PELATIHAN STRATEGI MARKETING LIVE STREAMING UNTUK MENDORONG PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM
Main Article Content
Abstract
MSME businesses in Kelapadua Subdistrict, Tangerang are currently experiencing increasing growth because many new business people are entering the MSME business sector after experiencing a loss of income sources during the Covid-19 pandemic crisis. Many new businesses are emerging, such as culinary businesses, crafts, home industry, fashion, and others. But from the sales side it has not experienced significant growth. This is because marketing methods have not yet been developed and adequate marketing strategies have not been implemented. Most still use conventional marketing methods. There are also those who already use social media but are still limited to small group environments. After making observations, it is known that there are limitations in human resource capabilities, namely that they are still weak in mastering technology, so that the majority of these business actors have not utilized technology and e-commerce platforms in marketing the products they produce, so the sales achieved are still very limited. On the occasion of this community service activity, the community service team take part to provide training on using the Shopee Live Streaming feature to market products from Tangerang MSMEs, especially to the Kelapadua Village MSME group. The consideration is because Shopee is currently a leading E-commerce platform with a very wide reach in Indonesia. Apart from that, Shopee has a Shopee Live feature which its users can use to market products directly in real time, where this condition will increase consumer confidence because they can see and choose for themselves directly from the products offered. From the experience of MSME players and their testimonies, it is proven that the marketing strategy using the live streaming model is very significant in encouraging increased sales. The training was held on September 2 2023, attended by 20 culinary MSME participants.
ABSTRAK
Usaha UMKM di Kelurahan Kelapadua, Tangerang saat ini semakin mengalami pertumbuhan karena banyaknya pebisnis baru yang terjun ke bidang usaha UMKM setelah mengalami kehilangan sumber penghasilan diwaktu krisis pandemi covid-19. Banyak usaha-usaha baru yang bermunculan seperti bisnis kuliner, kerajinan, home industry, fashion, dan lainnya. Tetapi dari sisi penjualan belum mengalami pertumbuhan yang berarti. Hal ini disebabkan karena metode pemasaran yang belum berkembang dan belum mengimplementasikan strategi marketing yang mumpuni. Kebanyakan masih menggunakan metode pemasaran konvensional. Ada juga yang sudah menggunakan sosial media tetapi masih terbatas pada lingkungan grup-grup kecil. Setelah melakukan observasi diketahui bahwa terdapat keterbatasan pada kemampuan sumber daya manusianya, yaitu masih lemah dalam penguasaan teknologi, sehingga sebagian besar dari pelaku usaha ini belum memanfaatkan teknologi dan platform e-commerce dalam memasarkan produk yang dihasilkan, sehingga penjualan yang dicapai masih sangat terbatas. Dalam kesempatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, tim abdimas berkontribusi memberikan pelatihan penggunaan fitur Shopee Live Streaming untuk memasarkan produk dari UMKM Tangerang, khususnya pada kelompok UMKM Kelurahan Kelapadua. Pertimbangannya adalah karena Shopee saat ini merupakan platform E-commerce terkemuka yang jangkauannya sudah sangat luas di Indonesia. Selain itu Shopee mempunyai fitur Shopee Live yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya untuk memasarkan produk secara langsung dan real time, dimana kondisi ini akan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen karena dapat melihat dan memilih sendiri secara langsung dari produk yang ditawarkan. Dari pengalaman para pelaku UMKM dan testimoni mereka terbukti bahwa strategi marketing dengan model live streaming sangat signifikan dalam mendorong peningkatan penjualan.Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 2 September 2023 diikuti oleh 20 peserta pelaku UMKM.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
References
Ana, W., Sophan, T. D. F., Nisa, C., & Sanggarwati, D. A. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Online Dan Marketplace Terhadap Tingkat Penjualan Produk Umkm Cn Collection Di Sidoarjo. Media Mahardhika, 19(3), 517–522. https://doi.org/10.29062/mahardika.v19i3.274
Azzahra, Q. (2022). Marketing Gaya Baru ala Live Streaming. Alinea.Id. https://www.alinea.id/bisnis/marketing-gaya-baru-ala-live-streaming-b2fq39GEv
Cao, W. (2016). FinTech Acceptance Research in Finland-Case Company Plastc [Aalto University School of Business]. https://pdfs.semanticscholar.org/e8ce/fe083ad1c5487b0fc3cf789708c0f26219a4.pdf
CNN Indonesia. (2023). Dominasi Pasar E-Commerce, Shopee Unggul dari Para Pemain Lain. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230626105528-97-966554/dominasi-pasar-e-commerce-shopee-unggul-dari-para-pemain-lain#:
Ferdiana, A. M. K., & Darma, G. S. (2019). Understanding Fintech Through Go – Pay. International Journal of Innovative Science and Research Technology , 4(2), 257–260.
Kompas.com. (2023). Makin Cuan, Ini Cara Live Streaming di Shopee Bagi Pemula. Kompas.Com Money Smartpreneur. https://money.kompas.com/read/2023/08/09/204000226/makin-cuan-ini-cara-live-streaming-di-shopee-bagi-pemula?page=all
Mahyuni, L. P., & Setiawan, I. W. A. (2021). Bagaimana QRIS menarik minat UMKM? Sebuah model untuk memahani intensi UMKM menggunakan QRIS. Forum Ekonomi, 23(4), 735–747. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10158
Nuryani, A., Imbron, I., Persada, D., Ariyanto, A., & Purnama, A. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Pembukuan Umkm Sektor Manufaktur Di Kampung Ekowisata Keranggan. Dedikasi Pkm, 3(1), 13. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14601
Pracoyo, A. (2021). Sosialisasi QRIS dalam Upaya Peningkatan Produktivitas UMKM.
Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Sayuti. (2022). Cara Mudah Menjadi Anggota UMKM di Kota Tangerang. Semartara News. https://semartara.news/cara-mudah-menjadi-anggota-umkm-di-kota-tangerang/
Setyowati, D. (2018). Minim Informasi, Banyak UMKM Enggan Beralih ke Bisnis Digital. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/pingitaria/digital/5e9a55dc799ce/minim-informasi-banyak-umkm-enggan-beralih-ke-bisnis-digital