EKSPLORASI KREATIVITAS DAN JIWA ENTREPRENEURIAL SISWA MELALUI WORKSHOP SENI TIE DYE
Main Article Content
Abstract
The cultivation of an entrepreneurial mindset needs to be nurtured from an early age so that children always think and act entrepreneurially in their daily lives. Entrepreneurship education not only aims to change a person's attitude to meet entrepreneurial criteria, but entrepreneurship education can also improve a person's soft skills and hard skills in entrepreneurship. Building an entrepreneurial spirit is not just about educating children to become entrepreneurs, but also about developing character traits that draw strength from entrepreneurial elements, such as maintaining self-quality to work hard, taking risks, perseverance, being honest, and being creative. This community service activity was conducted with the theme of exploring creativity and entrepreneurial spirit through tie-dye art. The event took place at a private school in Central Jakarta. The activity was designed to be relevant with students’ learning activities and to have educational, creative, and enjoyable values. The method used to deliver this program involved seminars and workshops on tie-dye shirts and tote bags. Tie-dye art can enhance students' creativity and also provide ideas for potential businesses from simple creations. Participants responded positively to this activity both in the seminar and creativity workshop sessions. It is hoped that through this activity, students' creativity and entrepreneurial spirit will be further honed
ABSTRAK
Penanaman jiwa kewirausahaan perlu ditumbuhkan sejak usia dini agar anak selalu berpikir dan bertindak entrepreneurial dalam kesehariannya. Pendidikan kewirausahaan tidak hanya bertujuan mengubah sikap seseorang agar memenuhi kriteria kewirausahaan namun pendidikan kewirausahaan juga dapat meningkatkan soft skill dan hard skill seseorang dalam berwirausaha. Membangun jiwa kewirausahaan bukan dimaknai hanya mendidik anak menjadi wirausaha tetapi membangun karakter yang memiliki kekuatan dari unsur kewirausahaan seperti menjaga kualitas diri agar selalu bekerja keras, berani mengambil resiko, pantang menyerah, kejujuran, dan kreatif. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini mengangkat tema kegiatan untuk mengeksplorasi kreativitas dan jiwa entrepreneurial melalui seni tie dye. Kegiatan ini diselenggarakan di salah satu sekolah swasta di Jakarta Pusat. Kegiatan dirancang agar relevan dengan aktivitas pembelajaran siswa serta memiliki manfaat dan bernilai edukatif, kreatif, serta menyenangkan. Metode yang digunakan untuk menyampaikan program ini menggunakan seminar dan workshop pembuatan kaos dan tas tie dye. Seni tie dye dapat mengembangkan kreativitas siswa dan juga memberi ide peluang usaha dari hasil karya yang sederhana. Para peserta merespon dengan positif kegiatan ini baik dalam sesi seminar maupun workshop kreativitas. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat kepada siswa tetapi juga memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai tim PKM untuk mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki di bangku kuliah untuk diterapkan di Masyarakat.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
How to Cite
References
Cemosa, C., & Soelaiman, L. (2020). Pengaruh kreativitas, proaktif dan otonomi terhadap kinerja usaha makanan dan minuman. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(4), 889-896.
Harahap, R. A. S. (2022). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bermain. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 625-630.
Ndeot, F. (2018). Menanamkan jiwa kewirausahaan sejak usia dini di Era MEA. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-9.
Prihatin, P., Sumadi, S., Asmidar, A., Prastawa, W., Hendratno, H., & Heruningrum, H. (2023). Pelatihan Seni Batik Ikat (Tie Dye) Dalam Peningkatan Siswa Kreatif Di SMA Negeri 3 Kota Padangpanjang. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 41-52.
Ramadhani, N. T., & Nurnida, I. (2017). Pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 1(1), 89-97.
Rosal, M.M., Fajrin, U., Amalia, S.R., Fabrian, B.D. Nuryirwan, V.I. (2022). Pengembangan kreativitas dan jiwa kewirausahaan anak di Wilayah Bunder Kecamatan Cikupa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) – Aphelion, 2(2), 82 – 88.
Soelaiman, L., Puspitowati, I., Selamat, F. (2022). Peran Model Panutan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa melalui Penerapan Teori Perilaku Terencana. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 320-329
Wahyuni, S. P., & Suryawati, S. (2021). Teknik Pewarnaan Tie Dye Dengan Media Pelarutan Panas Dan Dingin Berdasarkan Estetika Warna, Bentuk, Serta Motif. Practice of Fashion and Textile Education Journal, 1(2), 75-82.