Studi mengenai kepuasan pasien rawat jalan di Kota Sorong

Main Article Content

Crychentia Bria Seran
Mohammad Agung Saryatmo

Abstract

This study aims to analyze the influence of service quality on patient satisfaction and patient loyalty among outpatients at Hospital in Sorong City. This research employs a descriptive approach with a cross-sectional method. The total sample size for this study consisted of 150 outpatients at Hospital in Sorong City. Based on the research findings, service quality has a positive and significant impact on patient satisfaction. Additionally, service quality also has a positive and significant effect on patient loyalty at Hospital in Sorong City. The results of this research are expected to serve as literacy material for further studies, especially in the field of health services, and to act as a reference and evaluation material for improving hospital services so that patients feel satisfied with the services provided.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dan loyalitas pasien pada pasien rawat jalan rumah sakit di Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode cross-sectional. Jumlah sampel penelitian ini berjumlah 150 pasien rawat jalan pada rumah sakit di Kota Sorong. Berdasarkan temuan penelitian, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Selain itu, kualitas pelayanan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien rawat jalan pada rumah sakit di Kota Sorong. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan literasi untuk penelitian selanjutnya khususnya di bidang pelayanan kesehatan, serta dapat menjadi acuan dan bahan evaluasi dalam meningkatkan pelayanan rumah sakit agar pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.

Article Details

How to Cite
Seran, C. B., & Saryatmo, M. A. (2025). Studi mengenai kepuasan pasien rawat jalan di Kota Sorong. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(4), 590–604. https://doi.org/10.24912/jmbk.v9i4.34649
Section
Articles
Author Biographies

Crychentia Bria Seran, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Mohammad Agung Saryatmo, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik

References

Adi, D., & Susanty, A. (2020). "The Effect of Patient Satisfaction on Patient Loyalty in Community Health Centers." Journal of Public Health and Preventive Medicine, 4(2), 78- 87.

Dewi AR, Adnan M. Hubungan Kualitas Pelayanan Petugas Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Rawat Jalan Di Puskesmas Aikmel Tahun 2022 The. Nusadaya J Multidiciplinary Stud. 2022;1(2):7–12.

Grönroos, C. (1984). A service quality model and its marketing implications. European journal of marketing, 18(4), 36-44.

Handayani, P. W., & Santoso, H. (2018). "The Effect of Service Quality, Trust and Patient Satisfaction on Patient Loyalty at Dr. Moewardi Surakarta Hospital." Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(1), 25-32.)

Mulyani, N. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa Kesehatan: Strategi Meningkatkan Loyalitas Pasien. Bandung: Alfabeta.

Nuraini, R., & Kusuma, A. (2023). Empati dan Komunikasi dalam Meningkatkan Loyalitas Pasien di Puskesmas Bandung. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2), 170-185.

Oliver, R. L. (1993). Cognitive, affective, and attribute bases of the satisfaction response. Journal of Consumer Research, 20(3), 418-430.

Parasuraman A, Zeithaml VA, Berry LL. SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. J Retail. 1988;64(1):12-40.

Prasetyo, D., & Sari, Y. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pasien dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi di Rumah Sakit Yogyakarta. Jurnal Pelayanan Kesehatan, 15(1), 102-115.

Putra, T., & Wijaya, R. (2023). Hubungan Daya Tanggap dan Ketanggapan Tenaga Medis dengan Loyalitas Pasien di Klinik Jakarta. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 9(2), 98-110.

Putri, R., & Wijayanti, L. M. (2019). "The Impact of Patient Satisfaction on Trust in Healthcare Providers and Patient Loyalty." Indonesian Journal of Health Services Research, 2(1), 45-56.)

Rahayu ayu hendrati, Antika wiwin tri. Tinjauan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Di Bagian Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Tni Au Dr. M. Salamun Bandung. 2022;16(1).

Rahman, R., & Sari, D. (2024). Keandalan dan Empati dalam Meningkatkan Loyalitas Pasien di Rumah Sakit Swasta Surabaya. Jurnal Manajemen Rumah Sakit, 6(1), 134-145.

Rahman, T., & Wulandari, L. (2023). Mediasi Kepuasan Pasien dalam Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pasien di Jakarta. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 11(3), 190-205.

Rahmawati, S., & Nugroho, A. (2023). Perceived Service Quality pada Aspek Keandalan dan Jaminan serta Dampaknya terhadap Kepuasan Pasien di Fasilitas Kesehatan Publik Jakarta. Jurnal Kesehatan dan Pelayanan Publik, 10(1), 45-60.

Sari, P., & Pratama, H. (2022). Pengaruh Aspek Tangibility, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Swasta Yogyakarta. Jurnal Pelayanan Kesehatan, 14(2), 85-97.

Siregar, F., & Lestari, A. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pasien di Klinik Kesehatan Surabaya. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, 5(3), 250-265.

Vargo, S. L., & Lusch, R. F. (2004). Evolving to a new dominant logic for marketing. Journal of Marketing, 68(1), 1-17.

Widodo, S., & Lestari, E. (2021). Pengaruh Keandalan dan Empati terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Surabaya. Jurnal Penelitian dan Pelayanan Kesehatan, 9(2), 315-328.

Yuliastuti, N., Hadiyati, T., & Kristiana, R. (2019). "The Effect of Doctor's Communication on Patient Satisfaction at Dr. Soedirman Regional General Hospital, Kebumen." Journal of Health Policy and Management, 4(2), 56-65.

Yuniar, N., & Handayani, T. (2016). Kepuasan Pelanggan: Teori dan Pengukurannya. Malang: UB Press.

Zeithaml VA, Bitner MJ, Gremler DD. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. 7th ed. New York: McGraw-Hill Education; 2018.

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.