PEMBERDAYAAN PEMILIK KIOS DI PASAR KUNCIRAN INDAH KOTA TANGERANG, PROVINSI BANTEN

Main Article Content

Muhammad Tony Nawawi
Purwanto Purwanto
Urbanus W Urbanus W

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan untuk membantu kelompok pemilik Kios di pasar kunciran indah, Pinang, Kota Tangerang, Hasil observasi kepada pemilik kios di pasar kunciran indah, dalam hal ini diwakili oleh Bapak Abdul Syukur. Dan pemilik kios ibu Ambar, teridentifikasi masalah yang menjadi prioritas adalah minimnya pembeli ke kios pasar kunciran indah. Jumlah kios yang tersedia banyak sementara yang pembeli masih sedikit, terutama untuk produk kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut terkait dengan aspek produksi, yaitu belum adanya promosi dan yang mendorong masyarakat untuk berbelanja ke pasar kunciran indah. Pada aspek manajemen terkait dengan minat/sikap pemilik kios untuk berusaha di pasar kunciran rendah, perlu upaya untuk memberikan dorongan/memotivasi pemilik kios agar berpartisipasi dalam pemberdayaan kiosnya. Melalui kegiatan yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Tarumanagara ini, setidaknya dapat membantu mengatasi persoalan yang dihadapi mitra tersebut. Dan dapat meningkatkan motivasi usaha bagi pemilik kios, juga meningkatkan omset penjualan usaha mereka. Berdasarkan kegiatan PKM, maka hasilnya adalah terealisasinya penyusunan materi motivasi usaha, pelaksanaan sosialisasi kepada mitra usaha tentang Materi promosi berjalan dengan baik, pelaksanaan pembuatan media media promosi seperti spanduk, terealisasinya spanduk spanduk dan lainnya yang dipajang sedemikian rupa sehingga menarik perhatian konsumen yang lalu lalang di depan tempat usaha. Dengan melihat kondisi pemilik usaha dalam menjalankan usaha, terutama dalam mengkomunikasikan usaha pada konsumen.

Article Details

How to Cite
Nawawi, M. T., Purwanto, P., & Urbanus W, U. W. (2020). PEMBERDAYAAN PEMILIK KIOS DI PASAR KUNCIRAN INDAH KOTA TANGERANG, PROVINSI BANTEN. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7261
Section
Articles

References

Edwin B. Flippo, (2009), Manajemen Personalia, Jilid I, Erlangga Jakarta.

Hasibuan, Malayu. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Cetakan keenam belas.: PT Bumi Aksara. Jakarta.

------------------------.( 2006). Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta:

Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Uno. Hamzah B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Robert ,Kreitner, dan Angelo Kinicki. (2014). Perilaku Organisasi. Edisi 9. Buku 1. Jakarta:

Salemba Empat

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane (2006). Marketing management. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education.

Robin. P. Stephen., and Coulter. M. (2005). Management., Eight edition, Pearson Prentice Hall,

USA.

Samsudin. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung Pustaka Setia.

Suyadi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Andi.

Winardi. (2007). Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta : Raja Grafindo Persada.