelajar. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Azizah, Y., Febriani, A., Chaniago, S., & Setiawati, M. (2022). Peningkatan minat pelajar dalam mapel geografi dan peran guru terhadap motivasi belajar pelajar kelas XI SMAN 1 x Koto Singkarak. Jurnal Eduscience, 9(2), 505–514. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.3006

Codina, N., Castillo, I., Pestana, J. V., & Balaguer, I. (2020). Preventing procrastination behaviours: Teaching styles and competence in university students. Sustainability, 12(6), 2448. https://doi.org/10.3390/su12062448

Hanaris, F. (2023). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar pelajar: Strategi dan pendekatan yang efektif. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.9 Koca, F. (2016). Motivation to learn and teacher–student relationship. Journal of International Education

and Leadership, 6(2), 20.

https://www.academia.edu/34214770/Motivation_to_Learn_and_Teacher_Student_Relationship Kwarikunda, D., Schiefele, U., Muwonge, C.M. et al. (2022). Profiles of learners based on their cognitive and metacognitive learning strategy use: occurrence and relations with gender, intrinsic motivation, and perceived autonomy support. Humanit Soc Sci Commun 9, 337. https://doi.org/10.1057/s41599-022-

01322-1

Maulana, R., Opdenakker, M., & Bosker, R. (2016). Teachers’ instructional behaviors as important

predictors of academic motivation: Changes and links across the school year. Learning and Individual

Differences, 50, 147–156. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2016.07.019

Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87.

https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881

Oktaviani, K., & Dewi, D. (2021). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar

pelajar SMA x selama pembelajaran daring. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7), 70-80.

https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i7.41811

Papalia, E. D., Olds, S.W., Feldman, R.D. (2009). Human Development (eleventh edition). New York:

McGraw-Hill

Prihandini, F., & Savitri, J. (2021). Peran teacher support terhadap school engagement pada pelajar SMA

“X” Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 5(1), 27–42.

https://doi.org/10.28932/humanitas.v5i1.2780

Rahman, S. (2022, January 22). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Rahman |

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076/773

Randa, G. A., Tiatri, S., & Mularsih, H. (2019). Pentingnya peran guru terhadap keterlibatan pelajar SD X kelas 5 pada pelajaran bahasa mandarin di Jakarta Barat. Jurnal Muara Ilmu Sosial Humaniora Dan Seni, 3(2), 532. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i2.3601.2019

Reeve, J. (2016). Autonomy-supportive teaching: What it is, how to do it. In Springer eBooks (pp. 129– 152). https://doi.org/10.1007/978-981-287-630-0_7

Rohinsa, M., Cahyadi, S., Djunaidi, A., & Iskandar, Z. (2019). Peran teacher autonomy support terhadap engagement pelajar melalui pemenuhan kebutuhan psikologis dasar. Jurnal Psikologi, 15(2), 121. https://doi.org/10.24014/jp.v15i2.7423

Santrock, J.W. (2017b). Educational Psychology. McGraw-Hill Education

Skehan, P. (1991). Individual differences in second language learning. Studies in Second Language

Acquisition, 13(2), 275–298. https://doi.org/10.1017/s0272263100009979

Stefani, V., & Monika, M. (2022). Peran autonomy supportive teaching terhadap motivasi berprestasi

pelajar SMP di Jakarta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(2).

https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i2.19138.2022

Yang D, Chen P, Wang H, Wang K and Huang R (2022). Teachers’ autonomy support and student

engagement: A systematic literature review of longitudinal studies. Front. Psychol. 13:925955. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.925955

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.