Analisis strategi pemasaran menggunakan matriks SWOT, matriks IFE, matriks EFE, dan matriks IE (Studi kasus pada bisnis Banjjagim.id)

Main Article Content

Misyaida Ayunda Putri
Agus Rahayu
Puspo Dewi Dirgantari

Abstract

To achieve the expected profit, a business must determine the strategy to be implemented. By setting the right strategy, the company will have an impact on business progress. To determine an appropriate strategy for a business, the strategy must be adapted to environmental conditions both internally and externally. By analyzing the business environment, it is hoped that the strategy implemented will have a positive impact on the business in overcoming competition. This study aims to determine the internal business conditions based on the IFE matrix analysis of the Banjagim.id business, to determine the external business conditions based on the EFE matrix analysis on the Banjagim.id business, and to find out what strategies should be applied by the Banjjagim.id business to overcome the problems that arise. experienced. The research method used in this study is qualitative research with primary data types based on observation techniques on the Banjjagim.id business as well as secondary data which refers to gathering information through various sources. The results of the study show that from the analysis of the IFE, EFE, IE, and SWOT Matrix, the strategy that Banjjagim.id can implement is market penetration and product development.


Untuk mencapai keuntungan yang diharapkan, maka sebuah bisnis harus menentukan strategi yang akan diterapkan. Dengan menetapkan strategi yang tepat, maka perusahaan akan berdampak pada kemajuan bisnis. Untuk menentukan sebuah strategi yang tepat bagi sebuah bisnis, maka strategi harus disesuaikan dengan keadaan lingkungan baik secara internal maupun eksternal. Dengan menganalisis lingkungan bisnis, diharapkan strategi yang diterapkan dapat memberikan dampak positif terhadap bisnis dalam mengatasi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi internal bisnis berdasarkan analisis matriks IFE pada bisnis Banjjagim.id, untuk mengetahui kondisi eksternal bisnis berdasarkan analisis matriks EFE pada bisnis Banjjagim.id, serta untuk mengetahui strategi apa yang harus diterapkan oleh bisnis Banjjagim.id untuk mengatasi permasalahan yang dialami. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis data primer berdasarkan teknik observasi pada bisnis Banjjagim.id serta data sekunder yang mengacu pada pengumpulan informasi melalui berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis Matriks IFE, EFE, IE, dan SWOT strategi yang dapat diterapkan oleh Banjjagim.id adalah dengan melakukan penetrasi pasar dan pengembangan produk.

Article Details

How to Cite
Putri, M. A., Rahayu, A., & Dirgantari, P. D. (2023). Analisis strategi pemasaran menggunakan matriks SWOT, matriks IFE, matriks EFE, dan matriks IE (Studi kasus pada bisnis Banjjagim.id). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(1), 224–234. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i1.20703
Section
Articles
Author Biographies

Misyaida Ayunda Putri, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Bisnis

Agus Rahayu, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Bisnis

Puspo Dewi Dirgantari, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Bisnis

References

Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran (Studi kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70. https://doi.org/10.21831/jim.v17i2.34175

Ben-Abdallah, R., Shamout, M. D., & Alshurideh, M. (2022). Business development strategy model using EFE, IFE and IE analysis in a high-tech company: An empirical study. Academy of Strategic Management Journal, 21(2S), 1–9. https://www.abacademies.org/articles/business-development-strategy-model-using-efe-ife-and-ie-analysis-in-a-hightech-company-an-empirical-study-13481.html

David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic management: Concepts and cases - A competitive advantage approach (16th ed.). Pearson Education.

Gürel, E., & Tat, M. (2017). SWOT analysis: A theoretical review. Journal of International Social Research, 10(51), 994–1006. https://doi.org/10.17719/jisr.2017.1832

Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, H., & Sunarsi, D. (2022). Strategi pemasaran: Konsep, teori dan implementasi. Pascal Books.

Hashim, M. K., Wafa, S. A., & Sulaiman, M. (2001). Determining the moderating effect of environment on the business strategy-performance relationship in Malaysian SMEs. Jurnal Bisnis Strategi, 8(6), 1–16. https://doi.org/10.14710/jbs.8.6.1-16

JP Staff. (2022, May 13). Fashion rewind: Beaded accessories get another chance to shine. TheJakartaPost. https://www.thejakartapost.com/culture/2022/05/12/fashion-rewind-beaded-accessories-get-another-chance-to-shine.html

Kartawinata, B. R., & Wardhana, A. (2015). Marketing strategies and their impact on marketing performance of Indonesia ship classification society. International Journal of Science and Research (IJSR), 4(2), 69–74. https://www.ijsr.net/archive/v4i2/SUB151008.pdf

Kompas.com. (2022, March 12). 6 tren perhiasan tahun 2022, salah satunya aksesori yang berkelanjutan. Parapuan.Co. https://www.kompas.com/parapuan/read/533182351/6-tren-perhiasan-tahun-2022-salah-satunya-aksesori-yang-berkelanjutan

Kotler, P. (1997). Marketing management: Analysis, planning, implementation, and control (9th ed.). Prentice-Hall.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani (eds.); B. Sabran (trans.); 12th ed.). Erlangga.

Luntungan, W. G. A., & Tawas, H. N. (2019). Strategi pemasaran Bambuden Boulevard Manado: Analisis SWOT. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(4), 5495–5504. https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26328

Morgan, N. A., Whitler, K. A., Feng, H., & Chari, S. (2019). Research in marketing strategy. Journal of the Academy of Marketing Science, 47(1), 4–29. https://doi.org/10.1007/s11747-018-0598-1

Nedelea, Ş., & Păun, L. A. (2009). The importance of the strategic management process in the knowledge-based economy. Review of International Comparative Management, 10(1), 95–105. https://www.rmci.ase.ro/no10vol1/Vol10_No1_Article8.pdf

Nowakowska-Grunt, J. (2009). Strategy of distribution in food industry companies. Annales Universitatis Apulensis Series Oeconomica, 2(11), 875–880. https://doi.org/10.29302/oeconomica.2009.11.2.30

Purwanto, E. (2020). Pengantar bisnis: Era revolusi industri 4.0. Sasanti Institute.

Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. (2016). Marketing strategy analysis using SWOT matrix and QSPM (Case study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.6

Zahra, A. F. A., Wahyudin, & Nugraha, B. (2021). The implementation of the strategy of marketing management through a SWOT analysis with the matrix of IFE, EFE and IE. Jurnal Serambi Engineering, 6(2), 1721–1729. https://doi.org/10.32672/jse.v6i2.2867

Zulfa, J. F., & Rachmawati, I. (2021). The analysis of SWOT dan IE matrix toward marketing strategy PT Bumi Mulia Seed. e-Proceeding of Management, 8(5), 5549–5557. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16057