IMPLEMENTASI BUSINESS MODEL CANVAS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA KRIYA
Main Article Content
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional, namun masih menghadapi berbagai kendala, terutama dalam menyusun strategi bisnis yang efektif dan berkelanjutan. Kondisi tersebut menegaskan perlunya intervensi dari perguruan tinggi melalui kegiatan pendampingan dan pelatihan agar UMKM memiliki daya saing yang lebih kuat. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas UMKM melalui penerapan Business Model Canvas (BMC) sebagai kerangka strategi bisnis yang sederhana namun komprehensif. Mitra PKM adalah kelompok anak muda yang mengembangkan usaha kriya berupa kerajinan tangan rajutan, seperti bunga, gantungan kunci, dan produk hias lainnya. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui tahapan persiapan, pelatihan teori, praktik penyusunan BMC, hingga evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mitra mampu mengidentifikasi sembilan blok utama dalam BMC yang relevan dengan kondisi usaha mereka, meliputi segmen pelanggan, proposisi nilai, saluran distribusi, hubungan pelanggan, arus pendapatan, sumber daya utama, aktivitas kunci, kemitraan utama, dan struktur biaya. Pendampingan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman mitra tentang pentingnya model bisnis yang terstruktur, tetapi juga mendorong kemampuan mereka dalam mengidentifikasi peluang baru, memperbaiki kelemahan, dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Kegiatan PKM ini menguatkan argumen bahwa BMC merupakan instrumen yang sederhana namun komprehensif untuk membantu pelaku usaha memahami, memetakan, dan mengembangkan model bisnis sehingga dapat meningkatkan daya saing produk kerajinan tangan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
References
Alam, S. R. N., & Triono, S. P. H. (2023). Perancangan model bisnis menggunakan business model canvas (studi pada UMKM boss talasik). Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(2), 1239-1249. https://doi.org/10.31539/jomb.v5i2.6355
Augtiah, I., Ariyadi, M. Y., & Bintang, R. A. K. (2023). Implementation of the Business Model Canvas Strategy for MSMEs in Karanganyar Regency. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi, 7(4), 1285-1295. https://doi.org/10.35870/emt.v7i4.1625
Bazkiaei, H. A., Khan, N. U., Irshad, A. U. R., & Ahmed, A. (2021). Pathways toward entrepreneurial intention among Malaysian universities’ students. Business Process Management Journal, 27(4), 1009-1032. https://doi.org/10.1108/BPMJ-01-2021-0021
Ermaya, K., & Darna, N. (2019). Strategi pengembangan bisnis dengan pendekatan Business Model Canvas (studi kasus: industri kecil kerupuk). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(3), 201-218. https://jurnal.unigal.ac.id/bmej/article/view/2581
Hartatik, H., & Baroto, T. (2017). Strategi pengembangan bisnis dengan metode business model canvas. Jurnal Teknik Industri, 18(2), 113–120. https://doi.org/10.22219/JTIUMM.Vol18.No2.113-120
Hierdawati, T. (2022). Analisis penyerapan tenaga kerja UMKM di Provinsi Jambi. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 1(2), 14–28. https://doi.org/10.55606/jurrie.v1i2.173
Humaidi, H., Utomo, S., Juraiha, I., Norwidyanti, R. R., & Rizqi, W. (2022). Application of the Lampit MSME Canvas Model in Wetland Areas, North Hulu Sungai Regency. Asian Journal of Management, Entrepreneurship and Social Science, 2(4), 436–451. Retrieved from https://repo-dosen.ulm.ac.id/handle/123456789/27775
Jamaludin, Rahman, A. S., & Thamrin. (2024). Implementasi business model canvas bmc dalam pengembangan usaha pelaku UMKM perumahan pamulang estate kota Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(1), 72-78. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/39227
Karunia, A. M. & Setiawan, S. R. D. (2020, Agustus 10). Mengapa UMKM tak terdampak krisis 1998? ini penjelasannya. Money.kompas.com. Diakses dari: https://money.kompas.com/read/2020/08/10/175110326/mengapa-umkm-tak-terdampak- krisis-1998-ini-penjelasannya
Naim, S. (2023). The relationship between corporate social responsibility and employee satisfaction with the business performance of beverage companies in West Java. West Science Interdisciplinary Studies, 1(05), 201-210. https://doi.org/10.58812/wsis.v1i05.74
Osterwalder, A. & Pigneur, Y. (2015). Business model generation. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.
