Analisis Kualitatif Persepsi Konsumen terhadap Iklan Berbasis Selebriti: Studi Kasus Tokopedia dan BTS

Main Article Content

Sri Lusiana Mariah
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

Tokopedia announced South Korean boyband BTS as advertising stars, will help develop Tokopedia into a Marketplace that grows worldwide and registers IPOs worldwide. The purpose of this study is to see how consumers view advertisements on Tokopedia before and after using BTS. With the increasing number of internet users in Indonesia, e-commerce, especially Tokopedia, is experiencing rapid growth which requires effective marketing strategies. This research used a qualitative case study methodology and involved BTS fans and Tokopedia users as subjects. Data was collected through observation, interviews, literature study and internet sources. The interview results showed that Tokopedia's advertisements before using BTS were considered ordinary and uninteresting. However, consumer perception changed significantly after using BTS. The ads became more interesting, lively and relevant, especially for K-Pop fans. Ads starring BTS not only make the ads more interesting, but BTS also makes the Tokopedia brand look better in the eyes of users, especially the younger generation. This study found that the significant use of celebrities can increase consumer engagement and awareness of the brand.


Tokopedia mengumumkan BTS boyband asal Korea Selatan sebagai bintang iklan, akan membantu mengembangkan Tokopedia menjadi Marketplace yang berkembang di seluruh dunia dan mendaftarkan IPO di seluruh dunia. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana konsumen melihat iklan di Tokopedia sebelum dan sesudah menggunakan BTS. Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia, e-commerce, terutama Tokopedia, mengalami pertumbuhan pesat yang membutuhkan strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini menggunakan metodologi studi kasus kualitatif dan melibatkan penggemar BTS dan pengguna Tokopedia sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan dan sumber internet. Hasil wawancara menunjukkan bahwa iklan Tokopedia sebelum menggunakan BTS dianggap biasa dan tidak menarik. Namun, persepsi konsumen berubah secara signifikan setelah menggunakan BTS. Iklan menjadi lebih menarik, hidup dan relevan, terutama bagi penggemar K-Pop. Iklan yang dibintangi oleh BTS tidak hanya membuat iklan lebih menarik, tetapi BTS juga membuat merek Tokopedia terlihat lebih baik di mata pengguna, terutama generasi muda. Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan selebriti yang signifikan dapat meningkatkan keterlibatan dan kesadaran konsumen terhadap merek.

Article Details

How to Cite
Mariah, S. L., & Sukendro, G. G. (2025). Analisis Kualitatif Persepsi Konsumen terhadap Iklan Berbasis Selebriti: Studi Kasus Tokopedia dan BTS. Prologia, 9(1), 232–238. https://doi.org/10.24912/pr.v9i1.33420
Section
Articles
Author Biography

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2017). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia.

Batra, R., & Keller, K. L. (2016). Integrating Marketing Communications: New Findings, New Lessons, and New Ideas. Journal of Marketing, 80(6), 122–145. https://doi.org/10.1509/jm.15.0419

Clemes, M. D., Gan, C., & Zhang, J. (2014). An Empirical Analysis of Online Shopping Adoption in Beijing, China. Journal of Retailing and Consumer Services, 21(3), 364–375.

Cresswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Belajar.

Joo, Y. J., Lim, K. Y., & Kim, N. H. (2016). The effects of secondary teachers’ technostress on the intention to use technology in South Korea. Computers & Education, 95, 114–122. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.12.004

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Moleong, J. L. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif (revisi). PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sari Dewi, L. G. P., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabaya, Indonesia. SHS Web of Conferences, 76, 01023. https://doi.org/10.1051/shsconf/20207601023

Sekar, S., Wibowo, A., & Yusuf, A. (2023). Pengaruh BTS Sebagai Brand Ambassador Tokopedia Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Mei, 2023(9), 468–479. https://doi.org/10.5281/zenodo.7968944

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susanto, E. H. (2016). Dinamika Pesan Iklan. Jurnal Komunikasi, 6(2), 1–9.

Similar Articles

<< < 22 23 24 25 26 27 28 29 30 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.