PENGEMBANGAN APLIKASI WEB-COMMERCE PT. WGS SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Main Article Content

Lina Lina
Bagus Mulyawan
Daniel Ajienegoro

Abstract

PT. WGS is a micro business engaged in the provision of premium and imported food and beverage sector. The problems faced by PT. WGS as a newly established business is that most of its operational activities, namely the marketing process, sales process, inventory recording, and others are still conducted manually. To market its products, PT. WGS has carried out marketing activities by uploading product catalogues on various online applications in well-known e-commerce marketplaces, such as Tokopedia, Shopee, Instagram, and similar applications. As a form of higher education involvement in supporting the development and survival of micro businesses, the authors who are also the community service activity team (PKM) design a website that can help as a promotional media for PT. WGS as a PKM partner. The development process starts from system requirements analysis, interface design, website development, testing of all functions and modules, and system implementation on the company’s website domain. The system development method will follow the Software Development Life Cycle (SDLC) stages. The output produced in this PKM activity is the web-commerce of PT. WGS which is implemented as one of the company’s promotional media that is expected to increase the number of product sales from PT. WGS


ABSTRAK:

PT. WGS merupakan usaha mikro yang bergerak di bidang penyediaan makanan dan minuman premium yang diimpor dari luar negeri. Permasalahan yang dihadapi oleh PT. WGS sebagai usaha yang baru berdiri adalah sebagian besar dari kegiatan operasionalnya, yaitu proses pemasaran, proses penjualan, pencatatan inventori, dan lainnya masih dilakukan secara manual. Untuk memasarkan produk yang dimilikinya, PT. WGS telah melakukan kegiatan pemasaran dengan memuat katalog produk pada aplikasi online yang terdapat pada marketplace e-commerce ternama, seperti Tokopedia, Shopee, Instagram, dan aplikasi sejenisnya. Sebagai bentuk keterlibatan perguruan tinggi dalam mendukung berkembangnya dan bertahannya usaha mikro, penulis yang juga merupakan tim pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini melakukan perancangan web-commerce yang dapat membantu sebagai media promosi untuk PT. WGS sebagai mitra PKM. Proses pengembangan dimulai dari analisis kebutuhan sistem yang diinginkan mitra, membuat desain tampilan antarmuka, melakukan pengembangan website, melakukan pengujian terhadap keseluruhan fungsi dan modul yang terdapat pada website, serta melakukan implementasi sistem yang berjalan pada domain website yang dimiliki perusahaan. Metode pengembangan sistem dilaksanakan dengan mengikuti tahapan Software Development Life Cycle (SDLC). Luaran yang dihasilkan pada kegiatan PKM ini adalah website commerce PT. WGS yang diimplementasikan sebagai salah satu media promosi perusahaan yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah penjualan produk dari PT WGS

Article Details

How to Cite
Lina, L., Mulyawan, B., & Ajienegoro, D. (2021). PENGEMBANGAN APLIKASI WEB-COMMERCE PT. WGS SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i2.11622
Section
Articles
Author Biography

Lina Lina, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara, Jakarta

Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara, Jakarta - Indonesia

References

Denny, D. (2013). Promosi dan kualitas layanan pengaruhnya terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa pembiayaan pada PT. Bess Finance Manado. Jurnal EMBA, 1(4), 51-59

.

Dewi, S.K. (2014). Perancangan website sebagai media promosi dan penjualan pada home industry abon. Jurnal Teknik Industri, 15(2), 170-181.

Jauhari, J. (2010). Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan memanfaatkan e-commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 159-168.

Sari, C. A. (2015). Perilaku berbelanja online di kalangan mahasiswi antropologi di Universitas Airlangga. Jurnal AntroUnairdotNet, 4(2), 205-216.

Supardi, J. & Dores, V. (2009). Rancang bangun collaborative system pemasaran hotel secara on-line dengan pendekatan mediator based. Jurnal Sistem Informasi, 1(2), 55-61.

Susanto, A. & Asmira. (2017). Perancangan website sebagai media promosi dan informasi menggunakan metode web engineering. Jurnal SIMKOM, 2(3), 9-17