PELATIHAN PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA KELOMPOK UMKM DI KELAPA DUA TANGERANG
Main Article Content
Abstract
A very prominent contribution from MSMEs is their role in supporting the regional economy by increasing business
sector income. Determining a reasonable product selling price is an important focus of attention to ensure that the
product launched on the market can win the competition and have a direct impact on the potential for increasing
MSME income. In synergy with these conditions, the Tarumanagara University community service activities are
realized with the aim of encouraging MSMEs to improve their competence in determining the correct cost of
production. This community service activity is very urgent to carry out considering that MSMEs have so far placed
more emphasis on product sales prices based only on costs incurred for production materials alone plus a certain
profit mark up value, there is no calculation for other cost elements, even though apart from raw materials. The
target audience for community service activities is a group of MSME actors who are currently engaged in the
culinary business located in the city of Tangerang with a total of 20 (twenty) participants. Training activities are
carried out with an educational approach, where a series of material is delivered directly first, followed by
discussion and problem solving experienced by partners in their business. From the team's observations after the
training, there was an increase in the training participants' understanding of the material presented, understanding
how to calculate basic production prices by adopting the production costs involved, and being able to determine
product selling prices by setting a certain profit margin by implementing the full costing method.”
Keywords: Cost of Production, Full Costing, Selling Price, MSME
ABSTRAK
Kontribusi yang sangat menonjol dari UMKM adalah perannya dalam menopang perekonomian daerah melalui
peningkatan pendapatan sektor usaha. Menentukan harga jual produk yang layak merupakan fokus perhatian penting
untuk menjadikan produk yang dilempar ke pasar dapat memenangkan persaingan dan memberikan dampak
langsung kepada potensi kenaikan pendapatan UMKM. Bersinergi dengan kondisi tersebut, kegiatan tridharma
perguruan tinggi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat diwujudkan dengan maksud untuk mendorong
UMKM dalam meningkatkan kompetensinya guna menentukan harga pokok produksi yang benar. Pada saat harga
pokok produksi sudah dikalkulasikan dengan benar maka akan lebih mudah dalam menetapkan harga jual produk.
Kegiatan abdimas ini sangat urgen untuk dilaksanakan dengan mempertimbangkan bahwa UMKM selama ini lebih
menekankan pada harga penjualan produk hanya berdasarkan biaya yang dikeluarkan untuk bahan produksi saja
ditambah dengan sejumlah nilai mark up keuntungan, tidak ada perhitungan untuk unsur-unsur biaya lainnya,
padahal selain bahan baku produksi banyak lagi jenis biaya yang terlibat dalam suatu aktivitas produksi. Khalayak
sasaran kegiatan abdimas adalah kelompok pelaku UMKM yang selama ini bergerak dalam bisnis kuliner yang
berlokasi di kota Tangerang dengan jumlah peserta sebanyak 20 (dua puluh) orang. Kegiatan pelatihan dilakukan
dengan pendekatan edukatif, dimana serangkaian materi disampaikan secara langsung terlebih dahulu, diikuti
dengan diskusi dan penyelesaian masalah yang pernah dialami oleh mitra dalam bisnisnya. Dari pantauan tim
sesudah terlaksananya pelatihan terjadi peningkatan pemahaman dari peserta pelatihan terhadap materi yang
disampaikan, mengerti menghitung harga pokok produksi dengan mengadopsi biaya-biaya produksi yang terlibat,
dan mampu menetapkan harga jual produk dengan menetapkan margin laba tertentu dengan mengimplementasikan
metode full costing
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
References
Badriah, E., & Nurwanda, A. (2019). Penerapan Metode Full Costing dalam Menentukan Harga
Pokok Produksi Pembangunan Rumah. Jurnal Moderat, 5(4), 412–421.
Fadillah, S., Maemunah, M., & Hernawati, N. (2021). Pemahaman UMKM Terhadap Penentuan
Harga Pokok Produksi dan Harga Pokok Penjualan. Kajian Akuntansi, 22(2), 135–147.
Fujianti, L. (2019). Peningkatan Keterampilan Akuntansi Berbasis Teknologi InformasiBagi
UMKM Batik Cirebon. Jurnal Abdimas, 1(Agustus), 21–27.
Hendrani, A. (2020). Pelatihan Pencatatan dan Penyusunan Pembukuan Sederhana untuk
UMKM di LIngkungan RW 04 Desa Ciakar, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang,
Provinsi Banten. In Laporan Pengabdian Masyarakat, Universitas Esa Unggul.
Hutagaol, L. H., Novianti, N., & Bhuana, K. W. (2022). Penentuan dan Perhitungan Harga Pokok
Produksi serta Penyusunan Laporan Keuangan. PROGRESIF: Jurnal Pengabdian
Komunitas Pendidikan, 2(2), 51–61. https://doi.org/10.36406/progresif.v2i2.712
Khaerunnisa, A., & Pardede, R. P. (2021). Analisis Harga Pokok Produksi Untuk Menentukan
Harga Jual Tahu. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(3), 631–640.
https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i3.1213
Marisya, F. (2022). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full
Costing Untuk Menentukan Harga Jual Pada UMKM Tempe Pak Rasman Oku Selatan.
Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Ekonomi Syariah, 7(2), 141–151., 7(2), 125–133.
Maslikah, S., Saskara, I. A. N., & Jember, I. M. (2018). Analisis Ekonomis Kelapa Dalam di
Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana. E-Jurnal EP Unud, 7(11).
Permana, B. K. (2020). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Full Costing
Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Pada Cv Salwa Meubel. JAMMI - Jurnal Akuntansi
JAMMI, 1(1), 57–72. file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/Analisis Penentuan Harga
Pokok Produksi Dengan Metode Full Costing Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Pada CV
Salwa Meubel (2).pdf
Suratinojo, R., Sabijono, H., & Walandow, S. K. (2021). Pengaruh Current Ratio dan Debt to
Equity Ratio Terhadap Laba Perusahaan Pada PT. Jakarta International Hotels dan
Development Periode 2016-2019. Jurnal EMBA, 9(2), 1076–1087.
Widiatmoko, J., Indarti, M. G. K., Puspitasari, E., & Hadi, S. S. (2020). Pendampingan
Penyusunan Harga Pokok Produksi bagi Pelaku UMKM di Kota Semarang. 03(02),
–215.
Wiralestari, Firza, E., & Mansur, F. (2018). Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi
Dengan Menggunakan Full Costing Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual Pempek Pada
UMKM Pempek Masayu 212. 2(1), 1–23.