Pangesti, R. (2022, Februari 8). Arti UMKM dan contohnya, penyokong ekonomi saat krismon 1998. Diakses dari: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5933215/arti-umkm-dan- contohnya-penyokong-ekonomi-saat-krismon-1998
Rifani, A., & Sadikin, A. (2020). Financial technology, financial literacy and wetlands community resilience in Banjarmasin (phenomenological study on traditional jukung craftsmen of South Kalimantan). PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(4), 404–
411. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/305/298
Sadikin, A., Naim, S., Asmara, M. A., Hierdawati, T., & Boari, Y. (2023). Innovative strategies for MSME business growth with the business model canvas approach. Enrichment: Journal of Management, 13(2), 1478-1484. https://doi.org/10.35335/enrichment.v13i2.1421
Sadikin, A., Yodiansyah, H., Budiasih, Y., Sugiarti, S., & Kusnadi, I. H. (2023). Adaptive human resource management in confrontation of globalization’s challenges. Jurnal Ekonomi, 12(02), 1761–1767. https://doi.org/10.54209/ekonomi.v12i02.2096
Sawitri, D., & Suswati, E. (2019). Strategy for diversifying typical snacks of Trenggalek products to increase competitiveness in the era of SDGs by using Business Model Canvas. In Proceedings of the 2019 International Conference on Organizational Innovation (ICOI 2019) (pp. 305–312). https://doi.org/10.2991/icoi-19.2019.52
Soelaiman, L., & Liusca, C. (2022). Penyusunan rencana bisnis sebagai langkah pengembangan usaha coffee shop. Madani: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 45-55. http://dx.doi.org/10.53834/mdn.v8i2.4883
Sudarwati, N., & Naim, S. (2022). The urgency of education in economic development and human resources: A theoretical perspective. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 6(2), 169–186. https://doi.org/10.29240/jsmp.v6i2.4667
Sukarno, B. R., & Ahsan, M. (2021). Implementasi strategi pengembangan bisnis dengan business model canvas. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 4(2), 51-61. https://doi.org/10.15642/manova.v4i2.456
Susanti, D. A., Fithri, D. L., Gunawan, B., Budiman, N. A., Mulyani, S., & Nugraha, F. (2024). The influence of business model canvas on financial performance of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs). Journal of Ecohumanism, 3(6), 932-945. https://doi.org/10.62754/joe.v3i6.4062
Suwandi, Fariza, M., Turini, Hajijah, S. N., Pranata, S., Septian, W. E., Fakhrudin, M. U., & Akbari, S. (2025). Peningkatan kapasitas manajemen UMKM melalui pelatihan business model canvas. Jurnal abdimas kamali, 1(2), 62-72.
https://www.ejournal.poltekbaubau.ac.id/index.php/kamali/article/view/1012
Tricahyono, D., Alamanda, D. T., Anggadwita, G., Prabowo, F. S., & Yuldinawati, L. (2018). The role of business incubator on cultivating innovation on startups: The case study of Bandung techno park (BTP) Indonesia. International Journal of Engineering and Technology (UAE), 7(2), 226-235. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.29.13322
Wijaya, B. K., Sudipa, I. G. I., Waas, D. V., & Santika, P. P. (2022). Selection of online sales platforms for MSMEs using the OCRA Method with ROC Weighting. Journal of Intelligent Decision Support System (IDSS), 5(4), 146–152. https://doi.org/10.35335/idss.v5i4
Zulkarnain, Z., Saputra, M. G., & Silvia, D. (2020). Strategi pengembangan bisnis melalui pendekatan business model canvas pada PT Pitu Kreatif Berkah. Journal Industrial Servicess, 6(1), 55–61. https://doi.org/10.36055/jiss.v6i1.9476

