Efektivitas Promosi Starbucks Greener Day Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen di Jakarta

Main Article Content

Clara Vincy Tansia
Diah Ayu Candraningrum

Abstract

Indonesian habits in consuming coffee that has become a habit of life (lifestyle). Coffee is one of the staples most often consumed by Indonesian people. The company that has the largest coffee sales in Indonesia is Starbucks. This research raised the discussion about one of Starbucks promotions, Greener Day. In this there are 2 variables, namely promotion and buying interest variables. This research uses quantitative research approach with data collection method in the form of survey, and using Starbucks in Jakarta as observation unit. Primary data collected by simple random sampling method, and collected by 100 respondents related to Starbucks Greener day promotion. Data analysis using SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) version 22.0. Based on the results of the research conducted there is a fairly strong level of effectiveness between Starbucks Greener Day Promotion on Instagram to consumer buying interest in Jakarta, because it is at intervals of 0.61-0.80 on the Coefficient of Correlation test results. Through the results of the Partial Influence Significance test (T Test) also showed a significant influence between the Variable Promotion (X) and Buy Interest (Y). 

Kebiasaan masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi kopi yang sudah menjadi kebiasaan hidup (lifestyle). Kopi merupakan salah satu bahan pokok yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Perusahaan yang memiliki penjualan kopi terbesar di Indonesia adalah Starbucks. Penelitian ini mengangkat pembahasan mengenai salah satu promosi Starbucks yaitu Greener Day.  Didalam ini terdapat 2 variabel,  yaitu variabel promosi dan minat beli.  Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa survei,  dan menggunakan Starbucks di Jakarta sebagai unit observasi. Data primer yang dikumpulkan dengan metode simple random sampling, dan terkumpul sebanyak 100 responden yang berkaitan dengan promosi Starbucks Greener day. Analisis data menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) version 22.0. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat tingkat efektivitas yang cukup kuat antara Promosi Starbucks Greener day di Instagram terhadap minat beli konsumen di Jakarta, karena berada di interval sebesar 0,61-0,80 pada hasil uji Koefisien Korelasi.  Melalui hasil uji Signifikansi Pengaruh Parsial (Uji T) juga menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel Promosi (X) dan Minat Beli (Y).

Article Details

How to Cite
Tansia, C. V., & Candraningrum, D. A. (2021). Efektivitas Promosi Starbucks Greener Day Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen di Jakarta. Prologia, 5(2), 231–236. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10140
Section
Articles
Author Biographies

Clara Vincy Tansia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Diah Ayu Candraningrum, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Aprianto, N & Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh Personal Selling terhadap Minat Beli Produk PRUlink Generasi Baru Nasabah Prudential Life Assurance Indonesia. Jurnal Komunikasi Untar Prologia. Vol. 3, No. 2, Hal 313–319.<https://journal.untar.ac.id/> Diunduh tanggal 25 September 2020.

Atmaja, K. J., & Wijaya, I. N. S. W. (2019). Pengembangan Sistem Evaluasi Kinerja Dosen (E-Kuesioner) Stmik Stikom Indonesia. JST (Jurnal Sains dan Teknologi), Vol. 8, No. 1, Hal 55-64.

Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita

Herdiansyah, Haris. (2010). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Hidayat, Elita & Setiaman. (2012). Hubungan Antara Atribut Produk Dengan Minat Beli Konsumen. Universitas Padjajaran. Vol 1. No 1

Kotler, P & Keller, K. L. (2012). Marketing Management, Edisi 13 Jilid 1. Erlangga

Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri