PENGUATAN KOMPETENSI NUMERASI DAN LITERASI DIGITAL SISWA SD MELALUI PROGRAM SMART VILLAGE DI DESA CIHERANG
Main Article Content
Abstract
Program Smart Village Universitas Tarumanagara dilaksanakan di Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, untuk meningkatkan kompetensi numerasi dan literasi digital siswa sekolah dasar menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari pada Oktober 2024, melibatkan lima sekolah dasar yaitu SDN 01 Ciherang, SDN 02 Ciherang, SDN Caringin Nunggal, SDN Maleber, dan SDN Panyaweuyan. Metode kegiatan mencakup pengenalan literasi digital, pembelajaran numerasi interaktif, serta pre-test dan post-test untuk mengevaluasi peningkatan kompetensi siswa. Pendekatan pembelajaran yang digunakan bersifat interaktif dengan ice breaking dan permainan edukatif yang menarik minat belajar siswa. Data pre-test menunjukkan siswa menghadapi tantangan signifikan dalam memahami soal-soal ANBK, khususnya numerasi dan pengoperasian komputer. Setelah sesi intervensi, hasil post-test menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman numerasi dan kepercayaan diri siswa dalam menggunakan komputer. Program ini secara langsung mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya SDG 4 tentang pendidikan berkualitas dan SDG 9 terkait inovasi dan infrastruktur teknologi di pedesaan. Tantangan utama selama kegiatan berupa keterbatasan fasilitas teknologi, rendahnya literasi awal siswa, serta kendala bahasa lokal yang menghambat komunikasi efektif. Melalui kolaborasi mahasiswa lintas disiplin ilmu dan interaksi yang hangat antara siswa dan mahasiswa, kegiatan ini berhasil menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, menyenangkan, serta efektif. Program Smart Village UNTAR ini memberikan model intervensi pendidikan yang inovatif yang dapat direplikasi untuk mendukung transformasi pendidikan digital di daerah lain di Indonesia.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
References
Dasor, Y. W., Mina, H., & Sennen, E. (2021). Peran guru dalam gerakan literasi di sekolah dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 55–63.
Fadilah, D., & Hayati, N. (2022). Analisis pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer di sekolah penggerak SDN 3 Pringgasela Selatan. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 100–110.
Firdausi, R., Mardikawati, B., Huda, N., Riztya, R., & Rahmani, S. F. (2023). Peningkatan literasi digital di kalangan pelajar: Pengenalan dan praktik penggunaan teknologi pendidikan dalam komunikasi. Community Development Journal, 4(5), 10815–10824.
Gazali, M., & Pransisca, M. A. (2020). Pentingnya penguasaan literasi teknologi informasi dan komunikasi bagi guru madrasah ibtidaiyah dalam menyiapkan siswa menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(1), 87–95. https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.76
Hikmah, B., Muaz, R. A. M., & Rachman, I. F. (2024). Program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD): Upaya pemerintah Indonesia dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 2(3), 253–265. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i3.825
Huda, N., Afidatuzzahro, N., Sujarwo, I., & Sari, S. U. R. (2024). Efektivitas modul pembelajaran matematika berbasis elektronik dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. JP2M: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 434–443. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i2.6129
Judijanto, L. (2024). Analisis pengaruh tingkat literasi digital guru dan siswa terhadap kualitas pembelajaran di era digital di Indonesia. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 50–60. https://doi.org/10.58812/spp.v2i02.391
Nanda, N., Muliani, & Mellyzar. (2022). Pelatihan pengembangan soal matematika dan sains berbasis numerasi pada guru untuk menunjang asesmen nasional Selaparang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 1–10.
Putrayasa, I. M., Suwindia, I. G., & Winangun, I. M. A. (2024). Transformasi literasi di era digital: Tantangan dan peluang untuk generasi muda. Education and Social Sciences Review, 5(2), 156–165. https://doi.org/10.29210/07essr501400
Purba, A. Z., & Ain, S. Q. (2024). Peran guru dalam mengenalkan literasi digital pada siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 35–42.
Rahmasari, U. D., Nugraha, A., & Lidinillah, D. A. M. (2022). Persepsi guru mengenai pentingnya kemampuan mengembangkan soal tes berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 5(6), 1105–1112.
Roifah, M., Hendratno, Heru Subrata, H., Istiqfaroh, N., (2024). Problematika Penerapan Kegiatan Literasi di Era Pembelajaran Abad 21: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Perseda, Volume 7, Nomor 3, Desember 2024: 301 – 310. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda
Sipayung, S. P., Hasugian, P. M., Rikki, A., Sinaga, L. M., & Ginting, A. K. B. (2025). Pendampingan teknis pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer di SMP Methodist-8 Medan. ULEAD: Jurnal E-Pengabdian, 4(2), 85–95. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD
Sujadi, I., Budiyono, Kurniawati, I., Wulandari, A. N., Andriatna, R., & Puteri, H. A. (2023). Pelatihan pengembangan soal matematika berbasis numerasi pada guru matematika SMP untuk menunjang asesmen kompetensi minimum. Abdimas Galuh, 5(1), 135–145.
Sajidah, M., Rahman, M.C., Dewi, R. A., Kamilah, S. N., Wulan, N. S. (2023). Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar Melalui Literasi Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, Volume 2 No. 3 (2023) pp 171-182. DOI: https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i3.821
Susanti, W. F., Jannatuzzahra, K., Kartika, A. D. P., & Mukaromah, S. (2023). Upaya dalam mengurangi kesenjangan digital pada penerapan Smart Village. Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 3(1), 334–343.