MANAJEMEN MUTU PEMBUATAN KEMASAN PADA PELAKU USAHA MAKANAN KECIL DI LIMO DEPOK
Main Article Content
Abstract
Business management is a process that must be carried out by business actors in managing a business in order to increase income through improving the quality of production, marketing, finance and business capabilities. The purpose of the Community Service program (PKM) in the Limo area, Depok is to provide counseling and assistance on packaging manufacturing business management for small food business actors. The problem faced is that the business management has not been maximized and has not used quality and attractive packaging for marketed small food products. The expected result of this activity is an increase in the number of buyers from business partners in RW 02 Limo, Depok. To find out the understanding of business management in making quality and attractive packaging, the service team conducted a pretest and posttest by distributing questionnaires to small business actors participating in PKM. The results of the questionnaire before being given counseling with the level of understanding after the activity increased by 50% and evaluation of the use of quality and attractive packaged products consistently and continuously increased in developing their business. In the next stage, evaluation of the results of business management assistance, packaging manufacturing, followed by granting patents on packaging labels is the next PKM program
ABSTRAK:
Manajemen usaha merupakan proses yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha dalam mengelola usaha dalam rangka meningkatkan hasil pendapatan melalui peningkatan kualitas produksi, pemasaran, keuangan dan kemampuan usahanya.Tujuan dari program kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di wilayah Limo, Depok adalah memberikan penyuluhan dan pendampingan tentang manajemen usaha pembuatan kemasan pada pelaku usaha makanan kecil, dengan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya kemasan produk guna meningkatkan nilai jual produk yang dipasarkan serta meningkatkan mutu. Permasalahan yang dihadapi adalah belum maksimalnya manajemen usaha yang dilakukan parapelaku bisnis kecil dan belum menggunakan kemasan yang berkualitas dan menarik pada produk makanan kecil yang dipasarkan. Hasil yang diharapkan pada kegiatan ini adalah meningkatnya jumlah konsumen dari mitra pelaku usaha di RW 02 Limo, Depok. Untuk mengetahui pemahaman akan manajemen usaha dalam pembuatan kemasan yang berkualitas dan menarik, tim pengabdian melakukan pretest dan postest dengan cara membagikan kuesioner kepada pelaku usaha kecil peserta PKM. Hasil kuesioner sebelum diberikan penyuluhan dengan tingkat pemahaman setelah dilakukan kegiatan meningkatan sebesar 50% dan evaluasi pemanfaatan produk yang dikemas berkualitas dan menarik secara konsisten dan berkelanjutan semakin meningkat dalam mengembangkan usahanya. Pada tahapan selanjutnya adalah evaluasi hasil pendampingan manajemen usaha, pembuatan kemasan dilanjutkan untuk pemberian paten pada label kemasan merupakan program PKM berikutnya.
Article Details
This work is licensed under a Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
References
Agustina, S. (2011). Manajemen Pemasaran, Universitas Brawidjaja Press.
Budiarto, Rachmawan, Susetyo Hario Putero, Hempri Suyatna, Puji Astuti, Harwin Saptoadi, M. Munif Ridwan, and Bambang Susilo, 2018, Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. UGM PRESS.
Cenadi, C. S. (2004). Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran. Jurnal Nirmana, 2(2).
Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan e-commerce dalam dunia bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis–ISSN, 2085, 1375
Jauhari, J. (2010). Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan memanfaatkan e-commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 1-12.
Kaihatu, T. S. (2014). Manajemen Pengemasan. Penerbit Andi.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Marketing Management 12e. New Jersey.
Noviadji, B. R. (2014). Desain kemasan tradisional dalam konteks kekinian. Artika, 1(1), 10-21.
Soegoto, E. S. (2013). Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung. Elex Media Komputindo.
Zimmerer, Scarborough. (2011). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil I Edisi 5, Penerbit Salemba Empat.