Studi Komunikasi Ritual Teh Pai Pada Pernikahan Tionghoa Cina Benteng di Tangerang

Main Article Content

Putri Dewiyanto
Suzy S. Azeharie

Abstract

Cina Benteng merupakan komunitas terkenal karena dianggap masih melestarikan tradisi kebudayaan Tionghoa. Salah satu kebudayaanya adalah Teh Pai. Teh Pai diwariskan melalui proses komunikasi antar generasi. Dalam ritual Teh Pai terdapat proses komunikasi yang melibatkan perasaan terdalam antara pengantin dan orang yang lebih tua. Perasaan terdalam tersebut merupakan bagian dari komunikasi ritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi ritual Teh Pai pada pernikahan Tionghoa Cina Benteng di Tangerang. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi, komunikasi ritual dan budaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif fenomenologi secara deskriptif. Data yang dianalisis diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan lima narasumber. Kesimpulan dari penelitian ini adalah komunikasi ritual yang terdapat dalam Teh Pai pada pernikahan Tionghoa Cina Benteng di Tangerang disebut sebagai rites of passage atau ritus peralihan saat kedua mempelai menyuguhkan teh kepada orang yang lebih tua dan peralihan mempelai perempuan dari keluarga asal kemudian ia akan berpindah ke keluarga mempelai laki-laki serta bagian prosesi dari orang yang belum menikah kemudian akan menikah. Komunikasi ritual juga menunjukkan perilaku simbolik yaitu bakti anak kepada orang tua dan menyatakan perasaan terdalam orang tua yang memiliki pesan terakhir khusus kepada kedua mempelai.

Article Details

How to Cite
Dewiyanto, P., & Azeharie, S. S. (2019). Studi Komunikasi Ritual Teh Pai Pada Pernikahan Tionghoa Cina Benteng di Tangerang. Koneksi, 2(2), 524–531. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3932
Section
Articles
Author Biographies

Putri Dewiyanto, Univesitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Suzy S. Azeharie, Univesitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Azeharie, Suzy. (2015). Pola Komunikasi Antara Pedagang dan Pembeli di Desa Pare, Kampung Inggris Kediri. Jurnal Komunikasi. 7(2).

Halianto, Kurniawan. (2016). Chiou Thau Pernikahan Adat Cina Benteng. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D., & Jalaluddin Rakhmat. (2005). Komunikasi Antarbudaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2009). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sarwono, Sarlito Wirawan. (2016). Psikologi Lintas Budaya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

West, R., & Lynn H. Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi (Edisi ke-3). Jakarta: Salemba Humanika.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>