Berpikir Kreatif Humas di Media Sosial Instagram dalam Membangun Citra Positif Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pada Akun @Untarjakarta)

Main Article Content

Sarah Santosa
Roswita Oktavianti

Abstract




Content production on Instagram is dominated by the golden generation. Therefore, higher education public relations practitioners must be able to develop and implement unique strategies for disseminating information. This study raises the issue of creative thinking strategies for public relations in social media in building the image of universities. This study uses a qualitative approach that was carried out on Instagram Untar Jakarta. Data collection was carried out by interviewing the Instagram Untar Jakarta social media public relations team, as well as observing the production of content in the form of images. The results showed that the message strategy by showing values, creative thinking strategies plan, do and action, written rules in communication and in-depth approach strategies with the audience are things to try to do. This is done in content creation not only to inform and increase ratings, but also to build relationships with a wider audience and can build a positive image of universities.





Produksi konten di media sosial Instagram didominasi oleh generasi emas. Oleh sebab itu praktisi humas perguruan tinggi harus dapat mengembangkan serta menerapkan strategi unik untuk penyebaran informasi. Penelitian ini mengangkat persoalan mengenai strategi berpikir kreatif humas di media sosial dalam membangun citra Perguruan Tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan pada Instagram Untar Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara pada tim humas media sosial Instagram Untar Jakarta, serta observasi terhadap produksi konten yang berupa gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pesan dengan menunjukkan value, strategi berpikir kreatif plan, do and action, aturan tertulis dalam berkomunikasi serta strategi pendekatan mendalam dengan audiens merupakan hal dicoba untuk dilakukan. Hal ini dilakukan dalam pembuatan konten bukan hanya untuk menginformasikan dan menaikkan rating, tapi juga untuk membangun relasi dengan audiens yang lebih luas dan dapat membangun citra positif perguruan tinggi.







Article Details

How to Cite
Santosa, S., & Oktavianti, R. (2023). Berpikir Kreatif Humas di Media Sosial Instagram dalam Membangun Citra Positif Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pada Akun @Untarjakarta). Prologia, 7(1), 71–80. https://doi.org/10.24912/pr.v7i1.15790
Section
Articles
Author Biographies

Sarah Santosa, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Roswita Oktavianti, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Chitra, B., & Oktavianti, R. (2019). Strategi Digital Public Relations Pegiat Podcast dalam Membangun Brand Engagement (Studi Kasus dalam Podcast Duo Budjang). Prologia, 3(2), 532. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6413

Helen, H., & Rusdi, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Prologia, 2(2), 355. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3712

Humas. (2020). Mengasah komunikasi Yang Kreatif di Masa Pandemi. Humas Indonesia. https://www.humasindonesia.id/berita/mengasah-komunikasi- yang-kreatif-di-masa-pandemi-341

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, L. J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar (Cetakan ke). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rosliana, R., & Loisa, R. (2019). Strategi Cyber Public Relations dalam Memanfaatkan Media Sosial untuk Membangun Citra Perusahaan. Prologia, 2(2), 480. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3733

Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Stephanie, C. (2021). Riset Ungkap Lebih dari Separuh Penduduk Indonesia “Melek” Media Sosial. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/08050027/riset-ungkap-lebih- dari-separuh-penduduk-indonesia-melek-media-sosial

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.