Peran “Konten Makeover” pada Tiktok Rucas.co dalam Membangun Loyalitas Merek

Main Article Content

Julia Khairunnisa
Nigar Pandrianto

Abstract

Tiktok is one of the most popular social media with total users ranking in the top four. Implementing a good strategy in promotional activities on Tiktok can increase Brand Loyalty. This study analyzes “makeover” content on Tiktok as a strategy in building Brand Loyalty in Rucas.co. This research was carried out with a qualitative analysis that referred to the discourse analysis (DA) method from Teun A. Van Dijk. Data was obtained through observation and identification of content through video narratives and social media trends. Content analysis is focused on content that includes makeovers of foreigners with high audience engagement based on the highest number of likes, views and comments. The amount of content taken for analysis was five contents. The research results show that the role of the Rucas brand's collaborative content with street strangers (parking attendants & scavengers) succeeded in providing a strong experience or emotional attachment to the audience with strategies including selecting collaborators/influencers, marketing virality with visualization and storytelling of video content which was then built with the right context. humanist.


Tiktok merupakan salah satu media sosial yang paling populer dengan total pengguna menempati urutan empat besar. Penerapan strategi yang baik dalam kegiatan promosi di Tiktok dapat meningkatkan Brand Loyalty. Penelitian ini menganalisis konten “makeover” di Tiktok sebagai strategi dalam membangun Brand Loyalty pada Rucas.co. Penelitian ini dilakukan dengan analisis kualitatif yang mengacu metode analisis wacana atau Discourse Analysis (DA) dari Teun A. Van Dijk. Data diperoleh melalui observasi dan identifikasi konten melalui narasi video serta tren media sosial. Analisis konten difokuskan pada konten yang menyertakan makeover orang asing dengan engagement penonton yang tinggi berdasarkan jumlah likes, views dan comment terbanyak. Jumlah konten yang diambil untuk dianalisis yaitu lima konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran konten kolaborasi brand Rucas dengan orang asing jalanan (tukang parkir & pemulung) berhasil memberikan pengalaman atau keterikatan emosional yang kuat kepada penonton dengan strategi diantaranya pemilihan kolaborator/influencer, viralitas marketing dengan visualisasi serta storytelling konten video kemudian dibangun dengan konteks yang humanis. 

Article Details

How to Cite
Khairunnisa, J., & Pandrianto, N. (2025). Peran “Konten Makeover” pada Tiktok Rucas.co dalam Membangun Loyalitas Merek. Prologia, 9(2), 309–318. https://doi.org/10.24912/pr.v9i2.33202
Section
Articles

References

Awali, S. A. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Activities dan Brand Experience Terhadap Brand Loyalty: Peran Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pelanggan Produk Kosmetik Pixy di Wilayah Jawa Tengah). 10, 1–15.

Emeralda, M. V., & Kurniawati. (2022). Analisis Pengaruh Social Media Marketing dan Influencer Marketing Terhadap Brand Loyalty Dengan Brand Trust dan Brand Equity sebagai Mediasi. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 1269-1273.

Geraldo, F., & Pandrianto, N. (2023). Pengaruh Joe Taslim Sebagai Brand Ambassador terhadap Brand Equity Shopee Indonesia. Kiwari, 2(3), 464–470. https://doi.org/10.24912/ki.v2i3.25889

Hamad, I. (2007). Lebih Dekat dengan Analisis Wacana. Mediator: Jurnal Komunikasi, 8(2), 325–344. https://doi.org/10.29313/mediator.v8i2.1252

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963

Nafsyah, A. S., Maulidyah, S. R., Nurlia, A. S., & Adhyanti, W. P. (2022). Analisis Konten Media Sosial Instagram By.U Sebagai Media Penyebaran Informasi & Komunikasi. MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 1. https://doi.org/10.35842/massive.v2i2.57

Noor, M. F. (2014). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap brand loyalty king thai tea bandung. Image: Jurnal Riset Manajemen, 3(2), 109.Nur, M. (2020). Konstruksi Reputasi dan Responsivitas Instansi Pemerintah Melalui Media Sosial pada Situasi Pandemi Covid-19 di Indonesia (Analisis Wacana Pada Laman Facebook Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI). Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara dan Kebijakan Publik, 5(3), 217-234.

Rasyid, F. A., & Juanita, S. (2023). Aplikasi E-Commerce Berbasis Content Management System untuk Meningkatkan Penjualan pada Toko RB Supply.

Sari, R., & Erdiansyah, R. (2023). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Iklan Online, dan Social Media Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pengikut Instagram @rucas.co Tahun 2021). Kiwari, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.24912/ki.v2i1.23018

Yupi, Y., & Heryadi Putri, A. (2023). Analisis Konten Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Aplikasi Tiktok. Komversal, 5(1), 70–92. https://doi.org/10.38204/komversal.v5i1.1214

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.