TAMAN BACA LAMTUI: SARANA PENGEMBANGAN LITERASI MASYARAKAT

Main Article Content

Wahyu Firdaus
Eva Harista
Noblana Adib

Abstract

One of the leading work programs in the activities of KKN Gampong Lamtui in the field of education is to build Lamtui Reading Park. The Taman Baca Lamtui program is not only an effort to support the national literacy movement, but also motivated by limited literacy facilities and infrastructure and the unavailability of a reading garden for Gampong Lamtui children, while the population in the Gampong Lamtui area is 581 people. The implementation of this community service program uses the Participatory Action Research (PAR) method. PAR is a research-based service method carried out by the community as participants who are actively involved in community service activities. PAR has three components consisting of research methodology, action, and participation which consists of several stages: mapping and identifying problems, focus group discussions, program action preparation, program socialization, program implementation, monitoring, and evaluation. This program of activities through Lamtui Reading Park provides very positive benefits for the people of Gampong Lamtui in general and the children of Gampong Lamtui in particular. Some of the activities in literacy development that have been carried out in community service programs through the Gampong Lamtui KKN in Taman Baca Lamtui are: 1) Establishment and inauguration of Lamtui Reading Park, 2) Happy reading, 3) Mobile library, 4) Free illiteracy, 5) Dream piggy bank, and 6) Literacy festival. The implementation of superior program in Gampong Lamtui, namely the development of literacy, has been well implemented. 


ABSTRAK


Salah satu program kerja unggulan dalam kegiatan KKN Gampong Lamtui dalam bidang pendidikan yaitu membangun Taman Baca Lamtui. Program Taman Baca Lamtui ini selain merupakan upaya mendukung gerakan literasi nasional, juga dilatarbelakangi oleh keterbatasan sarana dan prasarana literasi dan belum tersedianya taman baca bagi anak-anak Gampong Lamtui, sedangkan jumlah penduduk di wilayah Gampong Lamtui sebanyak 581 jiwa. Pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode Participatory  Action  Research  (PAR).  PAR adalah  metode  pengabdian berbasis riset yang  dilaksanakan oleh komunitas pada lingkungan masyarakat sebagai partisipan yang aktif terlibat dalam kegiatan pengabdian. PAR memiliki  tiga komponen,  yang terdiri dari:  metodologi  riset,  aksi,  dan  partisipasi, yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: pemetaan dan identifikasi masalah, focus group discussion, persiapan, sosialisasi, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi. Program kegiatan melalui Taman Baca Lamtui ini memberikan kebermanfaatan yang sangat positif bagi masyarakat Gampong Lamtui pada umumnya dan anak-anak Gampong Lamtui pada khususnya. Beberapa kegiatan dalam pengembangan literasi yang telah dilakukan dalam program pengabdian masyarakat melalui KKN Gampong Lamtui di Taman Baca Lamtui yaitu: 1) Pendirian dan peresmian Taman Baca Lamtui, 2) Happy reading, 3) Perpustakaan keliling, 4) Bebas buta huruf, 5) Celengan mimpi, dan 6) Festival literasi. Pelaksanaan program unggulan KKN di Gampong Lamtui yaitu pengembangan literasi telah dilakukan dengan baik.

Article Details

How to Cite
Wahyu Firdaus, Harista, E., & Noblana Adib. (2023). TAMAN BACA LAMTUI: SARANA PENGEMBANGAN LITERASI MASYARAKAT. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(1), 121–129. https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i1.23375
Section
Articles

References

Arono, A., Diani, I., Yunita, W., Aulia, R., & Syahriman, S. (2022). Pengabdian Masyarakat Melalui Taman Bacaan Model Kampung Literasi Di Desa Rindu Hati, Bengkulu Tengah. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(02), 144–161. https://doi.org/10.25134/EMPOWERMENT.V5I02.4964

Bappenas. (2022). Sekilas SDGs |. https://sdgs.bappenas.go.id/sekilas-sdgs/

Cahya, A. N., Hartono, S., Reni, R., hasanah, N., Ajie, M. F., Dian, M., Rahman, F., wati, E., Hidayat, A., hidayah, N., viana, O., liya, R., & Rahmat, S. (2022). Penguatan Literasi Anak Di Desa Kuala Sempang Kabupaten Bintan. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau (JPPM Kepri), 2(1), 13–21. https://doi.org/10.35961/JPPMKEPRI.V2I1.421

Fachrezhy, E. (2022). Peranan Taman Bacaan Masyarakat Cahaya Sukma Sebagai Literasi Informasi Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Serua Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan.

