PENGELOLAAN MEDIA SEBAGAI SARANA PROMOSI USAHA WARUNG BAKSO MAHKOTA

Main Article Content

Diah Ayu Candraningrum
Farid Rusdi
Zita Retno Hapsari

Abstract

The digital era brings positive and negative benefits. One of them is experienced by the community of small and medium enterprises (SMEs). Underinformation and inability to keep up with developments are one of the weaknesses of this small-scale business, especially in popularizing business ventures and products sold. This problem is felt by SMEs who have been operating for decades, whose next generation as managers, are challenged to be able to continue the success by combining offline and online promotional media. The importance of supporting small-scale industries is the responsibility of all parties. Not only the government, but also society including academics. Therefore, the PKM team of the Faculty of Communication, Tarumanagara University will help carry out PKM program to assist Bakso Mahkota in their business development, especially in promoting through the media and applying social marketing techniques to help targeting consumer behavior. This activity will be carried out through the implementation of training or workshops to socialize or introduce modern management activities to SMEs. This activity will be attended by 9 small industries which will involve sources including representatives of GoFood or Grabfood, rating websites and restaurant reviews from Zomato or Openrice, representatives of culinary rubric media and foodbloggers. In addition, there will be an explanation from Fikom Untar as the provider of material according to expertise, about the concept of modern management to the fostered partners, so that they are able to understand the material in more detail and be able to achieve the achievement according to the target.

 

ABSTRAK:

Era digital membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat, baik manfaat positif dan negatif. Salah satunya dialami oleh masyarakat pelaku usaha kecil menengah (UKM). Ketertinggalan informasi dan ketidakmampuan mengikuti perkembangan, menjadi salah satu kelemahan bisnis skala kecil ini, khususnya dalam mempopulerkan usaha bisnis dan produk yang dijual. Pukulan ini utamanya sangat dirasakan oleh pelaku UKM yang telah beroperasi sejak puluhan tahun lalu, yang generasi penerusnya sebagai pengelola, ditantang untuk bisa meneruskan kesuksesan usaha di masa lalu dengan memadukan media promosi offline dan online. Pentingnya dukungan terhadap industri berskala kecil, adalah tanggung jawab semua pihak. Tidak hanya pemerintah, tapi juga masyarakat termasuk para akademisi. Karena itu, tim PKM Fakultas Ilmu Komunikasi UniversitasTarumanagara akan membantu melaksanakan program kegiatan PKM untuk membantu pelaku UKM Bakso Mahkota dalam pengembangan bisnisnya, terutama dalam melakukan promosi melalui media dan penerapan teknik pemasaran sosial yang diharapkan dapat membantu perilaku target konsumen. Kegiatan ini akan dilakukan melalui pelaksanaan pelatihan atau workshop untuk sosialisasi atau pengenalan kegiatan manajemen modern kepada usaha kecil menengah. Kegiatan ini akan diikuti oleh sekitar 9 pelaku industry kecil yang akan melibatkan narasumber di antaranya dari perwakilan pihak GoFood atau Grabfood, website pemeringkat dan review restoran Zomato atau Openrice, perwakilan media peliput rubric kuliner dan kalangan foodblogger. Selain itu, akan ada penjelasan dari pihak Fikom Untar selaku pemberi materi sesuai kepakaran, tentang konsep manajemen modern kepada pihak mitra binaan, supaya mampu memahami materi lebih detil dan mampu meraih pencapaian sesuai target.

Article Details

How to Cite
Candraningrum, D. A., Rusdi, F., & Hapsari, Z. R. (2021). PENGELOLAAN MEDIA SEBAGAI SARANA PROMOSI USAHA WARUNG BAKSO MAHKOTA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i1.9969
Section
Articles
Author Biography

Diah Ayu Candraningrum, Universitas Tarumanagara (UNTAR)

Fakultas Ilmu Komunikasi

 

Sinta ID : 6003209

References

Candraningrum, D. A. (2018). Gangguan komunikasi publik dan penurunan brand engagement di perusahaan Toys"R"Us. Jurnal Komunikasi Global, 164-174.

Hussein, A. S. (2012). Social marketing: Strategi menuju Indonesia yang lebih baik. http://sabilfeb.lecture.ub.ac.id/files/2014/03/Social-Marketing-final.pdf:

Kotler, P. N. (2002). Social Marketing: Improving the quality of life. Sage Publication.

Rahayu, N. (2017, Juli 25). UMKM diminta beradaptasi dengan teknologi digital untuk naik kelas. Warta Ekonomi. https://www.wartaekonomi.co.id/read148847/umkm-diminta-beradaptasi-dengan-teknologi-digital-untuk-naik-kelas.

Rusdi, F. (2017). Strategi media online menjangkau generasi millenial. Research Week. Indonesia.

Wahyudi. (2017, Oktober 26). Era digital, pengusaha ukm harus melek teknologi. Okezone. https://economy.okezone.com/read/2017/10/26/320/1802917/era-digital-pengusaha-ukm-harus-melek-teknologi.