PENDAMPINGAN RENCANA BISNIS GUNA PENGEMBANGAN USAHA KULINER JAJANAN TRADISIONAL KHAS JAMBI

Main Article Content

Lydiawati Soelaiman

Abstract

Every region certainly has their unique traditional snacks that reflect their identity and culture. Similarly, Jambi has its own unique traditional snacks which have the potential to generate economic growth. Traditional snacks not only meet the needs of the local community, but also demands at tourist destinations or as souvenirs. Unfortunately, many traditional snacks business owners have not realized the full potential of their products. They operate their business without much planning for product development. They are facing capital, product development, and marketing constraints which can be minimized with a robust business plan, which may contain strategic planning on marketing, capital, manufacturing, and human resources. Therefore, this community service program aims to assist SMEs in developing business plans for their future management and business development, in the areas of business strategy, marketing, management and organization, production, and finance. This activity is carried out online. In this PKM activity, business actors are assisted to outline a business development plan from business strategy, marketing aspects, management and organizational aspects, production aspects and financial aspects. As a result, entrepreneurs of Jambi traditional snacks would be able to devise their own business plans to improve their business performance and also can maximize profits and offers to run a business.


ABSTRAK

Setiap daerah tentunya memiliki jajanan tradisional yang mencerminkan identitas dan karakteristik budaya dari suatu daerah tertentu. Begitu pula halnya dengan Jambi yang memiliki jajanan khas Jambi sebagai produk yang berpotensi mendatangkan keuntungan secara ekonomis. Hal ini dikarenakan jajanan tradisional tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan masyakat lokal tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan wisatawan selama di tujuan maupun sebagai oleh-oleh. Tetapi sayangnya para pelaku bisnis jajanan tradisional di Jambi belum menyadari potensi produknya. Mereka hanya menjalankan usahanya secara sederhana tanpa merencanakan pengembangan produknya. Padahal mereka dihadapi oleh kendala permodalan, pengembangan produk dan pemasaran yang sebenarnya dapat diminimalisir jika pelaku bisnis memiliki perencanaan bisnis yang menyangkut pemasaran, permodalan, manufaktur dan sumber daya manusia. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini mencoba untuk melakukan pendampingan kepada UMKM untuk membuat suatu rencana bisnis yang dapat bermanfaat dalam pengelolaan dan pengembangan usaha ke depannya. Kegiatan pendampingan rencana bisnis ini dilaksanakan secara daring. Dalam kegiatan PKM ini, para pelaku usaha dibantu untuk menguraikan rencana pengembangan bisnis dari strategi bisnis, aspek pemasaran, aspek manajemen dan organisasi, aspek produksi dan aspek keuangan. Hasil dari kegiatan ini diharapkan para pelaku usaha kuliner jajanan tradisional khas Jambi mampu menghasilkan suatu rencana bisnis yang dapat meningkatkan kinerja usahanya serta dapat memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan risiko selama menjalankan usaha.

Article Details

How to Cite
Soelaiman, L. (2022). PENDAMPINGAN RENCANA BISNIS GUNA PENGEMBANGAN USAHA KULINER JAJANAN TRADISIONAL KHAS JAMBI. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3). https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i3.13294
Section
Articles

References

Frederick, H. H., Kuratko, D. F., & Hodgetts, R. M. (2006). Entrepreneurship: theory, process, practice. Australia: Nelson.

Harsana, M., Baiquini., M., Harmayani, Eni & Widyaningsih, Yulia. (2018). Potensi Makanan Tradisional Kue Kolombeng Sebagai Daya Tarik Wisata Di Daerah Istimewa Yogyakarta. HEJ (Home Economics Journal). 1 (2)

Karmela, S. H., & Azmi, U. (2020). Women And The World Of Typical Traditional Culinary Business Malays In The Middle Of Digital Era. Prosiding ISBI Bandung, 1(1).

Mulyantini, Sri & Lastiningsih, N. (2015). Penyusunan Business Plan sebagai Pedoman Usaha UMKM di Wilayah Depok. Bina Widya. 26 (4).

Scarborough, Norman, Zimmerer, Thomas W. (2009). Kewirausahaan dan manajemen usaha kecil. Jakarta: Salemba empat.

Slamet, Franky, Tunjungsari, Hetty Karunia, and Ie, Mei. (2014). Dasar-dasar kewirausahaan: teori dan praktik. Jakarta: Indeks.

Wijaya, S. (2019). Indonesian Food Culture Mapping: A Starter Contribution to Promote Indonesian Culinary Tourism. J. Ethn. Food 6 (9).