Peran Public Relations dalam Membangun Komunikasi Karyawan dan Pimpinan yang Konstruktif pada Perusahaan

Main Article Content

Aisha Natasha Ismail
Yugih Setyanto

Abstract

In this research author analyzes the role of PR in building constructive internal communication at Megatama Internal company. Communication is an important thing that is needed in life, including for conveying ideas and messages, as well as conveying messages to understand each other, so communication is really needed in the company to create better relationships and build constructive communication. To build constructive communication Public Relations is needed to maintain good values ​​and mutual understanding between audiences. Public Relations divided by two audiences, one of which is internal Public Relations which serves as a liaison between audiences within the company, namely between management and employees so that there are no misunderstandings within a company. Therefore, the aim of this research is to determine the role of PR in building good internal communication. building between employees and leaders at the Megatama Internal company. This research uses qualitative research methods, interviews with internal parties, and connects it with interpersonal communication which has five aspects, namely Equality, Empathy, Expressiveness, Cooperation and Proximity. The conclusion of this research is to find out that Public Relations has four roles in trying to build constructive communication at the Megatama Internal company. 


Dalam penelitian ini penulis memiliki tujuan menganalisis peran PR dalam membangun komunikasi internal yang konstruktif pada perusahaan Megatama Internal. Komunikasi merupakan hal penting yang diperlukan dalam kehidupan antara lain untuk penyampaian ide dan gagasan, juga penyampaian pesan agar saling memahami, maka komunikasi sangat dibutuhkan dalam perusahaan guna menjalin hubungan yang lebih baik dan membangun komunikasi yang konstruktif. Guna membangun komunikasi yang konstruktif pada perusahaan Megatama Internal        Public Relations  atau PR dibutuhkan untuk menjaga nilai baik dan saling pengertian antar khalayak. PR terbagi menjadi dua khalayak salah satunya merupakan internal PR yang bertugas sebagai penghubung antara khalayak di dalam perusahaan yaitu antara manajemen dan karyawan agar tidak terjadi kesalah pahaman pada suatu perusahaan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran PR dalam membangun komunikasi internal yang konstruktif antara karyawan dan pimpinan pada perusahaan Megatama Internal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, wawancara dengan pihak internal dan menghubungkan dengan komunikasi interpersonal yang mempunyai lima aspek yaitu Equality, Empathy, Expresiveness, Coorperation dan Immediacy Kesimpulan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui bahwa Public Relations  memiliki empat Peran dalam mencoba untuk membangun komunikasi yang konstruktif pada perusahaan Megatama Internal. yaitu communication, relationship,back up management dan good image maker untuk membangun komunikasi yang konstruktif.

Article Details

How to Cite
Natasha Ismail, A., & Setyanto, Y. (2024). Peran Public Relations dalam Membangun Komunikasi Karyawan dan Pimpinan yang Konstruktif pada Perusahaan. Prologia, 8(1), 134–142. https://doi.org/10.24912/pr.v8i1.27563
Section
Articles

References

Amanah, D., & Harahap, D. A. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Perusahaan terhadap Kesadaran Merek Pelanggan. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 11(3), 207. https://doi.org/10.20473/jmtt.v11i3.9789

Anggarina, P. T., & Setyanto, Y. (2016). Media Sosial: Membangun Komunikasi Internal yang Konstruktif dalam Perusahaan. Prosiding ICCIC: Komunikasi Industri & Komunitas, 2(January), 593–599.

Anwar, Sahabuddin, R., Rahman, F. A., & Ruma, Z. (2022). Pengaruh Komunikasi Pimpinan terhadap Semangat Kerja melalui Kepercayaan Karyawan pada Telkom Divisi Regional VII Makassar. YUME: Journal of …, 5(2), 25–38. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.436

Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antarmanusia Edisi Kelima. In Komunikasi Antarmanusia. Kuliah Dasar.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Henri, R. D., & Putri, Y. R. (2022). Implementation of The Effectiveness of Interpersonal Communication at Bank Jambi. E-Proceeding of Management, 8(6), 3542–3548.

Maddatuang, B., Syukur, A., & Karim, A. (2021). The role of bumdes in sustainable economic development at enrekang regency. Journal of Logistics, Informatics and Service Science, 8(1), 117–132. https://doi.org/10.33168/LISS.2021.0108

Majid, N. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMILIK KUCING SELEBRITI (STUDI PADA AKUN TIKTOK @KINGVODKAGENTOLET DALAM MEMBANGUN PERSONAL BRANDING) DIAJUKAN. In Universitas Tarumanagara Fakultas Ilmu Komunikasi Jakarta. https://doi.org/10.21608/jsb.2022.161570.1500

Nibrastari, H., & Roesmaningsih, E. (2018). Peran Humas dalam Membangun Relationship di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Surabaya. Jurnal Manajemen Pendidikan, 01, 1–10.

Pramelani, P., & Lestari, A. (2019). Program Employee Gathering “Satukan Hati Selaraskan Tujuan” Dalam Menjalin Hubungan Baik Karyawan. Jurnal Komunikasi, 10(1), 42–47. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.5096

Romli, Prof. Dr. K. (2014). Komunikasi Organisasi Lengkap (edisi REVISI). Grasindo.

Rosady, R. (2016). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi (13th ed.). Rajawali Pers.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.