DETERMINAN KEMAMPUAN LABA PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (BLUD) PUSKESMAS KECAMATAN PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA TAHUN 2016

Dewi Cahyani Pangestuti
| Abstract views: 174 | views: 119

Abstract

Puskesmas yang pada prinsipnya sama dengan unit pemerintah, atau agen sosial yang didirikan dan dioperasikan dengan motif sosial atau tidak mengharapkan laba. Standar keberhasilan suatu puskesmas dinilai dari kualitas pelayanan yang mereka berikan. Puskesmas sebagai salah satu lembaga yang memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat bisa bertindak sebagai Badan Penyelenggara sekaligus Pemberi Pelayanan Kesehatan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel likuiditas, tingkat utang dan efisiensi modal kerja baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kemampuan laba pada Badan Layanan Umum Daerah Puskesmas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dari seluruh populasi yaitu 49 Puskesmas Kecamatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yang dapat menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 Puskesmas, yang melaporkan neraca dan laporan realisasi anggaran secara lengkap (meliputi semua variabel yang digunakan dalam penelitian ini) sedangkan 12 Puskesmas lainnya tidak dapat menjadi sampel dalam penelitian ini karena tidak memenuhi persyaratan (tidak melaporkan neraca dan laporan realisasi anggaran secara lengkap). Dari analisis terhadap hasil penelitian pengaruh Current Ratio, Debt to Total Asset, dan Efisiensi Modal Kerja terhadap Kemampuan Laba Puskesmas Pemerintah DKI Jakarta, dapat disimpulkan bahwa  berdasarkan uji t dan  uji F ketiga variabel independen yang dianalisis yaitu  Likuiditas (Current Ratio), Tingkat Utang (Debt to Total Asset), Efisiensi Modal Kerja baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan  terhadap Kemampuan Laba. Besarnya Adjusted R2 sebesar 44.1%, artinya pengaruh ketiga variabel independent sebesar 44,1 %, dan sisanya 55,9 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar model.

Full Text:

PDF

References

Ahmad, Alim Bachri. (2013), "Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Puskesmas S. Parman Banjarmasin Terhadap Kepuasan Pasien Dalam Memperoleh Pelayanan Kesehatan." Jurnal Wawasan Manajemen Vol.1No.1. pp. 65-90.

Asih, H. D. (2009), Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Real Estate dan Property yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Unnes Press, Semarang.

Djarwanto, (2011), Pokok-pokok Analisa Laporan Keuangan, Edisi Kedua, BPFE, Yogyakarta.

Guna, Welvin I., and Arleen Herawaty. (2010), "Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance, Independensi Auditor, Kualitas Audit dan Faktor Lainnya Terhadap Manajemen Laba." Jurnal bisnis dan akuntansi Vol12. No.1 pp. 53-68.

Horne, Van dan Wachowicz. (2013), Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan. Edisi Indonesia. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Khalaf Taani (2012), Impact of Working Capital Management Policy and Financial Leverage on Financial Performance: Empirical evidence from Amman Stock Exchange – listed companies, International Journal of Management Sciences and Business Research, , Vol. 1, Issue 8.

Maria Rasheed Awan (2014), Impact of liquidity, leverage, inflation on firm profitability an empirical analysis of food sector of Pakistan, IOSR Journal of Business and Management, Volume 16, Issue 1. Ver. VII.

Noor, Aris Setia dan Lestari, Berta (2012), Analisis Pengaruh Efisiensi Modal Kerja, Likuiditas, dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Pada Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia), Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, Banjarmasin.

Nugraeni, S. (2005), Analisis Pengaruh Efisiensi Modal Kerja, Likuiditas, dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Property And Real Estate Yang Go Publik di Bursa Efek Jakarta. Unnes Press, Semarang.

Putri, Nesya Yulita, (2009). "Pengaruh Non Performing Loan Dan Likuiditas Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Bank Bumn (Periode 2004-2008)."

Raheman, A., Afza, T., Qayyum, A & Bodla, M. A. (2009), Working Capital Management and Corporate Performance of Manufacturing Sector in Pakistan. International Research Journal of Finance and Economics. Issue 47, pp: 151-163.

Riyanto, Bambang (2013), Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi keempat, Yayasan Penerbit Gajah Mada, Yogyakarta.

Wibowo, Agus, and Sri Wartini. (2012), "Efisiensi Modal Kerja, Likuiditas dan Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur di BEI." Jurnal Dinamika Manajemen 3.1

Widiyanti, Marlina, and Samadi W. Bakar. (2014): "Pengaruh Working Capital Turnover, Cash Turnover, Inventory Turnover Dan Current Ratio Terhadap Profitabilitas (ROA) Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di BEI." Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya 12.2 pp. 111-126.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.