RANCANG ULANG KEMASAN PRODUK MAKANAN BEKU BERBAHAN DASAR SEAFOOD GUNA PENINGKATAN PANGSA PASAR DI ERA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Lithrone Laricha Salomon
Ahmad Ahmad
Wilson Kosasih
I Wayan Sukania

Abstract

The current era of the Covid-19 pandemic has caused a decline in the level of a person's economy / income, which will raise concerns of many things. One of them is in the selection of food ingredients. Many people today want a food product that is affordable but still hygienic. This has resulted in a decrease in consumption of a number of eating establishments where many people have switched to processing their own food. In addition to the hygienic factor, this decrease is also based on the level of consumer saturation with the products being offered. Based on these conditions, it is necessary to carry out a strategy to increase product marketing, in this case, is to make frozen seafood products in packaging. Seeing the current pandemic condition, consumers are very concerned about the hygiene factor of a product. The existence of this seafood-based frozen food product aims to make it easier for consumers to cook a variety of seafood dishes at their respective homes at the time the consumers want themselves. This product packaging redesign is a strategy that is expected to increase the market share of products produced by MSMEs that produce frozen seafood-based foods. It can be said that MSMEs producing frozen seafood-based food do not understand the overall market demand for frozen seafood products, so it is necessary to know consumer preferences for frozen seafood products, both in terms of taste and packaging quality that can meet consumer desires. Through the initial research conducted, the results of the product packaging redesign were obtained which could increase the sales of this seafood-based frozen food product



ABSTRAK:

Era pandemi Covid-19 saat ini  membuat turunnya tingkat ekonomi/pendapatan seseorang dimana hal ini akan menimbulkan kekhawatiran akan banyak hal. Salah satunya adalah dalam hal pemilihan bahan pangan. Banyak orang saat ini menginginkan suatu produk makanan dengan harga terjangkau namun tetap higienis. Hal ini mengakibatkan terjadinya penurunan konsumsi terhadap sejumlah tempat makan dimana banyak orang beralih untuk mengolah makanannya sendiri. Selain faktor higenitas penurunan ini juga didasari adanya tingkat kejenuhan konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Berdasarkan kondisi tersebut maka perlu dilakukan suatu strategi untuk dapat meningkatkan pemasaran produk dalam hal ini adalah membuat produk frozen seafood dalam kemasan. Melihat kondisi pandemi saat ini, konsumen sangat memperhatikan faktor higinitas dari suatu produk.  Adanya produk makanan beku berbahan dasar seafood ini bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam memasak beragam hidangan seafood di rumah masing-masing pada waktu yang diinginkan konsumen itu sendiri. Rancang ulang kemasan produk ini merupakan suatu strategi yang diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar terhadap produk yang dihasilkan oleh UMKM penghasil makanan beku berbahan dasar seafood. UMKM penghasil makanan beku berbahan dasar seafood yang ada saat ini dapat dikatakan belum memahami keinginan pasar secara menyeluruh dari produk frozen seafood yang dibuat sehingga sangat perlu diketahui preferensi konsumen terhadap produk hidangan Frozen seafood baik dari aspek kualitas rasa maupun kemasan yang dapat memenuhi keinginan konsumen. Melalui penelitian awal yang dilakukan maka diperoleh hasil redesign kemasan produk yang dapat meningkatkan penjualan produk makanan beku berbahan dasar seafood ini

Article Details

How to Cite
Salomon, L. L., Ahmad, A., Kosasih, W., & Sukania, I. W. (2021). RANCANG ULANG KEMASAN PRODUK MAKANAN BEKU BERBAHAN DASAR SEAFOOD GUNA PENINGKATAN PANGSA PASAR DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i2.11949
Section
Articles
Author Biography

Lithrone Laricha Salomon, Program Studi Teknik Industri, Universitas Tarumanagara, Jakarta

Department Teknik Industri

References

Surjandari, I. (2010). Conjoint Analysis: Konsep dan Aplikasi. Universitas Trisakti.

Kotler, Phillip & Armstrong G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 12 Jilid 1). Erlangga.

Hair, J.F., R. E. Anderson & R.L. Tatham. (2009). Multivariate with Reading Fourth Edition. Prentice-Hall International.

Hair, J. F. et al. (2014). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Pearson.

Salomon, L., Kosasih, W. & Doaly C. O. (2020). Consumer preference analysis of snack using conjoint analysis method (case study: telur gabus). IOP Conference Series: Material Science and Engineering 852(2020)012120, htpps://doi.10.1088/1757-899X/852/1/012120

Salomon, L., Kosasih, W. & Sukania, I. W. (November 2019). Pendampingan dan pengembangan produk baru pada industri kecil menengah produk makanan ringan guna peningkatan daya saing. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2), 131-140.

Most read articles by the same author(s)