PENGUATAN POLA PIKIR KEWIRAUSAHAAN MELALUI PROYEK KREATIVITAS DI SEKOLAH MENENGAH
Main Article Content
Abstract
Sekolah memiliki peran strategis dalam menanamkan pemahaman kewirausahaan sejak dini sebagai bekal siswa menghadapi tantangan masa depan. Kurikulum Merdeka melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) mendorong terbentuknya karakter kreatif, inovatif, mandiri, dan bertanggung jawab melalui integrasi pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran. Pendidikan kewirausahaan membekali siswa pengetahuan dan pola pikir kewirausahaan yang adaptif. Kegiatan pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di SMP Tarakanita 2 dalam bentuk program dosen mengajar di sekolah yang bertujuan menumbuhkan pola pikir kewirausahaan pada siswa sejalan dengan penerapan P5. Kegiatan dilaksanakan pada awal semester genap dengan metode pelaksanaan yang terdiri dari pemaparan materi kewirausahaan melalui media presentasi dan video edukatif, serta sesi workshop kreativitas berbasis praktik langsung dengan menciptakan produk kreatif menggunakan bahan dasar kardus bekas. Peserta merupakan siswa kelas VIII dan IX yang terdiri dari 240 siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa mampu menghasilkan berbagai produk kreatif. Hal ini menunjukkan bahwa siswa SMP Tarakanita 2 mampu berpikir adaptif, kreatif dan solutif meskipun dengan sumber daya terbatas. Kegiatan ini bertujuan sebagai langkah awal dalam menanamkan pola pikir kewirausahaan yang mendukung budaya inovatif di lingkungan sekolah dan kehidupan sehari-hari.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
References
Adha, E., & Permatasari, C. L. (2021). Peran pendidikan kewirausahaan dalam menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa. Journal of Economic Education, 15, 60–71. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.21158
Daspit, J. J., Fox, C. J., & Findley, S. K. (2023). Entrepreneurial mindset: An integrated definition, a review of current insights, and directions for future research. Journal of Small Business Management, 61(1), 12-44. https://doi.org/10.1080/00472778.2021.1907583
Dewi, N. P., Ramadhan, F., Mursal, M., Fawwaz, L. K., & Liana, L. (2024). Meningkatkan kreativitas dan kewirausahaan anak sejak dini di Istana Panti Asuhan Al-Jufri Batam. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(1), 212-230. https://doi.org/10.46306/jabb.v5i1.886
Hendrato, M. L. (2018). Implementasi pendidikan kewirausahaan di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 7(6), 655-663. https://journal.student.uny.ac.id/sakp/article/view/13163
Ilmiah, N., & Marzuki, I. (2023). Analisis projek penguatan profil pelajar pancasila dalam meningkatkan jiwa wirausahawan pada peserta didik fase B UPT SD Negeri 40 Gresik. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 20(3), 683-693. http://eprints.umg.ac.id/9167/
Maulana, H., Puteri, D. H. S., Pertiwi, J. J. S., Salim, M. N., Azka, S. L., & Oktaviani, A. W. (2023). Menanamkan jiwa entrepreneurship sejak dini kepada murid sekolah dasar melalui program belajar mengajar mengenai jual beli dan promosi. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 89-99. https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v1i2.221
Mozahem, N. A., & Adlouni, R. O. (2021). Using entrepreneurial self-efficacy as an indirect measure of entrepreneurial education. The International Journal of Management Education, 19(1), 100385. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100385
Ndeot, F. (2018). Menanamkan jiwa kewirausahaan sejak usia dini di era MEA. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.31851/pernik.v1i01.2621
Rahmani, R. A., Huda, C., Patonah, S., & Paryuni, P. (2023). Analisis proyek penguatan profil pelajar pancasila pada tema kewirausahaan. JS (Jurnal Sekolah), 7(3), 429–437. https://doi.org/10.24114/js.v7i3.45272
Septiana, M. (2023, December 5). Kewirausahaan sebagai bekal siswa menjawab tantangan global. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/artikel/2023/12/05/kewirausahaan-sebagai-bekal-siswa-menjawab-tantangan-global
Soelaiman, L., Larasati, A. D., & Sari, V. R. (2024). Eksplorasi kreativitas dan jiwa entrepreneurial melalui workshop seni tie dye. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 7(1), 103-109. https://doi.org/10.24912/jbmi.v7i1.26497
Soelaiman, L., Leviani, M., Salim, D. H., & Adlouni, M. (2024). Kewirausahaan sebagai bekal siswa menjawab tantangan global. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 7(2), 347-352. https://journal.untar.ac.id/index.php/baktimas/article/view/30523
Wandana, J., & Soelaiman, L. (2024). Bridging entrepreneurship education and entrepreneurial alertness: The mediating role of entrepreneurial mindset. International Journal of Management and Economic Invention, 10(9), 3532-3539. https://doi.org/10.47191/ijmei/v10i9.04
Wardana, L. W., Narmaditya, B. S., Wibowo, A., Mahendra, A. M., Wibowo, N. A., Harwida, G., & Rohman, A. N. (2020). The impact of entrepreneurship education and students’ entrepreneurial mindset: The mediating role of attitude and self-efficacy. Heliyon, 6(9), e04922. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04922