Hubungan Antara Motif Mengikuti Akun Instagram @Dagelan Dengan Kepuasan Khalayak

Florencia Florencia, Pinckey Triputra
| Abstract views: 382

Abstract

Akun Instagram @dagelan merupakan salah satu akun Instagram humor dengan jumlah pengikut cukup banyak di Indonesia. Akun Instagram @dagelan mengunggah gambar berupa guyonan, tips, berita, kuliner, dan sebagainya. Dalam Teori Uses and Gratification, khalayak pada dasarnya menggunakan media massa berdasarkan motif tertentu. Jika motif ini terpenuhi maka kebutuhan khalayak akan terpenuhi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motif mengikuti akun instagram @dagelan dengan kepuasan khalayak. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang bersifat eksplanatif. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 137 responden remaja yang merupakan pengikut akun Instragam @dagelan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara motif mengikuti akun Instagram @dagelan dengan kepuasan khalayak.

Keywords

Motif, Kepuasan, Uses and Gratification, Akun Instagram @dagelan

References

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktisi Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran (Edisi ke 1). Jakarta: Prenada Media Group.

McQuail, Dennis. (1987). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

______________. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Singarimbun, Masri, Sofian Effendi. (2006). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Pustaka LP3 ES.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. (2004). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

West, Richard., & Lynn H. Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Soliha, Silvia Fardila (2015). Tingkat Ketergantungan Media Sosial Pengguna Media Sosial Dan Kecemasan Sosial. Jurnal Interaksi. 4(1).

Sari Puspita, Lusiana Desy. (2013). Tingkat Kebutuhan dan Kepuasan Dalam Mengakses Media Informasi Organisasi. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Copyright (c) 2018 Koneksi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.