Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan PT. Bytco Grahatama Kreatindo Divisi Promosi

Main Article Content

Antonio Andri
Rezi Erdiansyah

Abstract

Komunikasi organisasi ialah komunikasi yang dilakukan oleh setiap anggota yang berada dalam sebuah organisasi. Iklim komunikasi dalam suatu organisasi memiliki dampak yang cukup kuat untuk kelangsungan produktivitas sebuah perusahaan, dan masih ada perusahaan yang kurang memperhatikan hal tersebut. Motivasi kerja mempunyai peran penting juga terhadap produktivitas suatu organisasi, oleh karena itu motivasi kerja dari seorang karyawan merupakan hal yang perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kondisi iklim komunikasi organisasi di perusahaan PT. Bytco Grahatama Kreatindo divisi Promosi. Mengetahui pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi terhadap Motivasi kerja di perusahaan PT. Bytco Grahatama Kreatindo divisi Promosi. Metode penelitian yang digunakan Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Divisi Promosi PT. Bytco Grahatama Kreatindo yang berjumlah 151 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Jumlah  sampel yang digunakan dalam penelitian ini 60 responden. Teknik pengumpulan data studi Lapangan dengan Kuesioner, Studi Kepustakaan dengan buku-buku. Teknik Analisis data dengan Uji Statistik Deskriptif, Korelasi, Regresi, Uji Validitas, Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Hipotesis t dengan bantuan Program Statistik SPSS 20. Hasil  penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,677 artinya hubungan antara iklim komunikasi organisasi dengan motivasi kerja karyawan PT. Bytco Grahatama Kreatindo adalah kuat. Sedangkan nilai koefisien determinasi (KD) sebesar 0,458 menunjukkan bahwa 45,8% motivasi kerja karyawan PT. Bytco Grahatama Kreatindo sangat dipengaruhi oleh iklim komunikasi organisasi sementara sisanya (100-45,8 = 54,2%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lain.
Dimensions

Article Details

How to Cite
Andri, A., & Erdiansyah, R. (2018). Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan PT. Bytco Grahatama Kreatindo Divisi Promosi. Prologia, 1(2), 319–324. https://doi.org/10.24912/pr.v1i2.1935
Section
Articles
Author Biographies

Antonio Andri, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Rezi Erdiansyah, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Aritonang R., Lerbin R. (2008). Penelitian Pemasaran. Jakarta: UPT Penerbitan. Universitas Tarumanagara.

Kasali, Rhenald. (2007). Manajemen periklanan konsep dan aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PAU-Ekonomi UI.

Sugiyono, (2010) Metode Penelitian Bisnis (MPB), Jakarta: Alfabeta.

Mulyana Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pace, R. Wayne dan Don F. Faules. (2006). Komunikasi Organisasi, Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Flippo B. Edwin, (2005). Manajemen Personalia, (Alih bahasa Moh Masud) Jilid II. Jakarta: Erlagga

Augusty, Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kriyantono, Rachmat. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Huczynski, A. and D. Buchanan (2001) Organizational Behaviour: An Introductory Text, Harlow. London: Pearson Education.