IMPLEMENTASI STRATEGI MANAJEMEN RITEL DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING

Main Article Content

Sanny Ekawati
Thio Lie Sha

Abstract

Tujuan kegiatan adalah memberdayakan pengecer dalam memahami manajemen ritel yang digerakkan oleh pelanggan, membuat kemasan produk yang lebih baik dari pesaing. Mengingat kondisi usaha ritel menghadapi persaingan yang sangat tajam, maka untuk memenangkan persaingan perlu memahami siapa dan apa yang diinginkan oleh konsumen. Kajian dilakukan pada mitra usaha kecil ritel yang terdapat di pasar tradisional Kosambi. Mengingat permasalahan yang dihadapi mitra minimnya pengetahuan tentang manajemen ritel yang berorientasi pelanggan, kemasan produk yang kurang baik. Menyebabkan mitra sulit untuk menghadapi persaing. Berdasarkan permasalahan yang terdapat pada mitra tersebut, maka Tim PKM Untar merasa perlu dalam melakukan kegiatan PKM dalam upaya meningkatkan pengetahuan mitra. Metode yang ditawarkan dalam kegiatan ini adalah pemberian pengetahuan tentang strategi manajemen ritel. Melakukan pendampingan membuat kemasan produk yang lebih bagus, tahan lama ,bermerek dan tidak cepat robek. Hasil kegiatan menujukkan mitra sangat berantusias mengikuti sosialisasi dan sangat menyukai kemasan produk yang telah berhasil dibuat oleh Tim. Sehingga dari kegiatan tersebut masalah yang dihadapi mitra dapat segera teratasi. Dengan demikian diharapkan mitra dapat meningkatkan keunggulan bersaing berkelanjutan.

Article Details

How to Cite
Ekawati, S., & Sha, T. L. (2019). IMPLEMENTASI STRATEGI MANAJEMEN RITEL DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i1.4316
Section
Articles

References

Bellavance F, Landry, S & Schiehll, E 2013, „Procedural Justice in Managerial Performance

Evaluation: Effect of Subjectivity, Relationship Quality, and Voice Opportunity?, The

British Accounting Review, 45, 149-166

Berman, Barry & Joel R. Evans. (2010). Retail Management, a Strategic Approach, (8th Edition).

New Jersey: Pearson

Camison, Cesar, & Lopez Ana Villar. 2010. Effect of SMEs International Experience on Foreign

Intensity and Economic Performance: the Mediating Role of Internatinally Exploitable

Assets and Competitive Strategy, Journal of Small Business Management, 48(2). Pp 116151

Davidson, R.William.,(1998),” Retailing Management,” 6e. Canada : John Wiley & Son, Inc,

Homburg, Hoyer dan Fassnacht ( 2002)," Service orientationof Retailers Business Strategy

Dimensions. Antecedents,and Performance Outcomes, Journal Of Marketing,

October,Vo1.66,pp.86- 101.

Levy, Michael and Barton A. Weitz (2014). Retailing Management. New York : McGraw-Hill

Companies

Morgan, Robert M and Shelby D. Hunt, (1995) “ The Commitment Trust Theory Of Relationship

Marketing”, Journal Of Marketing, 58 July, 20-38.

Nandakumar, M.K; Abby Ghobadian & Nicholas O’Regan. (2010). Bussiness-Level Strategy and

Performance : The Moderating Effect of Environment and Structure. Management Decision,

, 6, 907-939.

www.depkop.go.id. Data UMKM Tahun 2006-2011. Di akses pada tanggal 12 Januari 2012