PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PRODUK BARU PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH PRODUK MAKANAN RINGAN GUNA PENINGKATAN DAYA SAING

Lithrone Laricha Salomon, Wilson Kosasih, I Wayan Sukania
| Abstract views: 61 | views: 38

Abstract

Sekarang ini, Industri Kecil Menengah (IKM) produk makanan ringan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Akan tetapi pemasaran produknya dirasakan belum mampu bersaing. Adapun lemahnya daya saing dari IKM tersebut disebabkan oleh desain kemasan produk yang kurang menarik; jalur distribusi produk yang kurang baik; strategi promosi yang masih tradisional serta belum memiliki jejaring bisnis yang luas. Oleh karena itu, dilakukan kegiatan pendampingan pada salah satu IKM tersebut yang bertujuan untuk mengembangkan produk baru sesuai dengan preferensi konsumen dengan penelitian awal yang menggunakan metode analisis konjoin. Produk IKM ini adalah makanan ringan yang dikenal dengan nama telur gabus dengan merk HALISA Hasil dari pengembangan produk dievaluasi secara berkala berdasarkan peningkatan penjualan yang ada. Pada akhirnya studi ini menunjukan terdapat pengaruh positif dari pengembangan produk baru terhadap peningkatan penjualan.

Keywords

akanan ringan; Pengembangan produk baru; Peningkatan penjualan

Full Text:

PDF

References

Hair, J. F., et al. Multivariate Data Analysis: A Global Perspective, 7th edition. New York: Prentice Hall, 2009.

Kosasih, W., L. L. Salomon, and R. Hutomo. Using conjoint and cluster analysis in developing new product for micro, small and medium enterprises (SMEs) based on customer preferences (Case study: Lampung province’s banana chips). AIP Conference Proceedings. Vol. 1867. No. 1. AIP Publishing, 2017.

Kotler, P. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: Prenhallindo, 1997.

Salomon, L. L., W. Kosasih, and N. L. Saputra. Strategi Pengembangan Plastic Shopping Bag Berdasarkan Preferensi Konsumen dengan Pendekatan Metode Kansei Engineering (Studi Kasus: PT Era). Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer. Vol. 4. No. 14 (Juni 2015): 175-187.

Surjandari, I. Conjoint Analysis: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti, 2010.

Tohari, Amin. Analisis Cluster Psikografis Konsumen Kediri Town Square (Cluster Analysis Psychographic Consumers Kediri Town Square). Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 1. No. 2. (September 2016): 109-118.

www.mondelezinternational.com (diakses pada tanggal 30 Agustus 2018)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.