Pelaku UMKM Muslim Madura dalam Menghadapi Era Bisnis Digital: Analisis Peluang dan Ancaman

Main Article Content

Mohammad Hamim Sultoni
Ah Shibghatullah Mujaddidi
Ira Hasti Priyadi

Abstract

The era of industry 4.0 increases the use of digital platforms to improve business performance, covering marketing, operational, and financial management needs. SMEs as part of business actors are required to be able to adapt to the digital business era. This study aimed to analyze the SMEs in Madura in facing the changes from the traditional to the digital business era and to explore the perspectives of the opportunities and threats they face. A total of 10 MSME actors from various fields who are indigenous Madurese became interviewees in this study. The results showed that 74% of the sample had made adjustments and implemented digital platforms for their business development. 

 

Era industry 4.0 membuat penggunakan platform digital dalam meningkatkan performa bisnis menjadi pesat, baik itu untuk kebutuhan pemasaran, operasional hingga pengelolaan keuangan. UMKM sebagai bagian dari pelaku usaha dituntut untuk mampu beradaptasi menghadapi era bisnis digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa para UMKM Madura dalam menghadapi perubahan era bisnis tradisional kearah digital serta menggali perspektif peluang dan ancaman yang mereka hadapi. Sebanyak 10 pelaku UMKM dari berbagai bidang yang merupakan masyarakat asli Madura menjadi narasumber wawancara dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 74% sampel telah melakukan penyesuaian dan menggunakan platform digital untuk pengembangan bisnis mereka. 

Article Details

How to Cite
Sultoni, M. H., Mujaddidi, A. S., & Priyadi, I. H. (2021). Pelaku UMKM Muslim Madura dalam Menghadapi Era Bisnis Digital: Analisis Peluang dan Ancaman. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(3), 325–329. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i3.10018
Section
Articles
Author Biographies

Mohammad Hamim Sultoni, IAIN Madura

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ah Shibghatullah Mujaddidi, IAIN Madura

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ira Hasti Priyadi, IAIN Madura

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis industri kreatif di kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, 10(10), 120–142.

Bungin, B. (2011). Penelitian kualitatif: Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. In Kencana.

Chowdhury, M. M. (2015). Small and Medium Enterprise in Bangladesh-Prospects and Small and Medium Enterprise in Bangladesh Prospects and Challenges. January.

Devi, C., Rusma, M., Mikro, U., & Lambalek, A. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), 2(1), 63–73.

Hartono, H., & Hartomo, D. D. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan UMKM di Surakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 14(1), 15. https://doi.org/10.20961/jbm.v14i1.2678

Kasidi. (2020). Tantangan Kewirausahaan di Era Ekonomi Digital. 1(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/ekonomi.vlil.kode artikel

Maryati, W., Masriani, I., Studi, P., Bisnis, A., Manajemen, P. S., & Jambi, U. (2019). Peluang Bisnis di Era Digital Bagi Generasi Muda dalam Berwirausaha. 4, 53–58.

Nugraha, A. E. P., & Murniawaty, I. (2018). Sharia digital business: Strategi dan pengembangan bisnis berkelanjutan. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 6(2), 241. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v6i2.3623

Paul, P. K., Bhuimali, A., Tiwary, K., Aithal, P. S., & Rajesh, R. (2018). Digital business towards an academic and professional degree: An international perspective. International Journal on Recent Researches in Science, Engineering & Technology (IJRRSET), 6(5), 1–10. https://doi.org/10.5281/zenodo.1292852

Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing dalam kancah pasar global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65

Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, R., Ramdani, H., Hendriyanto, A., & Ilma, L. L. (2017). Strategi pengembangan UKM digital dalam menghadapi era pasar bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136. https://doi.org/10.25124/jmi.v16i2.319

Sousa, M. J., & Rocha, Á. (2019). Skills for disruptive digital business. Journal of Business Research, 94(August 2017), 257–263. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.12.051

Sudayanto, Ragimun, & Rahma, R. (2011). Strategi pemberdayaan UMKM menghadapi pasar bebas ASEAN. Universitas Negeri Jember, 1(1). http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/12249/6227

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suprayitno, D. K. (2018). Pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Sidoarjo. Program Studi Ilmu Administrasi Negara, FISIP, Universitas Airlangga, 1–13.

Yamani, A. Z., Muhammad, A. W., & Faiz, M. N. (2019). penguatan ekonomi lokal pada pelaku UMKM berbasis digital di Desa Winduaji Kabupaten Brebes. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 1(1), 24–28. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.29