Kualitas produk, faktor lingkungan dan layanan purna jual sebagai prediktor kepuasan pelanggan pembeli hunian developer PT X

Main Article Content

Samuel Baresta Yapriliadi
Rezi Erdiansyah

Abstract

This study aims to determine the effect of product quality, environmental factors and after-sales service on customer satisfaction, especially on customers who have purchased housing developed by PT X. Using quantitative methods and a cross-sectional descriptive approach, data were collected from 300 respondents through an online questionnaire. The results of the analysis using Structural Equation Modeling (SEM) show that product quality, environmental factors and after-sales service have an effect on customer satisfaction. These results provide implications that it is important for companies to pay attention to product quality, environmental factors and after-sales service on customer satisfaction.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, faktor lingkungan dan layanan purna jual terhadap kepuasan pelanggan khususnya pada pelanggan yang telah membeli rumah yang dikembangkan oleh PT X. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan deskriptif cross-sectional, data dikumpulkan dari 300 responden melalui kuesioner online. Hasil analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) menunjukkan bahwa kualitas produk, faktor lingkungan dan layanan purna jual berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil tersebut memberikan implikasi bahwa penting bagi perusahaan untuk memperhatikan kualitas produk, faktor lingkungan dan layanan purna jual terhadap kepuasan pelanggan.

Article Details

How to Cite
Yapriliadi, S. B., & Erdiansyah, R. (2025). Kualitas produk, faktor lingkungan dan layanan purna jual sebagai prediktor kepuasan pelanggan pembeli hunian developer PT X. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(1), 130–139. https://doi.org/10.24912/jmbk.v9i1.33842
Section
Articles
Author Biographies

Samuel Baresta Yapriliadi, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Rezi Erdiansyah, Universitas Tarumanagara

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

References

Bailia, J. F., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan di Kota Manado. Jurnal Emba, Volume 2 Nomer 3, 1768-1780.

Bitner, M. J. (1992). Servicescape: The Impact Of Physical Surrounding On. Customer and Employees. Journal Of Marketing, 56 (2), 57-71.

Bulaeng, Putri Ayu Yoanna. 2020. Analysis of Product Quality and Service Purna

Sell on Customer Satisfaction With Purchase Decisions As Intervening Variables (Case study at PT Tirta Excelindo Pratama). Jurnal

Jurusan Manajemen, FE, Universitas Pandanaran Semarang.

Cannon, Perreault & Mc Carthy. (2008). Manajemen Pemasaran.

Jakarta: Salemba Empat.

Carysforth, C., & Neild, M. (2002). GSCE Double Award Applied Business for AQA. Chicago: Heinemann Educational.

Dewi, M. (2016). Pengaruh Produk, Harga dan Layanan Purna Jual terhadap Keputusan Pembelian Smartphone di Toko Langsa Ponsel. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol 5, No 1.

Dianah, N., & Welsa, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Serta DampaknyaPada Kepuasan Konsumen (Studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa). Jurnal Manajemen, 7(1), 16–26.

Fandy, Tjiptono. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi. Fischer,.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.25.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gie, T. L. (2000). Administrasi Perkantoran Modern. Liberty. Yogyakarta.

Kotler, P. and Kevin LaneKeller. (2019). Perilaku Konsumen (Sikapdan Pemasaran).Terjemahan: Firmansyah, M. A. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara. Media.

Kotler, Philip and Armstrong, G. (2011). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, (2016). Marketing Managemen, 15th Edition. Pearson Education,Inc.

Lovelock, C., Wirtz., & Jacky, M. 2010. Pemasaran Jasa Perspektif Indonesia Jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Moekijat. (1995). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. CV. Mandar Maju. Bandung.

Marta & Budi. (2019). Lingkungan Kerja, Mungkinkah Tidak Berpengaruh Terhadap Kepuasan Kerja? Jurnal Manajerial. Volume 18, Nomor 1.

Noeryakin & Eriza. (2022). Pengaruh Purnajual dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen Indihome Pt. Telkom Indonesia Medan (Studi pada Masyarakat Kota Medan). Journal of Economic and Management. Vol1, No.3.

Naufal, M. (2021). Pengaruh Personal Dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Pelanggan Café Waroeng Steak And Shake . Jurnal Brainy, Vol. 2, No. 2.

Purwati, Astri Ayu, et al. (2020). Product Quality and After-Sales Service in Improving Customer Satisfaction and Loyalty. Jurnal Economia, Vol. 16, No. 2.

Piyush, Bath & Pitroda. (2016). Study of Factors Affecting Customer Satisfaction for Residential Flats in Surat and Ahmedabad city in Gujarat Region of India. International Research Journal of Engineering and Technology. Vol 3, No 3.

Sihombing, U. (2004). Pengaruh Keterlibatan Dalam Pengambilan Keputusan,Penilaian pada Lingkungan Kerja dan Motivasi Berprestasi TerhadapKepuasan Kerja Pamong Praja. http://www.dupdiknas.go.ig.

Tutur & Azmy .(2019). The Study Of Home-Buyers’ Satisfaction Towards Purchasing Houses In Residential Areas. Journal Of Govenance And Integrity. Vol 5, No. 2.Tjiptono, Fandy & AnastasiaDiana. (2019). Kepuasan Pelanggan. Yogyakarta: Andioffset.

Yulianti, Ari. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan After Sales Service Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen PT. Frismed Hoslab Indonesia.Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 1. No. 7.

Similar Articles

<< < 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.