Pengelolaan Keuangan dan Strategi Promosi pada UMKM Peci Batik Jogokariyan Yogyakarta

Main Article Content

Agus Dwi Cahya
Abdul Aziz Suryadi
Sherfina Tabatini Evany

Abstract

This research deals with financial management and promotion strategies in UMKM. Here the researchers chose the “Peci Batik Jogokariyan” UMKM. The purpose of this research is to find out how the management is carried out by the UMKM “Peci Batik Jogokariyan” and how the promotion strategies are carried out. Good UMKM is UMKM that carry out good and correct financial management and UMKM that have efficient promotional strategies. Financial management and promotional strategies are essential for increasing UMKM sales and the future development of UMKM. However, some UMKM has not carried out good and correct financial management and there are still many UMKM that do not have an efficient promotion strategy so that it becomes an obstacle for the development of these UMKM. However, in this study, the researchers obtained the results of the interview that UMKM “Peci Batik Jogokariyan” already has good and correct financial reports and has carried out an efficient promotion strategy so that they can continue to develop for UMKM. The data technique uses documentation, interviews, and observations and this type of research is descriptive exploratory.

 

Penelitian ini berkaitan dengan pengelolaan keuangan dan strategi promosi dalam UMKM. Di sini peneliti memilih UMKM “Peci Batik Jogokariyan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan yang dilakukan oleh UMKM “Peci Batik Jogokariyan” dan bagaimana strategi promosi yang dilakukan. UMKM yang baik adalah UMKM yang melakukan pengelolaan keuangan yang baik dan benar serta UMKM yang memiliki strategi promosi yang efisien. Pengelolaan keuangan dan strategi promosi merupakan hal yang penting bagi peningkatan penjualan UMKM serta perkembangan UMKM kedepannya. Namun beberapa UMKM belum melakukan pengelolaan keuangan yang baik dan benar serta masih banyak UMKM yang belum memiliki strategi promosi yang efisien sehingga itu menjadi kendala bagi perkembangan UMKM tersebut. Namun dalam penelitian ini, peneliti mendapatkan hasil wawancara bahwa UMKM Peci Batik Jogokariyan telah memiliki laporan keuangan yang baik dan benar serta telah melakukan strategi promosi yang efisien sehingga bisa terus melakukan perkembangan bagi UMKM. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan dokumentasi, wawancara, dan observasi jenis penelitian ini eksploratif deskriptif. 

Article Details

How to Cite
Cahya, A. D., Suryadi, A. A., & Evany, S. T. (2022). Pengelolaan Keuangan dan Strategi Promosi pada UMKM Peci Batik Jogokariyan Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(1), 101–106. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i1.11391
Section
Articles
Author Biographies

Agus Dwi Cahya, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Program Studi Manajemen

Abdul Aziz Suryadi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Program Studi Manajemen

Sherfina Tabatini Evany, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Program Studi Manajemen

References

Anggraeni, B. D. (2016). Pengaruh tingkat literasi keuangan pemilik usaha terhadap pengelolaan keuangan. Studi kasus: UMKM Depok. Jurnal Vokasi Indonesia, 3(1), 22–30. https://doi.org/10.7454/jvi.v3i1.23

Arifen, S. R., Purwanty, V. D., Suci, D. A., Agustiawan, R. H., & Sudrajat, A. R. (2019). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 1–7. http://180.250.247.102/conference/index.php/knia/article/viewFile/112/pdf

Azizah, N., Mahendra, D., & Lofian, B. (2019). Pemanfaatan e-commerce untuk peningkatan strategi promosi dan penjualan UMKM tas di Kabupaten Kudus. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 96–99. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3555

Erawan, W., & Hamdani, N. A. (2017). The adoption knowledge management in small and medium-sized enterprises to face ASEAN Ecconomic Community (AEC) on competitive environment. In Sekretariat ASEAN. http://setnas-asean.id/site/uploads/document/journals/file/59b0ed8f8c0bd-9-cluster-ekonomi-univ-garut.pdf

Falih, M. S. H. Al, Rizqi, R. M., & Ananda, N. A. (2019). Pengelolaan keuangan dan pengembangan usaha pada usaha mikro kecil menengah (Studi kasus pada UMKM Madu Hutan Lestari Sumbawa). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.37673/jmb.v2i1.302

Kotler, P. (2005). Manajemen pemasaran. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Mandasari, D. J., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi pemasaran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123–128. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432

Mulyani, S. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan pada UMKM di Kabupaten Kudus. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 11(2), 137–150. https://doi.org/10.34001/jdeb.v11i2.207

Ningtyas, J. D. A. (2017). Penyusunan laporan keuangan UMKM berdasarkan standar akuntansi keuangan entitas mikro, kecil dan menengah (SAK-EMKM) (Study kasus di UMKM Bintang Malam Pekalongan). Riset & Jurnal Akuntansi, 2(1), 11–17. https://owner.polgan.ac.id/index.php/owner/article/view/28/12

Pamungkas, B. A. (2017). Pengaruh promosi di media sosial dan word of mouth terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi, 10(2), 145–159. https://doi.org/10.21107/ilkom.v10i2.2518

Permana, S. D. H., & Cendana, M. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai strategi promosi bagi kelangsungan UMKM. Journal Community Development and Society, 1, 1–10. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/1649/810

Puspitaningtyas, Z. (2017). Pembudayaan pengelolaan keuangan berbasis akuntansi bagi pelaku usaha kecil menengah. Jurnal Akuntansi, 21(3), 361–372. https://doi.org/10.24912/ja.v21i3.242

Saputra, K. A. K., Ekajayanti, L. G. P. S., & Anggiriawan, P. B. (2018). Kompetensi sumber daya manusia dan sikap love of money dalam pengelolaan keuangan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 135–146. https://doi.org/10.22219/jrak.v8i2.33

Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM. Strategi Komunikasi Pemasaran, 1(1), 343–347. http://ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id/index.php/PRO/article/view/263/229

Suindari, N. M., & Juniariani, N. M. R. (2020). Pengelolaan keuangan, kompetensi sumber daya manusia dan strategi pemasaran dalam mengukur kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM). KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 148–154. https://doi.org/10.22225/kr.11.2.1423.148-154

Tabroni, & Komarudin, M. (2021). Strategi promosi produk melalui digital marketing bagi UMKM terdampak pandemi Covid’19 berdasarkan keputusan konsumen. Jurnal Riset Entrepreneurship, 4(1), 49–57. https://doi.org/10.30587/jre.v4i1.2217

Warnadi, & Triyono, A. (2019). Manajemen pemasaran (I. Astarina (ed.)). CV Budi Utama.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1172/1462