PENGARUH PEMBERIAN MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN PELATIHAN WIRAUSAHA TERHADAP MINAT WIRAUSAHA EKONOMI KREATIF PADA MAHASISWA UNMAS DENPASAR

Main Article Content

I Wayan Widnyana
Sapta Rini Widyawati
G. Oka Warmana

Abstract

This research was conducted on Denpasar Unmas Economy Faculty students. Unmas Denpasar Economy Faculty students are required to take entrepreneurship courses and almost all of them attend creative entrepreneurship training that is routinely held. This research will answer the question whether the provision of courses and training can increase their entrepreneurial interest in the creative economy. The analytical tool used is multiple regression. The test results show that: 1) Entrepreneurship courses have a positive effect on the interest of creative entrepreneurs in Unmas Denpasar students. 2) Entrepreneurship training has a positive effect on the interest of creative entrepreneurs in Unmas Denpasar students.

ABSTRAK: Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa FE Unmas Denpasar. Mahasiswa FE Unmas Denpasar wajib menempuh mata kuliah kewirausahaan dan hampir seluruhnya mengikuti pelatihan wirausaha kreatif yang secara rutin diadakan. Penelitian ini akan menjawab pertanyaan apakah pemberian mata kuliah dan pelatihan tersebut dapat meningkatkan minat wirausaha mereka di bidang ekonomi kreatif. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa : 1) Mata kuliah kewirausahaan berpengaruh positif terhadap minat wirausaha kreatif mahasiswa Unmas Denpasar. 2) Pelatihan wirausaha berpengaruh positif terhadap minat wirausaha kreatif mahasiswa Unmas Denpasar.

Article Details

How to Cite
Widnyana, I. W., Widyawati, S. R., & Warmana, G. O. (2019). PENGARUH PEMBERIAN MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN PELATIHAN WIRAUSAHA TERHADAP MINAT WIRAUSAHA EKONOMI KREATIF PADA MAHASISWA UNMAS DENPASAR. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v1i1.1895
Section
Articles

References

Adair, John. 1996. Effective Innovation: How to Stay Ahead of the Competition. London: Pan Books.

Afiff, F. 2012. Kewirausahaan Dan Ekonomi Kreatif. Binus University

Afiff, F. 2012. Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif.http://www.feb.unpad.ac.id/id/arsip-fakultas-ekonomi-unpad/opini/2198-pilar-pilar-ekonomi-kreatif

Alwi, Hasan. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi 4. Jakarta: Balai Pustaka.

Dewi, Sutrisna, S.K. 2017. Konsep dan Pengembangan Kewirausahaan di Indonesia, edisi 1, cetakan 1. Yogyakarta: deepublish.

Putri, N L.W.W., Sujana, I N., Suwena, K.R. 2017. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Jurusan Pendidikan EkonomiVol 9, No 1

Rumijati, A. 2010. Pengaruh Bakat Potensi Kewirausahaan Dan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Ekonomika-Bisnis,Vol. 01 No.0 :187-200

Suryana. 2013. Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses . Jakarta: Salemba Empat

Yuliatin, E. 2017. Pengaruh Lingkungan Kampus Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda Angkatan 2014-2016). eJournal Administrasi Bisnis, Volume 5, Nomor 4, 2017: 1091-1102

________2008. “Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025”. Departemen Perdagangan Republik Indonesia. Depdag RI, 2008.