Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus: PT XYZ)

Main Article Content

Muhammad Ihsan
Nurahma Tresani

Abstract

The purpose of this study is to determine the marketing strategy of PT XYZ to increase sales. The method used in this research is descriptive using primary and secondary data which are processed based on the results of interviews with the management of PT XYZ. This research uses internal environmental analysis including Segmentation, Target and Position (STP), Marketing Function, Financial Function, Human Resource Function, Operational Function and Marketing Mix (7P), industrial environment analysis (Porter's 5 Strengths), and external environment (PESTEL). From the analysis of the company environment, it is clarified using the IE Matrix and the SWOT analysis resulting in 4 sets of alternative strategies in the SWOT Matrix. Based on data from the company's internal and external environmental factors, the IFE Matrix is 2.96 and the EFE Matrix is 3.06, then the IE Matrix is in quadrant II, where the strategic position of PT XYZ is in a position of growth and development which describes the condition of the company is growing and developing. The result of PT XYZ's SWOT quadrant is in quadrant I, where the strategy commonly used is to support aggressive growth policies.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran perusahaan PT XYZ dalam upaya meningkatkan penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif menggunakan data primer dan sekunder yang diolah berdasarkan hasil dari wawancara dengan manajemen PT XYZ. Penelitian ini menggunakan analisis lingkungan internal meliputi Segmentasi, Target dan Posisi (STP), Fungsi Pemasaran, Fungsi Keuangan, Fungsi Sumber Daya Manusia, Fungsi Operasional, dan Bauran Pemasaran (7P), analisis lingkungan industri (5 Kekuatan Porter’s) dan lingkungan eksternal (PESTEL). Dari analisis lingkungan perusahaan, diperjelas dengan menggunakan Matriks IE dan analisis SWOT menghasilkan 4 set strategi alternatif pada Matriks SWOT. Berdasarkan data dari faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan, didapatkan Matriks IFE adalah 2.96 dan Matriks EFE adalah 3.06, maka Matriks IE berada di kuadran II, dimana posisi strategis PT XYZ berada pada posisi pertumbuhan dan pembangunan yang menggambarkan kondisi perusahaan sedang bertumbuh dan berkembang. Hasil kuadran SWOT PT XYZ berada di kuadran I, dimana strategi yang biasa digunakan adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif.

Article Details

How to Cite
Ihsan, M., & Tresani, N. (2021). Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus: PT XYZ). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(6), 633–636. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i6.15167
Section
Articles
Author Biographies

Muhammad Ihsan, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana

Nurahma Tresani, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana

References

Amirullah. (2015). Manajemen strategi teori-konsep-kinerja (1st ed.). Mitra Wacana Media.

David, F. R. (2009). Manajemen strategis konsep (Buku 1). Salemba Empat.

David, F. R. (2012). Manajemen strategis konsep. Salemba Empat.

Hunger, J. D., & Wheelen, T. L. (2001). Manajemen strategis. Andi.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran (12th ed.). PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (14th ed.). Pearson Education, Inc.

Pearce, & Robinson. (2007). Manajemen Strategi. Salemba Empat.

Porter, M. E. (2000). Strategi bersaing. Erlangga.

Wibowo, L. A., & Priansa, D. J. (2017). Manajemen komunikasi dan pemasaran. Alfabeta CV.