Giantara, F., Rinah, R., Yanti, N., Refika, R., & Helmi, T. (2022). Pendirian Taman Baca Masyarakat Bumi Melayu sebagai Bentuk Literasi Masyarakat. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(1), 126–131. https://doi.org/10.26877/E-DIMAS.V13I1.6897

Hardianto, H., Musa, L. A. D., & Lewa, I. (2022). Pendampingan Masyarakat Miskin Untuk Mendapatkan Bantuan Hukum Di Kota Palopo. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 374–384. https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i3.1118

Hidayati, I. W., & Usman, N. (2020). Peningkatan Minat Baca Masyarakat Melalui Wisata Leterasi. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 8(1), 59–64. https://doi.org/10.18196/BDR.8177

Irman syarif & Elihamimi. (2020). Pengadaan Taman Baca dan Perpustakaan Keliling sebagai Solusi Cerdas dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 2(1), 109–117. https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/548

Irsad, M., Prasetiawati, E., Wahyudi, W., Jannah, S. R., & Sufiantoro, S. (2020). Pemberdayaan Literasi Masyarakat melalui Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Budi Bakti Kabupaten Lampung Timur. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(2), 317–332. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jpmb/article/view/94

Jazuli, M. (2021). Menghidupkan Budaya Literasi Pada Lingkungan Manusia Pembelajar Di Taman Baca Perigi, Kedaung, Cinangka, Sawangan, Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.32493/JPKA.V2I1.12245

Kartika, R., Kurnia, R., Huda, M., Hendriawan, N. K., Ningsih, T. S., Sari, A., Rahayu, A. S., Melani, R., Sutiawati, M., & Fajar, E. (2022). Development Of Al-Barokah Community Reading Park (Tbm) To Improve Community Reading Literacy In Tamansari Village, Pulomerak District. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 2(2), 256–260. https://doi.org/10.53067/IJECSED.V2I2.66

Kemdikbud. (2016). Gerakan Literasi Nasional | GLN. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/

Miftah, Z., Suttrisno, S., & Rozi, F. (2022). Membangun Desa melalui Budaya Literasi Desa Ngayung Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 392–401. https://doi.org/10.46576/RJPKM.V3I2.1850

Muliasari, A., Syekh Mansur, S., Mathlaul Anwar, U., Ratna Dewi, I., Syekh Manshur, S., & Yeni Sulaeman, I. (2022). Pembinaan Taman Baca Masyarakat di Desa Kupahandap pada Masa Pandemik Untuk Meningkatkan Budaya Literasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Edumi, 1(1), 46–50. https://eduresearch.web.id/index.php/epkm/article/view/29

Novena, O., & Soedjiwo, A. F. (2019). Implementasi Mata Kuliah PAR (PARTICIPATORY ACTION RESEARCH) di TPQ AL-MAGFIROH Denpasar Bali. Widya Balina, 4(2), 9–19. https://doi.org/10.53958/WB.V4I2.36

Nuraina, N., Marhami, M., Alvina, S., Imanda, R., & Faradhillah, F. (2021). Optimalisasi Taman Baca Gampong Buku Paga dalam Upaya Menggalakkan Gerakan Literasi Masyarakat di Desa Paya Gaboh. Integritas : Jurnal Pengabdian, 5(2), 388–399. https://doi.org/10.36841/INTEGRITAS.V5I2.1334

Nurbatra, L. H., Hartono, H., Wardani, A. N., & Masyhud, M. (2017). Peningkatan Literasi Masyarakat Melalui Pengadaan Dan Pengelolaan Majalah Dinding Di Taman Bacaan Masyarakat Wacan. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 1. https://www.jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/37

Nurleni Oktavia Pasaribu & Berlianti. (2022). Taman Baca sebagai Solusi Cerdas Menumbuhkan Budaya Literasi pada Anak di Desa Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1385–1390. https://doi.org/10.54082/JAMSI.401

Nuswantara, K. (2018). Photo-voice : Optimalisasi Peran Taman Baca Masyarakat (TBM) sebagai Sarana Penguatan Literasi dan Pengembangan Laboratorium Pembelajaran Sepanjang Hayat. IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(5), 90–97. https://doi.org/10.12962/J23546026.Y2018I5.4427

Pramudyo, G. N., Ilmawan, M. R., Azizah, B., Anisah, M., & Deo, Y. (2018). Inovasi Kegiatan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Lentera Pustaka, 4(1), 29–38.

Purwanto, A., & -, D. S. L. S. P. ,M. S. . (2019). Edukasi Literasi Anak Di Dusun Jayan Melalui Taman Baca Masyarakat Panggon Sinau.

Susanto, F., Hidayat, R., Rahayu, E. M., & Arbani, A. N. (2020). Meningkatkan Budaya Literasi melalui Pengelolaan Taman Bacaan di Desa Kemiri Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Jurnal Abadimas Adi Buana, 4(1), 13–20. https://doi.org/10.36456/ABADIMAS.V4.I1.A2310

Utami, S., Anwar, F. K., Ma’ruf, F. A., Arifin, M., Fitriani, H., Arbiraya, M. H., & Hidayati, S. N. (2022). Program Bina Baca untuk Menumbuhkan Generasi Literasi Bersama Taman Baca Ilalang Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 4(1), 52–57. https://doi.org/10.28926/JPPNU.V4I1.106

Widiya Ningrum, S., Mandasari, D., Hardianti, S., Oktafiani Surya, V., Rahmi, V., & Riky Nugroho, A. (2021). Membangun Literasi Budaya Baca pada Anak Taman Baca Rumah Lentera. Prosiding Dedikasi: Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat, 1(1), 100–106. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PD/article/view/12455