Pengaruh Persepsi Perhatian Orangtua Terhadap Perilaku Positif Mahasiswa Yang Tergabung Dalam Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena banyaknya Paduan Suara Mahasiswa yang meraih prestasi. Salah satunya adalah Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara (PARAMABIRA). Paduan Suara Mahasiswa berbeda dengan paduan suara umum lainnya. Dengan beranggotakan para mahasiswa, maka anggota Paduan Suara Mahasiswa harus membagi waktu kuliah dan kegiatan paduan suara. Hal ini tergantung dari bagaimana mahasiswa berperilaku dalam menghadapi situasi ini. Perilaku mahasiswa bisa disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah persepsi perhatian orangtua. Penelitian ini bermaksud mencari dan mengetahui pengaruh persepsi perhatian orangtua terhadap perilaku positif mahasiswa yang tergabung dalam Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 64 anggota Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan adanya pengaruh persepsi dengan nilai t sebesar 8,113 dengan signifikan sebesar 0,000. Artinya, sig. hitung 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Maka menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima. Melalui hasil pengujian signifikansi, diketahui bahwa nilai sig. pada pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah 0,000 yang hasilnya lebih kecil dari 0,05. Kedua variabel memiliki hubungan yang kuat yang berada dalam interval 0,60 – 0,799. Pada penelitian ini dikatakan bahwa ada pengaruh persepsi orangtua tentang kegiatan anak terhadap perilaku mahasiswa yang tergabung dalam PARAMABIRA sebesar 51,5% terhadap perilaku para mahasiswa yang tergabung dalam PARAMABIRA.
Article Details
References
Mulyana, Deddy (2007). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nisfiannoor, Muhammad (2012). Pendekatan Statistika Modern: Aplikasi Dengan Software SPSS dan E-views. Jakarta: Salemba Humanika
Prasetyo, Iwan J. (2016). Pengaruh Pemberitaan Media Massa Terhadap Kredibilitas Pemimpin Simbolik Keagamaan. https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/issue/archive ( diakses 16 Juli 2016 pukul 7.44 PM)
Umar, Husein (2002). Riset pemasaran dan perilaku konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wijaya, Tony (2011). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT. Indeks