IMPLEMENTASI SOCIAL MEDIA MARKETING PADA PEMASARAN PRODUK HASBRO MELALUI PROGRAM MBKM DI PT MITRA ADIPERKASA TBK

Main Article Content

Rafaela Winata
Keni Keni

Abstract

Covid-19 pandemic had caused PT Mitra Adiperkasa Tbk a decline in sales because consumers were unable to purchase at the retail stores. The pandemic also affected the sales of Hasbro (a business line of PT Mitra Adiperkasa) and disrupted its marketing activities on toy products. In selling toy products for children, the purchasing power belongs to children who see the toys at retail stores. Meanwhile, consumer trends in using social media and the desire of Hasbro to optimize marketing activity on social media encouraged the author to implement social media marketing for Hasbro products through Instagram. This activity aims to increase brand awareness and purchase decisions of children and parents towards Hasbro products. This activity was initiated on February 7, 2022 and ended on July 17, 2022, and the activity consisted of managing Hasbro’s social media account, which is Instagram account @hasbroactiveid. We managed the account by planning the marketing content that would be uploaded to social media. The contents were in the form of Instagram story, reel, and post which contained promotional, education, interaction, holiday celebration, event announcement, campaign, lifestyle image, and Instagram live. Based on the marketing content created, the results of social media marketing are an increase in total accounts reached, impressions, accounts engaged, content interactions, and followers. The progress implies the development of Hasbro in marketing its products digitally, thereby this activity is expected to assist Hasbro in maximizing the use of social media and determining the marketing strategy in order to achieve marketing goals. Hasbro can optimize its social media by improving the contents’ quality and expand its marketing activity by using other social media


ABSTRAK:


Pandemi Covid-19 membuat PT Mitra Adiperkasa Tbk mengalami penurunan penjualan karena konsumen tidak dapat membeli barang secara langsung di gerai. Kondisi tersebut juga berdampak terhadap penjualan produk Hasbro (salah satu lini bisnis PT Mitra Adiperkasa) dan menghambat kegiatan pemasaran produk mainan anak. Dalam menjual produk mainan anak, kekuatan pembelian berada pada anak yang melihat langsung produk mainan saat mengunjungi gerai. Sementara itu, tren konsumen dalam menggunakan media sosial dan keinginan mitra untuk mengoptimalkan pemasaran di media sosial, mendorong penulis untuk mengimplementasikan social media marketing pada pemasaran produk Hasbro melalui Instagram. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan purchase decision anak dan orang tua terhadap produk Hasbro. Kegiatan ini dilaksanakan sejak 7 Februari 2022 sampai dengan 17 Juli 2022, dimana kegiatan PKM yang dilakukan berupa mengelola media sosial Hasbro, yaitu akun Instagram @hasbroactiveid. Pengelolaan yang dilakukan berupa perencanaan konten pemasaran yang akan diunggah ke media sosial Hasbro.  Konten dibuat dalam bentuk Instagram story, reel, dan post yang terdiri dari konten promosi, edukasi, interaksi, perayaan hari besar, pengumuman event, campaign, lifestyle image, dan Instagram live. Berdasarkan konten pemasaran yang dibuat, hasil dari kegiatan social media marketing yang dilakukan berupa meningkatnya total accounts reached, impressions, account engaged, content interactions, dan jumlah followers. Peningkatan tersebut menunjukkan perkembangan bagi Hasbro dalam memasarkan produknya secara digital, sehingga kegiatan ini diharapkan dapat membantu mitra untuk memaksimalkan penggunaan media sosial dan menentukan strategi pemasaran yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan pemasaran. Hasbro dapat mengoptimalkan penggunaan media sosial tersebut dengan meningkatkan kualitas konten dan memperluas kegiatan pemasaran dengan menggunakan media sosial lain

Article Details

How to Cite
Winata, R., & Keni, K. (2023). IMPLEMENTASI SOCIAL MEDIA MARKETING PADA PEMASARAN PRODUK HASBRO MELALUI PROGRAM MBKM DI PT MITRA ADIPERKASA TBK. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(3). https://doi.org/10.24912/jbmi.v5i3.20473
Section
Articles
Author Biography

Keni Keni, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ekonomi

 

 

SINTA ID : 5987760


References

Ardiansyah, F., & Sarwoko, E. (2020). How social media marketing influences consumers purchase decision? A mediation analysis of brand awareness. Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi dan Manajemen, 17(2), 156-168. https://doi.org/10.31106/jema.v17i2.6916

Bisnis. (2022, May 18). Bisnis Ritel Kembali Bergairah pada 2022, Ini Buktinya. Diakses dari https://ekonomi.bisnis.com/read/20220518/12/1534320/bisnis-ritel-kembali-bergairah-pada-2022-ini-buktinya

DataReportal. (2022, February 15). Digital 2022: Indonesia. Diakses dari https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

IDNFinancials. (2022). PT. Mitra Adiperkasa Tbk [MAPI]. Diakses dari https://www.idnfinancials.com/id/mapi/pt-mitra-adiperkasa-tbk

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2020, Oktober 3). Inflasi Tahunan September Capai 5,95 Persen, Wamenkeu: Seluruh Elemen Masyarakat Ikut Menjaga Harga. Diakses dari https://www.kemenkeu.go.id/informasi-publik/publikasi/berita-utama/inflasi-tercatat-5,95-persen-year-on-year-%28yoy%29

Kompas. (2020, Februari 13). Masuk 5 Besar, Ritel Indonesia Diprediksi Stabil. Diakses dari https://properti.kompas.com/read/2020/02/13/205237021/masuk-5-besar-ritel-indonesia-diprediksi-stabil?page=all

MAP. (2020, August 4). Kinerja Keuangan Kuartal Ke-Dua MAP Terdampak Pandemi. Diakses dari https://www.map.co.id/kinerja-keuangan-kuartal-ke-dua-map-terdampak-pandemi/

McKinsey. (2022, May 5). Survey: Indonesian consumer sentiment during the coronavirus crisis. Diakses dari https://www.mckinsey.com/business-functions/growth-marketing-and-sales/our-insights/survey-indonesian-consumer-sentiment-during-the-coronavirus-crisis

Mordor Intelligence. (2021). Indonesia retail sector - Growth, trends, Covid-19 impact, and forecasts (2021-2026). Diakses dari https://www.mordorintelligence.com/industry-reports/indonesian-retail-industry

Naeem, M. (2021). The role of social media to generate social proof as engaged society for stockpiling behaviour of customers during Covid-19 pandemic. Qualitative Market Research, 24(3), 281-301. https://doi.org/10.1108/QMR-04-2020-0050

Pour, M. J., Hosseinzadeh, M., & Mahdiraji, H. A. (2021). Exploring and evaluating success factors of social media marketing strategy: a multi-dimensional multi-criteria framework. Foresight, 23(6), 655-678. https://doi.org/10.1108/FS-01-2021-0005

Statista. (2021). Top 100 Companies: Indonesia. Diakses dari https://www.statista.com/study/89933/top-100-companies-indonesia/

Statista. (2022, April 13). Projected retail sales growth worldwide from 2022 to 2025. Diakses dari https://www.statista.com/statistics/232347/forecast-of-global-retail-sales-growth/